Gigin rizki novrian
Contents
BIODATA DIRI
Nama: Gigin Rizki Novrian Panji Handoyo Putro
NPM : 1806202235
Hobi : Futsal
Teknik Perkapalan 2018
Mata kuliah metode numerik ini cukup menarik buat saya, karena selama ini saya hanya mendengar tentang pemrogaman dll, namun belum pernah mendalami ataupun memahaminya. Saya hanya mengetahui basic/dasar menggunakan komputer dan microsoft. Software yang pernah saya pakai adalah autocad, maxsurf. Namun saya belum pernah belajar software yang khusus untuk bahasa pemrograman atau metode numerik .
Tugas Pertemuan Pertama (7 Februari 2020)
Pengajar: Dr. Ahmad Indra Siswantara (Pak DAI)
Diberikan sebuah fungsi yaitu
F(x)= (X^2-1)/(x-1) jika X=1 maka tentukan nilai F(x)
maka persamaan tersebut dapat diselesaikan dengan cara manual sebagai berikut
Kemudian saya menyelesaikan fungsi tersebut dengan bantuan pemrograman yaitu python sehingga didapatkan hasil sebagai berikut
Hasil yang diberikan ketika memasukkan nilai X=1 adalah F(x)=2 dan hasilnya sama dengan perhitungan menggunakan metode manual.
Ketika menyelesaikan fungsi tersebut dengan cara manual secara matematis dengan mudah saya dapat menyelesaikannya. Namun ketika mencoba dengan program python saya harus memahami terlebih dahulu bahasa-bahasa pemrogramannya agar didapatkan nilai yang ingin kita dapatkan.Bahasa tersebut saya pelajari melalui internet dan beberapa buku panduan. Dalam tugas ini saya mendapatkan banyak pengetahuan baru seperti,
- def yaitu untuk menuliskan fungsi
- return yaitu untuk memasukan variabel pada fungsi
- string yaitu tanda apit (" atau ') yang digunakan untuk menyatakan kalimat/karakter berupa huruf,angka,dll
- int atau disebut integer adalah keseluruhan angka baik positif maupun negatif tanpa ada desimal dengan panjang tak terbatas
- print untuk memunculkan hasil sesuai yang kita inginkan
Menurut saya, penyelesaian suatu fungsi yang rumit menggunakan software akan mempermudah mahasiswa untuk menyelesaikan fungsi tersebut dibanding dengan menggunakan metode manual. Untuk itu bahasa-bahasa pemrograman harus dikuasai dan dipahami secara mendalam agar dalam pengaplikasiannya dapat berjalan dengan baik.
PERTEMUAN KEDUA (14 Februari 2020)
-ilmu metode numerik itu seperti kita mencelupkan jari kelingking ke lautan yang luas, lalu kita angkat kelingking tersebut dan tetesan air itu adalah ilmu mtetode numerik yang jika dibandingkan dengan seluruh air di lautan tersebut begitu luasnya ilmu Sang Pencipta.
-kita dapat menggunakan dorongan (gaya) yang sering kita pelajari di mata kuliah untuk mendorong diri sendiri agar tidak malas.
-berjuang untuk TURN BACK KEM : yaitu melawan,
K ketidaktahuan (Kebodohan) E Egois M Malas
setelah melihat beberapa contoh kasus soal di buku Numerical Methods in Engineering with Python 3 saya tertarik dengan kasus penyelesaian integral tentu dengan menggunakan pemrograman python. Karena menurut saya dapat menyelesaikan integral dengan aplikasi akan lebih mudah dan cepat dan integral adalah langkah dasar untuk menyelesaikan berbagai macam persamaan yang rumit di mata kuliah Teknik Perkapalan.
contoh soal:
sumber: Jaan Kiusalaas-Numerical Methods in Engineering with Python 3-Cambridge University Press
BAB 7: INITIAL VALUE PROBLEM
Data-> Informasi -> pengetahuan -> ilmu yang bermanfaat-> (Hikmah->Hidayah)
dilakukan analisis: - statistikal -> data diskrit (pengukuran aktual) | - Deterministik -> contoh pers.diferensial (Hk.Fisika) berdasarkan hukum-hukum teoritis
-Stokastik-> gabungan statistikal dan deterministik
Tugas Pertemuan Kedua
2.1 Menyelesaikan integral dengan metode manual
Hasil metode manual menunjukkan nilai yang sama dengan jawaban di soal
2.2 Menyelesaikan integral tentu dengan metode numerik yaitu menggunakan pemrograman python
Dari hasil yang dtunjukkan oleh pemrograman python belum memberikan hasil, hal ini dikarenakan belum ada module numpy pada program python.
Setelah saya menginstall module numpy dan sympy pada program python di laptop saya, maka didapatkan hasil yang sesuai dengan hasil penghitungan manual. Berikut adalah metode numeriknya,
3.1 Menyelesaikan soal gerak jatuh bebas dengan metode manual
Soal: sebuah bola dijatuhkan dari ketinggian y=20 m dan kecepatan awal sama dengan nol. Kemudian bola jatuh hingga menyentuh lantai. Tentukan berapa kecepatan (v) dan tinggi (y) bola tersebut pada saat t=2 s !
berikut adalah penyelesaian dengan metode manual
didapatkan kecepatan (v) sebesar 19,6 m/s dan ketinggian (y) 0,4 m
3.2 Menyelesaikan soal gerak jatuh bebas dengan metode numerik
dengan pemrograman didapat hasil yang sama yaitu kecepatan (v) sebesar 19,6 m/s dan ketinggian (y) 0,4 m
3.3 Progres belajar Metode Numerik
Tugas Asistensi
TUGAS 3 - RUNGE-KUTTA
JAWABAN: