Metnum03-Yoga Satrio Bramantyo Priambodo

From ccitonlinewiki
Revision as of 09:36, 29 December 2020 by Yoga.satrio (talk | contribs) (Pertemuan 6 [Selasa, 8 Desember 2020])
Jump to: navigation, search
Background Merah 3x4.jpg

PROFIL


Nama  : Yoga Satrio Bramantyo Priambodo

NPM  : 1806181722

Kelas : METNUM-03

Pertemuan 1 [Selasa, 10 November 2020]

Pada pertemuan kali ini Pak Dai membahas tentang aplikasi dari pembelajaran metode numerik sekaligus mereview beberapa materi yang telah dipelajari sebelum UTS. Pak Dai juga membahas tentang pentingnya mempelajari metode numerik dan memberukan pemahaman yang beliau jadikan salah satu dalam indikator penilaian diantarannya adalah:

1. Mengetahui seberapa progres pengetahuan dan pembelajaran.
2. Mengerti suatu konsep dasar dari suatu pembelajaran metode numerik.
3. Bisa membantu memecahkan suatu permasalahan pada kehidupan nyata melalui pemahaman dari konsep metode numerik.
4. Nilai tambah dapat diberikan apabila suatu individu dapat mengenal dan mengetahui seberapa jauh individu tersebut telah memahami tentang pembelajaran metode numerik.

Adapun, untuk mereveiw beberapa materi metode numerik yang telah saya pelajari selama sebelum UTS adalah diantaranya:

1. Deret Taylor
2. Interpolasi
3. Open methode, Closed method
4. Sedikit tentang pseudocode

Untuk mendapatkan gambaran visual tentang bagaimana pengaplikasian dari metode numerik ini, Pak Dai menyarankan untuk menggunakan aplikasi bernama openmodelica. Sekiranya adanya aplikasi modelica ini diharapkan dapat mempermudah pemahaman kita mengenai metode numerik itu sendiri. Oleh karena itu, pada kesempatan ini saya akan melakukan percobaan menggunakan openmodelica dalam suatu bentuk tutorial yang akan saya upload ke youtube.

Tugas 1: Belajar Software Openmodelica


Tugas yang saya kerjakan : [1]

Pertemuan 2 [Selasa, 10 November 2020]

Tugas 2: Menyelesaikan persoalan Aljabar

Pada kesempatan ini, Saya akan mencoba untuk menyelesaikan persoalan Aljabar dengan menggunakan program Openmodelica.

Ysbp m 3 1.jpg

Dalam mengerjakan persoalan diatas, sekiranya dapat digunakan beberapa cara seperti:

- Eliminasi gauss
- Gauss-jordan
- Gauss-seidel
- Metode cramer

Pada kesempatan kali ini, saya akan mencoba menyelesaikan persoalan tersebut menggunakan metode eliminasi gauss. Berikut ini adalah langkah-langkah yang saya lakukan:

Ysbp m 3 2.jpg

pertama-tama, Saya masukan kedalam menu Class dengan filename: aljabar, kemudian saya bentuk matriks dengan ukuran 3x3 terlebih dahulu dan memasukannya ke parameter yang saya notasikan menjadi matrx A dan hasil operasi menjadi matrix B, serta nilai yang saya cari (z,y,z) menjadi satu matrix x yang merupakan bilangan real. Sehingga notasi atau operasi matrix menjadi: A*x=B

Tahap kedua, saya buat new page function yang berfugsi untuk menuliskan perintah operasi pada matrix untuk melaksanakan perintah. Baru dari kedua antara class dan function akan terhubung melalui suatu file yang telah di simpan pada komputer.

