Algoritma, diagram alir (flow chart), dan pemograman komputer

From ccitonlinewiki
Jump to: navigation, search

Algoritma

Suatu algoritma tidak akan lepas dari bahasa pemograman, karena awal dari sebuah program adalah algoritma ini. Hal ini bertujuan agar kita tidak kebingungan dalam membuat program nantinya. "Algoritma pemograman" berasal dari dua kata, yaitu algoritma dan pemograman.

Algoritma dapat diartikan sebagai sebuah prosedur atau langkah-langkah secara jelas dari suatu proses. Seperti proses memasak, menjahit, dan sebagainya. Kemudian pemograman berarti sebuah proses pembuatan sebuah program komputer, baik program sederhana hingga program skala besar.

Sehingga algoritma pemograman merupakan sebuah langkah demi langkah prosedur program yang akan dibuat nantinya.

Contoh algoritma pemograman

Berikut adalah sebuah contoh algoritma untuk menghitung luas segitiga :

  1. Mencari tahu panjang alas
  2. Mencari tahu tinggi segitiga
  3. Mengalikan tinggi dengan alas
  4. Mengalikan hasil perkalian (alas x tinggi) dengan 1/2
  5. Luas segitiga adalah hasil dari perkalian langkah keempat

Cara menuliskan algoritma pemograman

Ada beberapa metode dalam penulisan algoritma pemograman, diantaranya sebagai berikut.


Cara 1 : menggunakan flowchart

Flowchart merupakan cara terbaik untuk menuliskan algoritma pemograman, karena flowchart menggunakan lambang-lambang yang dibentuk seperti layaknya bagan yang rinci. Contoh dari flowchart untuk menghitung luas sebuah segitiga dapat dilihat pada

Flowchart mencari luas segitiga.png 

Angka-angka pada contoh flowhart tersebut memiliki maksud bahwa :

1 digunakan untuk memulai atau menghentikan program
2 digunakan untuk memasukkan inputan dan mengeluarkan output
3 digunakan sebagai sebuah proses

Cara 2 : Menggunakan pseudocode

Cara yang kedua adalah menggunakan sebuah pseudocode, yaitu sebuah cara menuliskan langkah-langkah menggunakan teks, seperti berikut ini :

  1. Start
  2. Read('alas')
  3. Read('tinggi')
  4. Luas Segitiga = 0.5*alas*tinggi
  5. Write('Luas Segitiga')
  6. End

Referensi

http://mn-belajarpython.blogspot.com/2016/11/penjelasan-algoritma-pemrograman-dan.html

Kembali ke : Fuad Abrar