Algoritma, ''Flowchart'', dan Pemograman Komputer

From ccitonlinewiki
Jump to: navigation, search

Algoritma

susunan langkah-langkah sistemis dan logis dalam pemecahan suatu masalah. Mempunyai tiga cara dalam penyusunan algoritma :

  1. Dengan merumuskan langkah-langkah pemecahan masalah melalui kalimat yang terstruktur (tersusun secara logis)
  2. Menggabungkan kalimat dengan penggalan stratements yang ada di suat bahasa pemrograman (mis: Pascal). Biasanya disebut dengan Pseudo code (mirip dengan kode atau perintah pemrograman)
  3. Menggunakan diagram alir (flowchart)

Struktur algoritma antara lain :

  1. Input
  2. Output
  3. Proses Pengolahan Data
  4. Penyimpanan Data

Flowchart

Penggambaran secara grafik dari langkah-langkah dan urut-urutan prosedur dari suatu program. Flowchart menolong analis dan programmer untuk memecahkan masalah kedalam segmen-segmen yang lebih kecil dan menolong dalam menganalisis alternatif-alternatif lain dalam pengoperasian. Flowchart biasanya mempermudah penyelesaian suatu masalah khususnya masalah yang perlu dipelajari dan dievaluasi lebih lanjut.

Jenis Flowchart :

  1. Flowchart Sistem
  2. Flowchart Dokumen
  3. Flowchart Skematik

Pemrograman Komputer

Segala kegiatan yang berhubungan dengan pembuatan program komputer. Program komputer adalah kumpulan instruksi untuk mengatur komputer agar melaksanakan tugas sesuai dengan yang dikehendaki oleh user / pemakai. Program dibedakan menjadi dua macam :

  1. Program Sistem : merupakan program yang digunakan untuk mengontrol sumber daya yang ada pada komputer baik yang bersifat internal seperti RAM maupun bersifat eksternal seperti driver printer, modem, dll.
  2. Program Aplikasi : merupakan program yang biasa dipakai user untuk melakukan tugas-tugas yang berkaitan dengan aktivitas pekerjaan. Misalnya untuk membuat dokumen, memanipulasi foto, memutar musik, dll.