Report Tugas Kelompok 4 : Metode Numerik 2019
Anggota Kelompok:
- Fikridiya Bagusrana (1706036154)
- Rifky Ramadhan Prakoso (1706036330)
- Mochamad Farhan Zidny (1706986391)
- Andika Ridwan Pratama (1706986302)
Tugas 1
Berikut adalah governing equation pada mobil yang memiliki percepatan, gesekan, dan hambatan dengan udara.
Sebuah mobil memiliki 3 gaya yang bekerja padanya yaitu:
- F = m*a
- F gesek = m*g*cf
- F hambat = 0.5*cd*rho*area*vt^2
Dengan membagi ketiga gaya tersebut dengan massa didapatkan percepatan total
v'(t)= (F - (F gesek + F hambat))/m
Kemudian apabila disubsitusikan ke turunan dari kecepatan terhadap waktu
v'(t)= v(t)/t
dapat dicari waktu dengan cara membagi kecepatan dengan percepatan total, dimana percepatan total adalah turunan dari kecepatan terhadap waktu
t= v(t) / ((F - (F gesek + F hambat))/m)
Tugas 2
Tugas 3
Case Description
- Airfoil memiliki karakteristik aerodinamis dan merupakan benda yang sering digunakan contohnya pada pesawat
- Thrust pada pesawat berpengaruh pada effisiensi aerodinamis, maka dari itu dibutuhkan Cl/Cd yang kecil. Cl dan Cd tergantung pada angle of attack dari airfoil.
- Airfoil yang digunakan kali ini adalah airfoil NACA 0012
- Fluida udara yang melewat air foil steady flow dan incompressible, simulasi CFD dalam kondisi adiabatic
Kemudian Airfoil yang digunakan dilakukan variasi pada 6 angle of attack yang berbeda berupa (degrees):
- 0
- 2
- 4
- 6
- 8
- 10
Simulasi CFD SOF
Kemudian dilakukan simulasi airfoil dan didapatkan data sebagai berikut,
Kemudian data tersebut direpresentasikan dalam bentuk grafik pada excel,
Optimasi
Didapatkan rumus drag berupa dan juga rumus lift berupa dengan R sebesar dan. Dari kedua rumus tersebut kemudian dimasukkan dalam program python dibawah ini.
Didapatkan hasil optimasi: