Difference between revisions of "Daffa Ardhantama"

From ccitonlinewiki
Jump to: navigation, search
Line 9: Line 9:
  
 
>> Bagaimana cara menghitung tekanan dan gaya total yang diterima oleh kampas rem? Jawaban: Pada perhitungan seberapa besar tekanan yang diterima oleh kampas kita dapat menggunakan hukum pascal (F1/a1 = F2/a2).
 
>> Bagaimana cara menghitung tekanan dan gaya total yang diterima oleh kampas rem? Jawaban: Pada perhitungan seberapa besar tekanan yang diterima oleh kampas kita dapat menggunakan hukum pascal (F1/a1 = F2/a2).
 +
 
F1 = Input gaya dari pengemudi
 
F1 = Input gaya dari pengemudi
 +
 
a1 = Luas permukaan bore pada master cylinder
 
a1 = Luas permukaan bore pada master cylinder
 +
 
F2 = Gaya yang dicari
 
F2 = Gaya yang dicari
 +
 
a2 = Luas permukaan piston
 
a2 = Luas permukaan piston
  
 
dengan ini kita dapat mencari gaya output (F2) dan tekanan (F2/a2) pada sistem hidrolik rem kaliper mobil.
 
dengan ini kita dapat mencari gaya output (F2) dan tekanan (F2/a2) pada sistem hidrolik rem kaliper mobil.

Revision as of 13:48, 18 November 2024

Hai saya Daffa Ardhantama

Pada page ini saya dan pembaca wikipage akan belajar bersama mengenai sistem Hidrolik dengan bantuan AI dan Internet seperti Youtube, google, dan ChatGPT

Mari kita mulai dari apa itu sistem hidrolik >> Sistem hidrolik adalah teknologi yang menggunakan cairan bertekanan untuk mentransfer energi dan melakukan kerja. Prinsipnya adalah hukum Pascal yang menyatakan tekanan yang diberikan ke cairan pada wadah tertutup akan diteruskan ke segala arah dengan besar yang sama (F1/a1 = F2/a2).

>> Pada studi sistem hidrolik ini, penulis akan memaparkan penjelasan menggunakan contoh penerapannya pada sistem rem kaliper pada mobil.[[1]]. Sistem bermula pada input gaya dari kaki pengemudi yang diteruskan melalui pedal pada sistem pengereman. gaya input akan diteruskan melalui master cylinder, selang rem, caliper, dan berakhir pada piston kampas rem.

>> Bagaimana cara menghitung tekanan dan gaya total yang diterima oleh kampas rem? Jawaban: Pada perhitungan seberapa besar tekanan yang diterima oleh kampas kita dapat menggunakan hukum pascal (F1/a1 = F2/a2).

F1 = Input gaya dari pengemudi

a1 = Luas permukaan bore pada master cylinder

F2 = Gaya yang dicari

a2 = Luas permukaan piston

dengan ini kita dapat mencari gaya output (F2) dan tekanan (F2/a2) pada sistem hidrolik rem kaliper mobil.