Difference between revisions of "Nazwa Atirah"

From ccitonlinewiki
Jump to: navigation, search
(Introduction)
(Design & Optimization of Compressed Hydrogen Storage)
Line 43: Line 43:
  
 
- Anggaran Maksimum: Anggaran maksimal sebesar 500.000 Rupiah.
 
- Anggaran Maksimum: Anggaran maksimal sebesar 500.000 Rupiah.
 +
 +
 +
'''Ilustrasi dan Komponen'''
 +
 +
[[File:Hydrogen_Tank.png|500x500px]]
 +
 +
Tangki hidrogen memiliki berbagai bentuk dan jenis. Bentuk bulat seperti bola digunakan untuk beberapa tangki hidrogen cair dan bentuk apa pun dapat digunakan ketika menyimpan hidrogen pada tekanan mendekati tekanan atmosfer. Namun, bentuk yang paling umum dari tangki hydrogen adalah silinder. Berikut merupakan komponen yang umumnya terdapat pada sebuah tangki hidrogen:
 +
 +
'''Liner''' atau lapisan dalam pada tangki berfungsi untuk menahan hidrogen di dalam ruang penyimpanan tangki. Lapisan tersebut mungkin dikelilingi oleh lapisan luar atau '''Outer Wrapping''' yang berfungsi untuk menstabilkan Liner terhadap tekanan fisik yang diberikan saat hidrogen disimpan pada tekanan tinggi dan menciptakan lapisan insulasi termal tambahan (tangki hidrogen tekanan tinggi). '''Neck''' atau leher tangki adalah tempat hidrogen dimasukkan dan dikeluarkan dari tangki, dan terhubung ke '''valve''' (katup) atau selang tangki hidrogen yang memungkinkan masukan dan keluaran hydrogen yang terkendali. Biasanya, terdapat juga katup keselamatan dan mungkin juga sensor atau konstruksi katup tangki hydrogen yang lebih kompleks yang memungkinkan pengaturan tekanan tambahan. '''End plug''' atau tutup akhir opsional adalah pembukaan sekunder pada tangki.

Revision as of 01:15, 29 May 2023

Introduction

Nazwa Atirah.jpg

Halo semua, perkenalkan saya Nazwa Atirah

NPM: 2106652505


Design & Optimization of Compressed Hydrogen Storage

Latar Belakang

Pemilihan hidrogen sebagai bahan bakar ramah lingkungan didasarkan pada kebutuhan untuk mengurangi emisi gas rumah kaca dan mencari alternatif energi yang bersih dan berkelanjutan. Hidrogen dianggap sebagai salah satu solusi potensial untuk menggantikan bahan bakar fosil karena menghasilkan energi dengan hanya menghasilkan air sebagai produk sampingan.


Berikut merupakan latar belakang utama pembuatan compressed hydrogen tank adalah sebagai berikut:

1. Reduksi Emisi: Penggunaan hydrogen sebagai bahan bakar memiliki potensi untuk mengurangi emisi gas rumah kaca dan polutan udara. Saat digunakan dalam kendaraan bertenaga hidrogen, tidak ada emisi langsung dari knalpot, hanya air yang dihasilkan sebagai hasil pembakaran. Ini berkontribusi pada upaya global dalam mengurangi dampak negatif transportasi terhadap lingkungan.

2. Energi Alternatif: Dalam menghadapi keterbatasan bahan bakar fosil dan perubahan iklim, hidrogen dapat dihasilkan dari sumber energi terbarukan seperti energi surya atau energi angin. Dengan menggunakan compressed hydrogen tank, energi yang dihasilkan dari sumber-sumber ini dapat disimpan dan diangkut dengan efisien untuk digunakan di berbagai aplikasi, termasuk kendaraan bertenaga hidrogen dan sistem penyimpanan energi.

3. Efisiensi Penyimpanan: Compressed hydrogen tank memungkinkan penyimpanan hydrogen dalam volume yang relatif kecil dengan kepadatan energi yang tinggi. Ini memungkinkan pengangkutan yang efisien dan penggunaan hidrogen sebagai bahan bakar portabel atau untuk aplikasi di mana ruang terbatas.

4. Penelitian dan Pengembangan: Industri hydrogen terus melakukan penelitian dan pengembangan untuk meningkatkan teknologi tangki hydrogen terkompresi, termasuk penggunaan material yang lebih ringan dan kuat serta pengembangan metode pengisian dan pengosongan yang lebih cepat dan aman.


Dalam rangka mengurangi ketergantungan pada bahan bakar fosil dan mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan, pembuatan compressed hydrogen tank sebagai bahan bakar ramah lingkungan merupakan langkah penting menuju keberlanjutan energi dan melindungi lingkungan alam kita.


Spesifikasi

Berikut adalah ringkasan spesifikasi sistem penyimpanan hydrogen terkompresi sesuai dengan kebutuhan pelanggan:

- Volume Tangki Penyimpanan: Sekitar 1 liter.

- Tekanan Hydrogen: Dikompresi hingga tekanan manometer 8 bar.

- Kondisi Operasional Normal: Dirancang untuk suhu dan kelembaban ruangan.

- Port Input dan Output: Memiliki port terpisah untuk pengisian dan pengeluaran hydrogen.

- Regulator Tekanan: Dilengkapi dengan regulator tekanan pada port output untuk mengatur tekanan sesuai kebutuhan.

- Anggaran Maksimum: Anggaran maksimal sebesar 500.000 Rupiah.


Ilustrasi dan Komponen

Hydrogen Tank.png

Tangki hidrogen memiliki berbagai bentuk dan jenis. Bentuk bulat seperti bola digunakan untuk beberapa tangki hidrogen cair dan bentuk apa pun dapat digunakan ketika menyimpan hidrogen pada tekanan mendekati tekanan atmosfer. Namun, bentuk yang paling umum dari tangki hydrogen adalah silinder. Berikut merupakan komponen yang umumnya terdapat pada sebuah tangki hidrogen:

Liner atau lapisan dalam pada tangki berfungsi untuk menahan hidrogen di dalam ruang penyimpanan tangki. Lapisan tersebut mungkin dikelilingi oleh lapisan luar atau Outer Wrapping yang berfungsi untuk menstabilkan Liner terhadap tekanan fisik yang diberikan saat hidrogen disimpan pada tekanan tinggi dan menciptakan lapisan insulasi termal tambahan (tangki hidrogen tekanan tinggi). Neck atau leher tangki adalah tempat hidrogen dimasukkan dan dikeluarkan dari tangki, dan terhubung ke valve (katup) atau selang tangki hidrogen yang memungkinkan masukan dan keluaran hydrogen yang terkendali. Biasanya, terdapat juga katup keselamatan dan mungkin juga sensor atau konstruksi katup tangki hydrogen yang lebih kompleks yang memungkinkan pengaturan tekanan tambahan. End plug atau tutup akhir opsional adalah pembukaan sekunder pada tangki.