Ysbp m 3 3.jpg

Setelah itu saya lakukan pengecekan terhadap persamaan pada class;aljabar, sehingga didapati

Ysbp m 3 4.jpg

Setelah itu dilakukan juga pengecekan model terhadap function

Ysbp m 3 4.jpg

Baru setelah itu saya melaksanakan perhitungan sesuai dengan perintah pada function sehingga didapatilah hasil x (x,y,z) adalah secara berturut-turut abb:

Ysbp m 3 4.jpg

Latihan Menentukan Mean dari Software Open Modelica


Perteama-tama Pak Dai menginstruksikan untuk membuat rata-rata dari suatu data n. Dengan anggota bebas. Oleh karena itu saya menentukan data sebagai berikut.

Ysbp Metnum 4 1.jpg

Setelah data terususun, saya melaksakan checking terhadap coding yang telah saya buat berdasarkan data diatas.

Ysbp Metnum 4 2.jpg

Setelah check. barulah saya dapat melakukan simulasi untuk menentukan hasil dari 8 variabel diatas.

Ysbp Metnum 4 3.jpg

Setelah simulasi berhasil, maka akan dapat dilihat data yang hendak saya cari, yaitu variabel x dari x1 sampai x8.

Ysbp Metnum 4 4.jpg

Pertemuan 3 [Selasa, 17 November 2020]


Latihan Menentukan Gaya pada Springmass


Pada kesempatan kali ini pak Dai memberikan latihan untuk mencari gaya-gaya yang bekerja pada suatu springmass menggunakan metode gauss melalui software openmodelica. Berikut ini adalah tutorialnya:

Berikut ini adalah persoalan yang hendak di tindak dalanjut, merupakan suatu rangkaian yang terdat/menggunakan spring.

Ysbp Metnum 4B 3.jpg

Berikut ini apabila gaya yang bekerja pada rangkaian tersebut diperjelas part by part.

Ysbp Metnum 4B 4.jpg

Berikut ini adalah penyelesaian dengan matrix apabila dilakukan dengan atau secara manual.

Ysbp Metnum 4B 5.jpg


Tugas 3

Menentukan defleksi yang terjadi pada setiap batang pada rangkaian berikut ini, dengan menggunakan metode gauss-elimination. Berikut ini adalah persoalannya:

Ysbp Metnum TU3 2.jpg

Pertama-tama terlebih dahulu kita tentukan elemen-elemen pada setiap batang dan nodenya untuk dapat menentukan matriks pada setiap batangnya:

Ysbp Metnum TU3 1.jpg

Berikut ini adalah coding yang saya gunakan untuk mendapatkan nilai Matriks GLobal(KG) dengan menjumlahkan semua displacement K1-K6

Ysbp Metnum TU3 3.jpg
Ysbp Metnum TU3 4.jpg
Ysbp Metnum TU3 5.jpg

Kemudian setelah dilakukan checking dan berhasil barulah dilakukan simulasi pada model, sehingga didapati matrix global (KG) berikut ini:

Ysbp Metnum TU3 6.jpg
Ysbp Metnum TU3 8.jpg
Ysbp Metnum TU3 10.jpg
Ysbp Metnum TU3 11.jpg

Berikut ini adalah matrix global (KG):

Ysbp Metnum TU3 12.jpg

Setelah itu dimasukan boundary condition, sehingga matrix berubah menjadi:

Ysbp Metnum TU3 13.jpg

Untuk mencari nilai U, maka saya akan selesaikan dengan membuat kelas model baru khusus untuk penyelesaian untuk mendapatkan nilai U:

Ysbp Metnum TU3 14.jpg

Baerikut ini didapati nilai dari U:

Ysbp Metnum TU3 15.jpg
Ysbp Metnum TU3 16.jpg

Setelah mendapatkan nilai u, tahapan selanjutnya adalah mencari reaction forces yang terjadi pada rangkaian dengan rumus :

Ysbp Metnum TU3 17.jpg

Kemudian dari persamaan diatas dengan nilai U yang telah didapatkan, barulah dibuat persamaan pada kelas model baru pada aplikasi:

Ysbp Metnum TU3 18.jpg

Setelah berhasil pada checking dan simulasikan, berikut ini adalah hasil Reaction Forces yang terjadi pada rangkaian tersebut:

