Difference between revisions of "Farhan Syahputra Derajat"
Line 117: | Line 117: | ||
== Tugas Metnum FEM == | == Tugas Metnum FEM == | ||
+ | import numpy as np | ||
+ | from numpy import array | ||
+ | |||
+ | #1. Menentukan jumlah masa pegas | ||
+ | N= eval(input('berapa jumlah pegas pada sistem ini?')) | ||
+ | |||
+ | #nilai dari node | ||
+ | ni=N+1 | ||
+ | |||
+ | #Mendefinisikan nilai K | ||
+ | K= np.zeros((ni,ni),float) | ||
+ | #nilai K sama dengan jumlah node nya | ||
+ | |||
+ | #2. Mendefinisikan konstanta pegas | ||
+ | n_k=np.zeros(N) | ||
+ | |||
+ | for i in range (0,N): | ||
+ | print('berapakah nilai konstanta pegas yang ke-',i+1,' ?') | ||
+ | n_k[i]= eval(input()) | ||
+ | |||
+ | #3.Membuat nilai global matriks kekauann | ||
+ | K[0,0]=n_k[0] | ||
+ | K[N,N]=n_k[N-1] |
Revision as of 11:41, 13 March 2019
Contents
'Pertemuan Pertama '
metode numerik merupakan sebuah metode untuk menyelesaikan permasalahan dengan formulasi matematis. Dalam pembelajaran bapak Dr. Ahmad Indra atau biasa dipanggil Bapak DAI mengatakan bahwa inti dari pembelajaran metode numerik yaitu pertama memahami konsep atau prinsip dan mampu menerapkannya, kedua yaitu mampu menjadi orang yang lebih mengenal siapa dirinya. Karena dengan menjadi pribadi yang mengenal siapa dirinya tentu akan mampu mempelajari metode numerik dengan pemahaman bukan dengan hafalan. Dalam metode numerik terdapat rangkain pembelajaran didalamnya diantarnya yaitu :
1. Algoritma -> flowchart -> pemograman-> metode literatur 2. Penyelesaian Persamaan Aljabar Simultan 3. Diferensial dan integral 4. Optimasi 5. Studi kasus
Dalam metode numerik tidak luput dari yang namanya kalkulus, kalkulus dalam metode numerik itu sendiri adalah pembawaan untuk menyampaikan notasi logic dalam engineering. Dalam pembelajaran metode numerik bapak DAI menyampaikan bahwa matematika itu dapat membantu kita dalam menyelesaikan segala hal dapat pula menjadi menyesatkan diri sendiri. kita sebagai manusia yang berakal harus melihat baik baik apakah yang diterima itu baik dan tidak menyesatkan.
"RESUME METNUM PERTAMA"
Metode numerik merupakan sebuah metode untuk menyelesaikan permasalahan dengan formulasi matematis. Dalam pembelajaran bapak Dr. Ahmad Indra atau biasa dipanggil Bapak DAI mengatakan bahwa inti dari pembelajaran metode numerik yaitu pertama memahami konsep atau prinsip dan mampu menerapkannya, kedua yaitu mampu menjadi orang yang lebih mengenal siapa dirinya. Karena dengan menjadi pribadi yang mengenal siapa dirinya tentu akan mampu mempelajari metode numerik dengan pemahaman bukan dengan hafalan. Dalam metode numerik tidak luput dari yang namanya kalkulus, kalkulus dalam metode numerik itu sendiri adalah pembawaan untuk menyampaikan notasi logic dalam engineering. Dalam metode numerik terdapat rangkain pembelajaran didalamnya diantarnya yaitu :
1. Algoritma -> flowchart -> pemograman-> metode literatur 2. Penyelesaian Persamaan Aljabar Simultan 3. Diferensial dan integral 4. Optimasi 5. Studi kasus
Dalam pembelajaran metode numerik bapak DAI menyampaikan bahwa matematika itu dapat membantu kita dalam menyelesaikan segala hal dapat pula menjadi menyesatkan diri sendiri. Akan lebih baik jika kita sebagai manusia yang diberi akal untuk melihat kembali mana yang baik maupun buruk jangan lah menjadi blind follower . Beliu juga menyampaikan bahwa prasyarat mengikuti kelas beliau adalah berakal, karna akal adalah tali yang mengikat pikiran kita agar tetap pada koridor manusiawi.
"PERTEMUAN METNUM KEDUA "
"RESUME METNUM KEDUA"
"Tugas Metnum"
Python 3.7.1 (v3.7.1:260ec2c36a, Oct 20 2018, 14:05:16) [MSC v.1915 32 bit (Intel)] on win32 Type "help", "copyright", "credits" or "license()" for more information. >>> print ('TUGAS METNUM') print ('misalkan terdapat persamaan linier dua variable \n ax+by=c \n px+qy=r') a= float(input('nilai a=')) b= float(input('nilai b=')) c= float(input('nilai c=')) p= float(input('nilai p=')) q= float(input('nilai q=')) r= float(input('nilai r='))
if a==p:
k=b-q j=c-r y=j/k x=(c-(b*y))/a print ('nilai x',x,'nilai y',y)
elif a==0:
y=c/b x=(r-(q*y))/p print('nilai x', x, 'nilai y', y)
elif b==0:
x=c/a y=(r-(p*x))/q print('nilai x', x, 'nilai y', y)
elif p==0:
y=r/q x=(c-(b*y))/a print('nilai x', x, 'nilai y', y)
elif q==0:
x=r/q y=(c-(a*x))/b print('nilai x', x, 'nilai y', y)
elif a!=p:
s=(a*p) t=(b*p) u=(c*p) ss=(p*a) tt=(q*a) uu=(r*a) x=(u-uu)/(t-tt) y=(c-(a*x))/b print('nilai x=', x, 'nilai y=', y) input()
Pertemuan 3
PHYTON merupakan alat komunikasi matematis. Untuk mengerti hal tersebut kita harus mengerti perhitungan matematis nya tersebut seperti halnya perhitungan aljabar linier yaitu matriks. phyton hanya bisa menjalankan operasi (+),(-),(/),(*).
contoh matriks 3x3
n= jumlah baris/kolom i= baris ke ... j= kolom k= pivot
misal : kolom A 1.U21-U11(x1) 2.U31-U11(x2) 3.U41-U11(x3)
kolom B U32-U22(X) U42-U22(X)
inti dari permasalah ini adalah pola.Di pythion kita dapat melakukan berbagai perhitungan banyak data dengan sebuah pola.
Pertemuan keempat
TUGAS METNUM
Tugas Metnum FEM
import numpy as np from numpy import array
- 1. Menentukan jumlah masa pegas
N= eval(input('berapa jumlah pegas pada sistem ini?'))
- nilai dari node
ni=N+1
- Mendefinisikan nilai K
K= np.zeros((ni,ni),float)
- nilai K sama dengan jumlah node nya
- 2. Mendefinisikan konstanta pegas
n_k=np.zeros(N)
for i in range (0,N):
print('berapakah nilai konstanta pegas yang ke-',i+1,' ?') n_k[i]= eval(input())
- 3.Membuat nilai global matriks kekauann
K[0,0]=n_k[0] K[N,N]=n_k[N-1]