Difference between revisions of "Irfan Setio Leksono"

From ccitonlinewiki
Jump to: navigation, search
Line 3: Line 3:
 
Teknik Perkapalan
 
Teknik Perkapalan
  
      Pada hari Rabu tanggal 6 Februari 2019, saya dan teman teman mahasiswa teknik perkapalan yang lain mengikuti kelas mata kuliah Metode Numerik di LabPuskom FTUI. Dr. Ahmad Indra adalah fasilitator kami pada hari itu, beliau kerap disapa dengan panggilan Pak DAI, yaitu singkatan dari nama beliau, beliau adalah salah satu dosen dari Departemen Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Indonesia.
+
Pada hari Rabu tanggal 6 Februari 2019, saya dan teman teman mahasiswa teknik perkapalan yang lain mengikuti kelas mata kuliah Metode Numerik di LabPuskom FTUI. Dr. Ahmad Indra adalah fasilitator kami pada hari itu, beliau kerap disapa dengan panggilan Pak DAI, yaitu singkatan dari nama beliau, beliau adalah salah satu dosen dari Departemen Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Indonesia.
      Jadi menurut penjabaran dari pak DAI, Tujuan dari mempelajari metode numerik ini antara lain :
+
Jadi menurut penjabaran dari pak DAI, Tujuan dari mempelajari metode numerik ini antara lain :
      - untuk memahami konsep/prinsip dan mampu menerapkannya
+
- untuk memahami konsep/prinsip dan mampu menerapkannya
      - menjadi orang yang lebih mengenal siapa dirinya
+
- menjadi orang yang lebih mengenal siapa dirinya
  
      Pada hari itu pak DAI juga mengatakan bahwa "matematika itu bisa membantu dan bisa juga menyesatkan, jadi harus mengerti bahasa matematika yang anda tulis". Menurut saya pernyataan itu sangat tepat karena kita sebagai mahasiswa Fakultas Teknik wajib memahami mataematika itu secara mendalam, agar kita tidak tersesat oleh bahasa matematika tersebut.
+
Pada hari itu pak DAI juga mengatakan bahwa "matematika itu bisa membantu dan bisa juga menyesatkan, jadi harus mengerti bahasa matematika yang anda tulis". Menurut saya pernyataan itu sangat tepat karena kita sebagai mahasiswa Fakultas Teknik wajib memahami mataematika itu secara mendalam, agar kita tidak tersesat oleh bahasa matematika tersebut.
      Sebagai mahasiswa kitapun tidak boleh mengikuti dosen secara "blind follower", taklit, atau fanatik. Sebaiknya kita mahasiswa dapat mengargumentasikan apa yang diberikan oleh dosen agar mahasiswa dapat berpikir rasional dan kreatif.
+
Sebagai mahasiswa kitapun tidak boleh mengikuti dosen secara "blind follower", taklit, atau fanatik. Sebaiknya kita mahasiswa dapat mengargumentasikan apa yang diberikan oleh dosen agar mahasiswa dapat berpikir rasional dan kreatif.
      Saat itu pak DAI juga memberikan salah satu contoh soal matematika yaitu A=x^-1/x-1, jika x=1, maka berapa nilai A?
+
Saat itu pak DAI juga memberikan salah satu contoh soal matematika yaitu A=x^-1/x-1, jika x=1, maka berapa nilai A?
 
Dari salah satu sudut pandang mahasiswa yang ada di kelas ini, soal ini dapat diselesaikan dengan pendekatan limit, jika dengan pendekatan limit maka persamaan A tersebut didifferensialkan terlebih dahulu, lalu nilai x tersebut digantikan oleh nilai 1, sehingga didapatkan hasil A=2.
 
Dari salah satu sudut pandang mahasiswa yang ada di kelas ini, soal ini dapat diselesaikan dengan pendekatan limit, jika dengan pendekatan limit maka persamaan A tersebut didifferensialkan terlebih dahulu, lalu nilai x tersebut digantikan oleh nilai 1, sehingga didapatkan hasil A=2.
  

Revision as of 23:18, 12 February 2019

Irfan Setio Leksono 1606883644 Teknik Perkapalan

Pada hari Rabu tanggal 6 Februari 2019, saya dan teman teman mahasiswa teknik perkapalan yang lain mengikuti kelas mata kuliah Metode Numerik di LabPuskom FTUI. Dr. Ahmad Indra adalah fasilitator kami pada hari itu, beliau kerap disapa dengan panggilan Pak DAI, yaitu singkatan dari nama beliau, beliau adalah salah satu dosen dari Departemen Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Indonesia. Jadi menurut penjabaran dari pak DAI, Tujuan dari mempelajari metode numerik ini antara lain : - untuk memahami konsep/prinsip dan mampu menerapkannya - menjadi orang yang lebih mengenal siapa dirinya

Pada hari itu pak DAI juga mengatakan bahwa "matematika itu bisa membantu dan bisa juga menyesatkan, jadi harus mengerti bahasa matematika yang anda tulis". Menurut saya pernyataan itu sangat tepat karena kita sebagai mahasiswa Fakultas Teknik wajib memahami mataematika itu secara mendalam, agar kita tidak tersesat oleh bahasa matematika tersebut. Sebagai mahasiswa kitapun tidak boleh mengikuti dosen secara "blind follower", taklit, atau fanatik. Sebaiknya kita mahasiswa dapat mengargumentasikan apa yang diberikan oleh dosen agar mahasiswa dapat berpikir rasional dan kreatif. Saat itu pak DAI juga memberikan salah satu contoh soal matematika yaitu A=x^-1/x-1, jika x=1, maka berapa nilai A? Dari salah satu sudut pandang mahasiswa yang ada di kelas ini, soal ini dapat diselesaikan dengan pendekatan limit, jika dengan pendekatan limit maka persamaan A tersebut didifferensialkan terlebih dahulu, lalu nilai x tersebut digantikan oleh nilai 1, sehingga didapatkan hasil A=2.

Outline Metode Numerik : 1. Algoritma, Flowchart, pemrograman, metode literative 2. Penyelesaian persamaan aljabar simultan 3. Differensial dan Integral 4. Optimasi 5. Studi Kasus