Arif Fadillah
INTRODUCTION
Selamat Pagi,
Arif Fadillah
2206100205
"Belajarlah dengan mengharapkan keridhoan Dia Sang Maha Cinta dan apabila ilmu itu telah di RidhoiNya, gunakan untuk kebaikan seluruh alam"
PROGRES 1 : TUGAS DESIGN TANGKI HIDROGEN SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN BAKAR KENDARAAN BERMOTOR
Latar Belakang
Gas buangan kendaraan bermotor adalah penyumbang terbesar bagi menumpuknya emisi karbon. Sehingga mengakibatkan polusi udara yang tidak ramah bagi kesehatan manusia dan bagi lingkungan. Dengan tujuan untuk mengurangi emisi karbon, berbagai inovasi sudah dilancarkan. Dimulai dari gerakan sederhana seperti “Car Free Day” di berbagai belahan Dunia, hingga alternatif kendaraan bermotor konvensional yang menggunakan embel-embel “ramah lingkungan”. Dengan adanya gerakan-gerakan tersebut, lambat laun intensitas polusi udara mulai bisa dikurangi. Menanggapi isu lingkungkan yang semakin kritis, banyak pabrikan kendaraan dunia yang coba menemukan bahan bakar alternatif selain bensin. Hidrogen sendiri adalah unsur paling sederhana dan paling melimpah di alam semesta. Namun, di Bumi, ia jarang eksis sebagai gas, sehingga ia perlu dipisahkan dari unsur-unsur lain.
'II. Konsep desain pembuatan motor listrik berbahan bakar hydrogen' Tabung Hidrogen disimpan yang dijepit pada downtube depan rangka, di depan kaki pengendara, sehingga mudah dipasang dan dilepas. Dengan bentuk seperti baterai, bagian tersebut memiliki dua elektroda, anoda (negatif) dan katoda (positif) dilapisi dengan membran elektrolit di antara keduanya. Bukan untuk menyimpan energi seperti baterai, komponen tersebut berfungsi mengubah hidrogen, menjadi listrik dengan bereaksi dengan oksigen dari udara. Caranya dengan memompa Hidrogen ke anoda dan mengalirkan udara ke katoda. Di anoda, katalis memecah molekul Hidrogen menjadi elektron dan proton. Membran elektrolit memungkinkan proton langsung menuju katoda, tetapi tidak elektron, proton dialirkan melalui sirkuit listrik untuk mencapai katoda. Kemudan menciptakan arus listrik yang menjadi sumber energi unutk pengderak motor. Di katoda, oksigen dan proton hidrogen dan elektron bergabung menjadi gas buang, yang merupakan H2O murni atau yang sehari-harinya kita sebut air.