Muhammad Fakhri Hidayat
SKE Pekan 1 1. Hydraulic System • Intention (Tujuan)
Tujuan sistem hidrolik adalah untuk mentransfer dan mengendalikan energi menggunakan cairan bertekanan tinggi. Sistem ini biasanya digunakan pada aplikasi yang membutuhkan gaya besar dan gerakan presisi, seperti alat berat atau sistem rem kendaraan.
• Initial Thinking (Pemikiran Awal)
Cairan (biasanya minyak hidrolik) dipilih karena sifatnya yang tidak bisa dimampatkan, sehingga mampu mentransfer energi secara konsisten. Hidrolik memanfaatkan hukum Pascal, yang menyatakan bahwa tekanan dalam fluida tertutup akan tersebar merata ke segala arah. Untuk mengoptimalkan tenaga, perlu pompa untuk menciptakan tekanan, silinder untuk mengubah energi menjadi gerakan, dan katup untuk mengontrol aliran.
• Idealization (Konsep Ideal)
Sistem hidrolik yang ideal memiliki efisiensi tinggi tanpa kebocoran cairan. Komponen harus kuat dan tahan lama karena sistem ini bekerja pada tekanan yang sangat tinggi (hingga 700 bar atau lebih). Sistem ideal memungkinkan gerakan yang sangat presisi dengan daya tahan tinggi, sekaligus mengurangi risiko lingkungan seperti tumpahan cairan.
• Instruction (Langkah-Langkah Operasi)
Pompa Hidrolik: Nyalakan pompa untuk menghasilkan tekanan fluida. Katup Kontrol: Atur arah aliran cairan menggunakan katup sesuai kebutuhan (gerakan maju/mundur). Silinder Hidrolik: Cairan bertekanan menggerakkan piston pada silinder, menghasilkan gerakan linear. Maintenance: Periksa cairan, pipa, dan sambungan secara rutin untuk mencegah kebocoran.
2. Pneumatic System • Intention (Tujuan)
Sistem pneumatik dirancang untuk mentransfer energi menggunakan udara bertekanan. Tujuannya adalah memberikan gerakan cepat dan fleksibel, terutama pada aplikasi yang memerlukan kontrol ringan dan aman, seperti sistem otomatisasi pabrik atau peralatan medis.
• Initial Thinking (Pemikiran Awal)
Udara digunakan karena mudah tersedia, aman, dan murah. Sistem memanfaatkan sifat udara yang dapat dimampatkan untuk menghasilkan gerakan elastis. Komponen seperti kompresor, katup, dan silinder dirancang untuk memanfaatkan tekanan udara dengan efisien.
• Idealization (Konsep Ideal)
Sistem pneumatik ideal memiliki respons cepat, ringan, dan andal dengan tekanan yang stabil. Udara harus dikondisikan (difilter dan dikeringkan) untuk mencegah kelembapan atau kotoran merusak komponen. Sistem harus hemat energi dan bekerja dengan tingkat kebisingan minimal.
• Instruction (Langkah-Langkah Operasi)
Kompresor Udara: Aktifkan kompresor untuk menghasilkan udara bertekanan. Reservoir Udara: Simpan udara bertekanan dalam tangki untuk memastikan pasokan stabil. Katup Kontrol: Gunakan katup untuk mengatur aliran udara ke silinder atau motor pneumatik. Silinder Pneumatik: Udara bertekanan mendorong piston untuk menghasilkan gerakan linear atau rotasi. Maintenance: Bersihkan dan periksa filter udara secara rutin untuk menjaga efisiensi.