Andika Ikhsan Kamil

From ccitonlinewiki
Revision as of 23:10, 29 October 2019 by Andika.ikhsan (talk | contribs)
Jump to: navigation, search
Emil1.jpg

Nama : Andika Ikhsan Kamil

NPM : 1806201176

TTL : Tangerang, 11 Januari 2001


KALKULUS

Apa itu kalkulus? Kalkulus merupakan mata kuliah wajib teknik yang bertujuan untuk mempelajari pelajaran seperti integral, logaritma, trigonometri dan lainnya yang berhubungan dengan matematika teknik secara lanjutan.

Tujuan kita dari belajar kalkulus sendiri adalah agar dapat mengerti bagaimana perhitungan matematik yang ada pada fakultas teknik pada saat kuliah nantinya.

PHYTON

Proses Belajar Phyton

Pengertian Python (bahasa pemrograman) merupakan bahasa pemrograman tinggi yang bisa melakukan eksekusi sejumlah instruksi multi guna secara langsung (interpretatif) dengan metode Object Oriented Programming dan juga menggunakan semantik dinamis untuk memberikan tingkat keterbacaan syntax. Sebagai bahasa pemrograman tinggi, python dapat dipelajari dengan mudah karena telah dilengkapi dengan manajemen memori otomatis.

Ada Banyak fitur fitur pada phyton seperti : Print Variabel, String Integer If List Loop Slicing If Else Block Variable Dan Masih Banyak Lainnya

TUGAS 1

def tugas(x):

  result = (x**2-1)/(x-1)
  try:
      result
  except ZeroDivisionError:
      result = float('inf')
  return result

a = 1 b = a + 0.3 c = 0.05 d = a - c hasilnya = 0 jumlah = 0 while a < b+ 0.5:

  d =d + 0.01
  print(soal(d))
  a = a + 0.1
  jumlah = jumlah + 1
  if soal(d) != float('inf'):
      hasilnya = hasilnya + soal(d)


  print("limitnya = ")
  print(hasilnya/jumlah)

TUGAS 2

rec = ('Andika', 'Ikhsan', 'Kamil',(11,1,2001))

NamaAwal, NamaTengah, NamaAkhir, tanggallahir = rec

print(NamaTengah)

TahunLahir = tanggallahir [2]

print(TahunLahir)

name = rec[0] ++rec[1]

print(name)

print(rec[0:3])

TUGAS 3

Fibonacci dengan While Loop

  1. Python Fibonacci series Program using While Loop
  1. Fibonacci series will start at 0 and travel upto below number

Number = int(input("\nPlease Enter the Range Number: "))

  1. Initializing First and Second Values of a Series

i = 1 First_Value = 0 Second_Value = 1

  1. Find & Displaying Fibonacci series

while(i < Number):

          if(i <= 1):
                     Next = i
          else:
                     Next = First_Value + Second_Value
                     First_Value = Second_Value
                     Second_Value = Next
          print(Next)
          i = i + 1

Fibonacci dengan Sub Routine (Function)

def recur_fibo(n):

  """Recursive function to
  print Fibonacci sequence"""
  if n <= 1:
      return n
  else:
      return(recur_fibo(n-1) + recur_fibo(n-2))
  1. Change this value for a different result

nterms = 10

  1. uncomment to take input from the user
  2. nterms = int(input("How many terms? "))
  1. check if the number of terms is valid

if nterms <= 0:

  print("Plese enter a positive integer")

else:

  print("Fibonacci sequence:")
  for i in range(nterms):
      print(recur_fibo(i))


Pertemuan 6

Metode metode yang dipakai pada metode nnumerik contohnya adalah metode kutta. Dalam analisis numerik , metode Runge-Kutta adalah keluarga metode iteratif implisit dan eksplisit , yang mencakup rutin terkenal yang disebut Metode Euler , yang digunakan dalam diskritisasi temporal untuk solusi perkiraan persamaan diferensial biasa .

Anggota keluarga Runge-Kutta yang paling dikenal secara umum disebut sebagai "RK4", "metode Runge-Kutta" klasik atau hanya sebagai "metode Runge-Kutta".