Ysbp Metnum TU3 19.jpg


Berikut ini adalah tautan modelica yang saya gunakan: [2]

Pertemuan 4 [Selasa, 24 November 2020]

Pada pertemuan kali ini Pak Dai membahas tentang perbedaan antara statika struktur dengan dinamika struktur menurut pemahaman kami:

Statika struktur adalah Statika merupakan ilmu yang mempelajari semua benda yang tetap (statis).Dalam ilmu statika, dipelajari keseimbangan gaya di mana suatu konstruksi yang tetap diam walaupun pada konstruksi tersebut ada gaya-gaya yang bekerja. Dimana akumulasi gaya yang bekerja pada suatu struktur adalah = 0 sehingga tidak terjadi pergerakan pada struktur/diam. 
Dinamika struktur adalah Dinamika Struktur merupakan metode analisis tanggap struktur akibat bekerjanya beban dinamik. Beban dinamik berupa beban hidup, peralatan dinamik, mesin, angin, gempa maupun ledakan yang bekerja pada saat/waktu dan percepatan tertentu. Pada dinamika struktur ini, ada gaya yang bekerja pada suatu struktur sehingga benda mengalami pergerakan. Atau resultan gaya tidak sama dengan 0

Apakah kaitannya metode numerik dengan statika dan dinamika struktur? Apakah kira-kira hubungannya dengan bagan yang sudah Pak Dai sampaikan pada pertemuan minggu lalu.

metode numerik merupakan salah satu cara untuk dapat menyelesaikan suatu permasalahan. Dengan menggunakan metode numerik, kita dapat menganalisa gaya maupun deflaksi yang bekerja pada suatu struktur sehingga dapat mempermudah kita terutama dalam hal yang berhubungan dengan keteknikan. Dan dalam praktiknya, dapat dibantu oleh beberapa software seperti openmodelica, CFDSOF dll.

Quiz: Membuat Flow Chart


Berikut ini adalah contoh soal nomor 4 dan 8.

Ysbp Metnum W4 8.jpg
Ysbp Metnum W4 9.jpg

Berikut ini adalah flow chart yang saya buat, secara general untuk menyelesaikan persoalan diatas.

Ysbp Metnum W4 6.jpg
Ysbp Metnum W4 7.jpg

Bila saya coba untuk sedikit menmbuat detail dalam mengerjakan soal nomor 4. Berikut ini adalah langkah penyelesaian dalam mengerjakan soal no.4.

Ysbp Metnum W4 1.jpg
Ysbp Metnum W4 2.jpg

Sementara berikut ini adalah langkah penyelesaian dalam mengerjakan soal no.8.

Ysbp Metnum W4 3.jpg
Ysbp Metnum W4 4.jpg

Tugas no.4


Berikut ini adalah Penyelesaian dari nomor 4:

