Modeling wahyu sulistiyo
MODELING
Syarat orang yang akan menggunakan akal adalah orang yang selalu mengingat siapa penciptanya dan memikirkan tentang penciptaanya dan berkata ya tuhan tidaklah engkau ciptakan segala sesuatu dengan sia sia. Mekanika adalah satu ilmu yang melingkupi ilmu sipil, elektro dan lainnya. Seseorang apabila mengajar tentunya murid ajarnya harus lebih pintar dari yang mengajari. Ilmu mekanika adalah ilmu yang mempelajari perilaku atau gerak laku benda - benda atau material. Baik material padat, cair atau lainnya. Seseorang akan melakukan sesuatu karena adanya dorongan atau dalam ilmu mekanika di sebut force. Gaya adalah tarikan atau dorongan. Metode numerik bukan pelajaran menggunakan sofware, tetapi suatu pelajaran yang menekankan pada penyelesain menggunakan pemodelan. Bisa jadi hasil pemodelan tidak masuk akal. Model adalah sebuah simplifikasi/penyederhanaan dari suatu sistem yang rumit. Pemodelan dalam bentuk skala. Pada waktu simplifikasi kita sudah mengurangi kesetaraannya. Persepsi adalah apa yang dia tangkap dengan sense nya. Yang punya persepsi adalah yang punya otak, karena dengan penciuman dengan indera perasanya untuk mengenali sesuatu. Persepsi tidak berfikir tetapi dengan perasaan. Yang menggunakan akal pasti menelaah, mencerna sesuatu. Untuk sampai pada finite / terhingga harus menggunakan akal. Akal adalah tali. Tali berfungsi untuk mengikat agar hewan yang kita pelihara tidak pergi jauh atau kabur. Kita menggunakan akal agar kita berpikiran pada batas - batas manusiawi. Orang yang korupsi tidak pernah akan sampai berapa cukupnya dia. Jadi pada pelajaran simulasi, stress analisis, termodinamika kita harus menggunakan akal agar terbebas dari pikiran - pikiran yang melampaui batas.
No persepsi persepsi akal(ratio)
benda mati makhluk hidup manusia yang beragama
Dalam modeling terdapat sense, masalah dan pemikiran awal (analisis awal). Struktur yang berintegrasi adalah struktur yang tidak bercerai berai. Seorang engineer adalah memastikan bahwa struktur yang di assembly adalah struktur yang berintegritas. Masalah terbesar dalam riset adalah dia tidak tahu apa yang tidak tahu.
Langkah - langkah dalam pemodelan
1. Masalah (problem) 2. Pemikiran awal 3. .............. 4. .............. 5. .............. 6. Hasil perhitungan
Contoh infinite : a = -10^200 + 10^1000000 + 1/0 maka hasilnya apapun adalah infinite
Semakin sederhana sebuah pemrograman adalah semakin baik karena model untuk mempelajari sebuah behavior. Yang melakukan komputasi teknik adalah seorang analis bukan operator. Komputasi teknik adalah proses trial and error. Untuk mengetahui kebenaran suatu komputasi teknik adalah menggunakan akal.
HIPOTHESIS
Hipothesis adalah suatu pernyataan yang perlu di cari kebenarannya. Menurut pak dai semua hasil penelitian dalah hipothesis. Yang sudah pasti adalah kitab suci. Kitab suci adalah the thruly thesis atau thesis yang sebenarnya. Komputasi teknik adalah memperkirakan apa yang terjadi atau menverifikasi desain kita. Komputasi teknik bisa untuk mengembangkan ilmu dan mengamalkan ilmu.