QUIZ

Problem Set 2.1

#Gauss Elimination For Matrix Using Numpy
from numpy import linalg 
import numpy as np
bar1 = [0,0,2,1,2] 
bar2 = [0,1,0,2,-1]
bar3 = [1,2,0,-2,1]
bar4 = [0,0,0,-1,1]
bar5 = [0,1,-1,1,-1]
nmat = np.array ([bar1,bar2,bar3,bar4,bar5])
print ("n Matrix adalah sebagai berikut:")
print (nmat)
cons = np.array ([1,1,-4,-2,-1])
print ("Matrix Y adalah sebagai berikut:")
print (cons)
jawab = linalg.solve (nmat,cons)
x1val = int(jawab[0])
x2val = int(jawab[1])
x3val = int(jawab[2])
x4val = int(jawab[3])
x5val = int(jawab[4])
print ("hasil X adalah :")
print ("x1= ",x1val)
print ("x2= ",x2val)
print ("x3= ",x3val)
print ("x4= ",x4val)
print ("x5= ",x5val)

Problem Set 7.1

def dydx(x, y): 
   return ((x**2 - 4 * y) 
 
# Finds value of y for a given x using step size h 
# and initial value y0 at x0. 
def rungeKutta(x0, y0, x, h): 
   # Count number of iterations using step size or 
   # step height h 
   n = (int)((x - x0)/h)  
   # Iterate for number of iterations 
   y = y0 
   for i in range(1, n + 1): 
       "Apply Runge Kutta Formulas to find next value of y"
       k1 = h * dydx(x0, y) 
       k2 = h * dydx(x0 + 0.5 * h, y + 0.5 * k1) 
       k3 = h * dydx(x0 + 0.5 * h, y + 0.5 * k2) 
       k4 = h * dydx(x0 + h, y + k3) 
 
       # Update next value of y 
       y = y + (1.0 / 6.0)*(k1 + 2 * k2 + 2 * k3 + k4) 
 
       # Update next value of x 
       x0 = x0 + h 
   return y 
# Driver method 
x0 = 0
y = 1
x = 0.03
h = 0.01
print 'The value of y at x is:', rungeKutta(x0, y, x, h)


Output:

The value of y at x is : 1.003639


CODING UTS

Case 1A

from math import *


g=9.81
M1=eval(input("mau berapa massa benda 1 ?"))
M2=eval(input("Mau berapa massa benda 2 ?"))
M3=eval(input("Mau berapa massa benda 3 ?"))
M3=eval(input("Mau berapa massa benda 4 ?"))
Fk1=eval(input("Koefisien gesek benda 1 ?"))
Fk2=eval(input("koefisien gesek benda 2 ?"))
Fk3=eval(input("Koefisien gesek benda 3 ?"))
alfa=eval(input("sudutnya mau berapa ?"))
a=eval(input("percepatan :"))
x= sin(alfa)
y= cos(alfa)


T1=M1*g*(x-Fk1*y)-M1*a
T2=M2*g*(x-Fk2*y)+T1-M2*a
T3=M3*g*(x-Fk3*y)+T2-M3*a
print("maka T1 adalah ?",T1)
print("maka T2 adalah ?",T2)
print("maka T3 adalah ?",T3)


CASE 2A

#memasukkan nilai variabel yang diperlukan
cd=eval(input("drag coefficient: "))
v0=eval(input("Kecepatan Awal (m/s): "))
m=eval(input("Massa (kg): "))
a=eval(input("Percepatan (m/s^2): "))
vt=eval(input("Kecepatan Tertinggi (m/s): "))
#semua dibagi m
fdrag=(cd*vt**(3/2))/m
ft=a
atot=ft-fdrag
t=(vt-v0)/atot
print("waktu mobil untuk mencapai kecepatan tertinggi: ",t, "detik")

TUGAS VIDEO UTS

1.Video Muhasabah(percerminan diri )


2.Video penjelasan soal nomor I.A


3.Video penjelasan soal II.A