Difference between revisions of "Abdul Aziz Ananta"

From ccitonlinewiki
Jump to: navigation, search
Line 44: Line 44:
 
----
 
----
  
'''Pertemuan Kelas Metode Numerik 3'''
+
 
 +
== Pertemuan 3 Kelas Metode Numerik ==
 +
 
 +
 
 +
'''20 Februari 2019'''
 +
 
 +
penggunaan python yaitu untuk pengoprasian matematika yang lebih kompleks. seperi dari matrix n x n (anggap 50 x 50)
 +
 
 +
Materi : pengoprasian pengubahan matrix 3x3 diubah menjadi matrix segitiga bawah 0, dengan metode Gauss.
 +
Notasi :
 +
n : Jumlah baris/kolom
 +
i : Baris ke ..
 +
j : kolom
 +
k : pivot

Revision as of 13:59, 20 February 2019

Tugas Metode Numerik 1

6 Februari 2018

Hingga Paling Dasar

Sebagai pembelajar, ilmu adalah tujuan utama dari hasil belajar, namun yang jadi pertanyaan adalah apakah ilmu yang kita dapatkan sudah benar-benar didapatkan? maksudnya hingga paling dasar.

Contohnya = (X^2-1)/(X-1) , dengan x = 1 seperti yang dicontohkan di papan tulis pada mata kuliah Metode Numerik. Pertanyaannya mengapa x=1 tidak bisa langsung dimasukkan?, banyak yang menjawab karena harus di-diferensialkan dan disederhanakan terlebih dahulu, namun banyak yang tidak tahu mengapa hal itu harus dilakukan dan apa penyebabnya?. Nah inilah yang dimaksud mengambil ilmu setengah-setengah.

Pada kelas Metode Numerik, Aki DAI mengatakan bahwa pada saat belajar kita harus selalu menyertakan pertanyaan-pertanyaan sampai paling mendasar hingga pertanyaan tersebut habis. Sehingga kita dapat paham sepenuhnya dengan dicerna dan tidak menelan ilmu mentah-mentah. Dengan begitu proses belajar menjadi lebih banyak manfaat dan jika ada pertanyaan-pertanyaan seputar pelajaran tsb, kita dapat menjawab hingga ke akar layaknya seorang ahli.

Mudah-mudahan kita sebagai mahasiswa dapat selalu menerapkan proses pembelajaran seperti ini, dan selalu menjadi orang yang merasa bodoh sehingga selalu penasaran dengan hal-hal yang belum diketahui serta tidak malu untuk bertanya.

-Abdul Aziz Ananta-



Tugas Metode Numerik 2

13 Februari 2019

Tugas Metode Numerik 2

ax + by = c dan px + qy =r dengan a,b,c,d,p,g,r adalah koeffisien dan x,y adalah variabel. buatlah algoritma dan flowchart dengan outputnya adalah syntax dengan 7-9 instruksi.

import numpy as np

A=np.array([

[a,b,c] 
])

B=np.array([

[p,q,r] 
])

Print A+B print A-B




Pertemuan 3 Kelas Metode Numerik

20 Februari 2019

penggunaan python yaitu untuk pengoprasian matematika yang lebih kompleks. seperi dari matrix n x n (anggap 50 x 50)

Materi : pengoprasian pengubahan matrix 3x3 diubah menjadi matrix segitiga bawah 0, dengan metode Gauss. Notasi : n : Jumlah baris/kolom i : Baris ke .. j : kolom k : pivot