Difference between revisions of "Timothy J Sirait"

From ccitonlinewiki
Jump to: navigation, search
Line 10: Line 10:
  
 
Sistem lain yang saya gunakan adalah sistem gas bertekanan hidrogen, dimana hidrogen dari dalam tabung dikeluarkan dengan tekanan sebesar 0.5 bar ke dalam alat yang bernama fuel cell. Tetapi, sama halnya dengan fuel sistem mesin, sistem ini belum bisa dibilang energi pneumatic secara keseluruhan.
 
Sistem lain yang saya gunakan adalah sistem gas bertekanan hidrogen, dimana hidrogen dari dalam tabung dikeluarkan dengan tekanan sebesar 0.5 bar ke dalam alat yang bernama fuel cell. Tetapi, sama halnya dengan fuel sistem mesin, sistem ini belum bisa dibilang energi pneumatic secara keseluruhan.
 +
 +
Tetapi terdapat satu sistem lagi yang saya gunakan yang terdapat fluida bertekanan, yaitu udara. Jadi pada sistem ini saya gunakan sebagai transmisi. Cara kerjanya adalah terdapat dog clutch yang sisi 1 menempel pada ban dan sisi 1 lagi menempel pada flange. Pada flange itu terdapat gear yang terhubung dengan rantai yang berfungsi untuk mengalirkan energi dari motor listrik ke ban. Tetapi flange dan ban tidak selalu bersatu. Karena sistem kerja mobil adalah gliding atau menggelinding. Jadi setelah digas ban akan menggelinding. Oleh karena itu dog clutch tidak boleh selalu terhubung, maka dari itu digunakan sistem pneumatic, yaitu udara bertekanan untuk mendorong flange sehingga dog clutch pada flange menempel dengan dog clutch pada ban. Tekanan yang digunakan sekitar 90 psi untuk mendorong flange. Untuk mekanisme flange balik adalah dengan pegas. Sehingga, sistem pneumatic ini harus mempunyai gaya yang cukup untuk mendorong berat flange, gear, dan juga melawan gaya pegas.
 +
 +
Jadi sistem pneumatic yang tepat adalah sistem yang menggunakan fluida bertekanan untuk menghasilkan gerakan mekanis, bukan sebagai pendorong fluida lain saja. Selain itu, pneumatic umumnya digunakan pada tekanan yang lebih tinggi seperti 90 psi.
 +
 +
Sistem pneumatic adalah sistem yang dianggap lebih aman dan lebih ringan dibandingkan sistem hidrolit atau elektrik.

Revision as of 14:09, 18 November 2024

Hallo semua nama saya Timothy Joanthan Sirait, lebih mudahnya dipanggil Moty.

Senin, 18 November 2024

Pada hari ini kita akan membahas mengenai pneumatic sistem.

Jadi pneumatic sistem adalah sistem yang menggunakan energi dari fluida bertekanan. Beberapa sistem yang pernah saya gunakan terdapat gas bertekanan adalah fuel sistem dari mesin pembakaran dalam. Jadi untuk mengalirkan bensin ke intake mesin melalui injector, digunakan tekanan udara untuk mnedorong bensin ke dalam mesin. Tetapi hal ini masih kurang tepat dengan penggunaan sistem pneumatic karena gerakan mekanis yang terjadi minim atau tidak ada.

Sistem lain yang saya gunakan adalah sistem gas bertekanan hidrogen, dimana hidrogen dari dalam tabung dikeluarkan dengan tekanan sebesar 0.5 bar ke dalam alat yang bernama fuel cell. Tetapi, sama halnya dengan fuel sistem mesin, sistem ini belum bisa dibilang energi pneumatic secara keseluruhan.

Tetapi terdapat satu sistem lagi yang saya gunakan yang terdapat fluida bertekanan, yaitu udara. Jadi pada sistem ini saya gunakan sebagai transmisi. Cara kerjanya adalah terdapat dog clutch yang sisi 1 menempel pada ban dan sisi 1 lagi menempel pada flange. Pada flange itu terdapat gear yang terhubung dengan rantai yang berfungsi untuk mengalirkan energi dari motor listrik ke ban. Tetapi flange dan ban tidak selalu bersatu. Karena sistem kerja mobil adalah gliding atau menggelinding. Jadi setelah digas ban akan menggelinding. Oleh karena itu dog clutch tidak boleh selalu terhubung, maka dari itu digunakan sistem pneumatic, yaitu udara bertekanan untuk mendorong flange sehingga dog clutch pada flange menempel dengan dog clutch pada ban. Tekanan yang digunakan sekitar 90 psi untuk mendorong flange. Untuk mekanisme flange balik adalah dengan pegas. Sehingga, sistem pneumatic ini harus mempunyai gaya yang cukup untuk mendorong berat flange, gear, dan juga melawan gaya pegas.

Jadi sistem pneumatic yang tepat adalah sistem yang menggunakan fluida bertekanan untuk menghasilkan gerakan mekanis, bukan sebagai pendorong fluida lain saja. Selain itu, pneumatic umumnya digunakan pada tekanan yang lebih tinggi seperti 90 psi.

Sistem pneumatic adalah sistem yang dianggap lebih aman dan lebih ringan dibandingkan sistem hidrolit atau elektrik.