Mohammad bimasakti

From ccitonlinewiki
Revision as of 06:10, 25 November 2024 by Mohammad bimasakti (talk | contribs)
Jump to: navigation, search

Hi i am bima.

-----DAY 1-----

Berikut adalah video singkat mengenai apa yang kami dapat di hari pertama kelas SKE bersama Pak Ahmad Indra, yang saya buat dalam bentuk short podcast bersama dengan teman saya semoga video yang kami buat dapat bermanfaat bagi yang menonton

-----WEEK 1 18 NOV-----

Pada bulan ini saya telah berinteraksi dengan chatGPT sebanyak 44 kali, 3 bahasan teratas ialah

Sistem Pneumatik pada Can Crusher: Saya telah mendiskusikan mengenai desain dan fungsi dari sistem pneumatik yang digunakan pada can crusher, sebuah alat untuk menghancurkan kaleng secara efisien. Pembahasan ini mencakup aspek teknis dari sistem pneumatik seperti tekanan kerja, komponen sistem, dan bagaimana sistem tersebut menghasilkan gaya yang cukup untuk menghancurkan kaleng.

Pembahasan Proyek Akademik dan Lomba: Saya fokus pada persiapan materi untuk lomba study case yang berhubungan dengan Asset Integrity Management System (AIMS) pada industri minyak dan gas, dengan menggunakan kasus BP Macondo 2010. Kita membahas fokus pada dampak AIMS terhadap faktor safety operation dan mencari solusi inovatif.

Desain Sistem Hidraulik: Saya telah mendiskusikan tentang desain sistem hidraulik, meliputi aspek desain dan optimisasi komponen seperti pompa, katup, dan silinder. Diskusi ini mengintegrasikan teori dengan aplikasi praktis untuk memahami cara kerja sistem hidraulik secara efisien dalam berbagai aplikasi teknis.

-----WEEK 1 25 NOV-----

Untuk menganalisis desain sistem pneumatik pada can crusher menggunakan framework DAI5, mari kita uraikan setiap langkahnya secara mendetail:


      1. 1. Intention (Niat)

- **Tujuan Desain**: Menciptakan sistem pneumatik yang robust, efisien, dan aman untuk digunakan dalam penghancuran kaleng. Tujuan ini meliputi desain yang dapat menyesuaikan dengan berbagai ukuran dan bentuk kaleng. - **Optimalisasi**: Menggunakan teknologi pneumatik yang optimal untuk mencapai tujuan dengan penggunaan energi yang minimal dan performa yang maksimal.


      1. 2. Initial Thinking (Pikiran Awal)Dalam tahap ini, kita akan mengkalkulasikan beberapa aspek dasar sistem pneumatik berdasarkan kebutuhan operasional can crusher.

Penghitungan Kekuatan Kompresi yang Diperlukan: Untuk menghancurkan kaleng, perlu dihitung kekuatan kompresi yang diperlukan. Misalnya, diasumsikan kaleng membutuhkan kekuatan 500 N untuk dihancurkan.

Pemilihan Silinder Pneumatik: Untuk menentukan ukuran silinder pneumatik, kita perlu menghitung luas penampang silinder (A) berdasarkan rumus F = P * A, dimana F adalah kekuatan kompresi, dan P adalah tekanan udara yang digunakan.

Misalnya, jika tekanan udara yang tersedia adalah 0.8 MPa (megapascal),

Area = F / P = 500 N / (0.8 * 10^6 N/m^2) = 0.000625 m^2 diameter = sqrt((4 * A) / pi) = sqrt((4 * 0.000625) / pi) = 28.3 mm Volume = A * s = 0.000625 m^2 * 0.2 m = 0.000125 m^3 (125 liter)


      1. 3. Idealization (Idealisasi)

Menggunakan efisiensi 100% sebagai ideal, menghitung energi ideal yang dibutuhkan:

W = P * V = 0.8 * 10^6 Pa * 0.000125 m^3 = 100 Joule


      1. 4. Instruction Set (Set Instruksi)

- **Rancangan Teknis Akhir**: Menyusun set instruksi yang detail untuk pembuatan dan perakitan sistem pneumatik, termasuk semua diagram teknis dan spesifikasi. - **Protokol Pengujian**: Membuat protokol pengujian yang menyeluruh untuk memverifikasi keamanan dan efisiensi sebelum can crusher digunakan secara luas.

Dengan mengikuti langkah-langkah DAI5, kita dapat menyusun rencana yang komprehensif dan terorganisir untuk desain sistem pneumatik pada can crusher yang tidak hanya fungsional dan efisien, tapi juga aman dan sesuai dengan kebutuhan pengguna. Apakah ada aspek spesifik dari sistem yang ingin kamu eksplor lebih dalam atau ada pertanyaan lain mengenai proses ini?