1. Menentukan Elemen dan node pada struktur, dengan menginput members:

Ysbp Metnum Q1 1.jpg
Ysbp Metnum Q1 2.jpg

kemudian dilakukan checking terhadap mesh

Ysbp Metnum Q1 3.jpg

2. Menentukan asumsi solusi berdasarkan sifat elemen.

Ysbp Metnum Q1 4.jpg
Ysbp Metnum Q1 5.jpg

3. Menyusun matriks elemen.

Ysbp Metnum Q1 7.jpg
Ysbp Metnum Q1 8.jpg


4. Memposisikan Matriks lokal kedalam matriks global.

Ysbp Metnum Q1 9 MtrxElInGlob.jpg
Ysbp Metnum Q1 10 MtrxElInGlob.jpg


5. Menentukan Matrix Global.


6. Menentukan Boundary Condition dan mendapatkan U dengan metode Gauss Jordan.

Ysbp Metnum Q1 11 BCS.jpg
Ysbp Metnum Q1 12 GaussJ.jpg

7. Menentukan Reaction Forces.

Ysbp Metnum Q1 12 RF.jpg

Tugas no.8


1. Menyusun class dan menginput beberapa data seperti node, theta, luas, modulus elastisitas dan panjang.

Ysbp Metnum Q2 1.jpg
Ysbp Metnum Q2 2.jpg

2. Setelah itu saya menyusun matriks elemen (Ke).

Ysbp Metnum Q2 3.jpg
Ysbp Metnum Q2 4.jpg

3. Memposisikan matriks elemen kedalam matriks global (KG).

Ysbp Metnum Q2 5 KG.jpg
Ysbp Metnum Q2 6 KG.jpg

4. Setelah itu saya membentuk matriks global total (KGtot) dengan menjumlahkan semua elemen pada matriks KG.

Ysbp Metnum Q2 7 KGtot.jpg

5. Setelah didapati Matriks Global Total barulah saya memasukan boundary conditions untuk mendapatkan Matriks Global Total Boundary Conitions (KGB).

Ysbp Metnum Q2 8 BCS.jpg

6. Menentukan displacemen (U) yang terjadi pada sistem dengan menggunakan konsep Gauss Jordan.

Ysbp Metnum Q2 9 GJ.jpg

7. Menentukan reaction (R) force yang terjadi pada sistem dengan memasukan rumus [R=KGtot*U-F]

Ysbp Metnum Q2 10 R.jpg

8. Berikut ini adalah hasil yang saya dapatkan setelah mensimulasikan class tersebut.

Ysbp Metnum Q2 hasil 11.jpg
Ysbp Metnum Q2 hasil 12.jpg
Ysbp Metnum Q2 hasil 13.jpg
Ysbp Metnum Q2 hasil 14.jpg
Ysbp Metnum Q2 hasil 15.jpg

Pertemuan 5 [Selasa, 1 Desember 2020]

Pada pertemuan kali ini, kami membahas kembali tentang PR sebelumnya yaitu nomor 4 dan 8. Pada kesempatan ini penjelaskan dilakukan oleh Fahmi. Kemudian Pak Dai memberikan tugas untuk memahami penjelasan dari Fahmi dan mengimplementasikannya melalui soal berikut :

Soal3.jpeg

Sekiranya pendekatan soal untuk penyelseaian soal diatas dapat disesuaikan dengan soal-soal yang sebelumnya. Dimana untuk pertama, kita membuat suatu new tab class untuk mendata parameter-parameter awal.

1. Class yang saya buat kali ini adalah class.spacetruss dimana parameter yang saya masukan adalah berdasarkan data-data yang didapat dari soal seperti node = {i,j], element (Batang), theta, modulus, luas dan panjang. Yang dimasukan kedalam fungsi array/tabel untuk mempermudah proses perhitungan (looping). Kemudian menentukan titik-titik boundary mulai dari dua dimensi ke tiga dimensi. Kemudian menentukan check force.

Ysbp Metnum Soal3 1.jpg
Ysbp Metnum Soal3 2.jpg

baru setelah itu menentukan members dari new tab function untuk dipanggil setelah dilakukan simulasi pada tab class.

Pertemuan 6 [Selasa, 8 Desember 2020]

Pada pertemuan kali ini, Pak Dai meminta kami untuk melakukan muhasabah diri terhadap materi atau pengetahuan apa saja yang sudah kami dapatkan selama belajar metode numerik bersama beliau selama kurang lebih 5 pertemuan sebelumnya. pak dai juga memberikan beberapa parameter penilaian untuk melaksanakan muhasabah diri diantaranya adalah :

1. Seberapa paham saya tentang materi yang sudah diajarkan selama masa pembalajarn metode numerik.
2. Seberapa mampu saya dalam mengaplikasikan dan memecahkan suatu masalah (problem solving) ilmu metode numerik yang telah diajarkan.
3. Seberapa besar usaha yang saya lakukan agar lebih memahami dan menguasai ilmu metode numerik.

Berikut ini adalah muhasabah diri saya yang akan saya buat sedemikian rupa menjadi suatu paragraf yang padu, semoga sekiranya dapat membantu Pak Dai dalam mengambil nilai:

Menurut saya pribadi, awalnya saya cukup kesulitan dalam memahami korelasi antara ilmu metode numerik yang diajarkan pada saat sebelum UTS dengan aplikasi atau penerapannya pada kehidupan sehari-hari. Walaupun sekiranya saya cukup memahami materi namun saya kira hanya sebatas teori saja. Selah pertenghan semester, tepatnya setelah UTS. Saya mendapat insight baru tentang penerapan dari ilmu yang telah saya pelajari pada saat sebelum UTS yang sekiranya cukup luas dan cukup aplikatif. Terutama pada saat dikenalkan dengan aplikasi openmodelica yang lebih memudahkan saya untuk mengerti dan memahami penerapan ilmu dari metode numerik itu sendiri. Dan dalam menggunakan aplikasi openmodelica, tentunya kita harus memahami bagaimana openmodelica itu bekerja terlebih dahulu. Dimana, salah satu komponen penting dalam menggunakan openmodelica adalah kemampuan untuk menggabungkan antara suatu fenomena fisika, model matematika dan model komputasi. Dengan demikian saya dapat menentukan hasil yang hendak dicari. 
Saya kira saya sudah cukup mampu dalam memecahkan suatu masalah berdasarkan ilmu metode numerik. Setelah cukup memahami tentang aplikasi openmodelica, pada beberapa kesempatan Pak Dai juga memberikan beberapa soal mengenai aplikasi dari metode numerik pada kehidupan sehari-hari. Seperti: Persamaan Al-Jabr simultan, displacement pada rangkaian pegas,  defleksi dan gaya reaksi pada suatu objek statis (pendekatan 2D), hingga truss dan space truss. Dalam menyelesaikan persoalan diatas tentunya diperlukan ilmu dan dasar pemahaman terlebih dahulu. Pada awalnya, saya cukup kesulitan dalam mengerjakan soal tersebut. Namun, selang waktu berjalan saya belajar dari berbagai sumber dan terus mencoba sehingga pada akhirnya saya berhasil menyelesaikan persoalan tersebut. Pada saat penyelesaian soal tersebut, saya juga mempelajari aplikasi openmodelica lebih mendalam dan mendapat beberapa ilmu baru diantaranya tentang bahasa pemrograman, looping, rumus matematika, algoritma penyelesaian masalah, dsb. Terlepas dari hasil penyelesaian yang saya buat, saya menyadari masih banyak kekurangan yang saya buat juga diantaranya: coding yang saya buat kurang rapih, penyelesaian masalah yang saya buat terlalu pajang atau bertele-tele (kurang efektif), karena sejatinya masih banyak sekali fitur-fitur pada aplikasi openmodelica yang belum saya coba. Tentunya hal tersebut dapat diatasi dengan pembelajaran lebih mendalam tentang openmodelica dan dengan terus mencoba fitur-fitur yang ada.
Sekiranya, saya sudah berusaha sebisa dan semampu saya untuk memahami dan menguasai ilmu metode numerik ini. Sering saya mengalami kesulitan baik pada saat memahami materi maupun pada saat menyelesaikan persoalan. Namun hal tersebut dapat saya atasi dengan belajar dari berbagai sumber seperti buku, website bahkan video dari youtube. Disisi lain, pada beberapa kesempatan, saya juga telah belajar dan berdiskusi bersama teman saya yang lebih mengerti apabila saya menemukan kesulitan yang penyelesaiannya tidak ada pada buku dan internet ataupun bila saya kurang yakin dengan hasil perhitungan atau model yang saya buat.

Pertemuan 7 [Selasa, 15 Desember 2020]

Pada pertemuan ini kami belajar tentang aplikasi metode numerik dalam kasus optimisasi

Pertemuan 8 [Selasa, 22 Desember 2020]

UJIAN AKHIR SEMESTER