Difference between revisions of "Musyafi Albar"

From ccitonlinewiki
Jump to: navigation, search
(Pembaahasan)
(Tugas 2)
Line 57: Line 57:
 
Membuat open modecalica dengan specializtion Class persamaan aljabar simultan
 
Membuat open modecalica dengan specializtion Class persamaan aljabar simultan
  
'''function'''
+
'''function P'''
  
function Gauss_Jordan
+
input Real A[4,4];
input Real A[4,4];
+
input Real B[4];
input Real B[4];
+
output Real X[4];  
output Real X[4];
 
algorithm
 
X:=Modelica.Math.Matrices.solve(A,B);
 
end Gauss_Jordan;
 
  
'''class'''
+
algorithm
 +
X:=Modelica.Math.Matrices.solve(A,B);
  
class SPL
+
end P;
parameter Real P[4,4]=[1,2,3,4;
+
 
                       5,6,7,8;
+
'''class O'''
                       9,10,11,12];
+
 
parameter Real
+
parameter Real A[4,4]=[8,-9,1,-8;
B[4]={1,2,3,4};
+
                      -3,-1,5,4;
Real X[4];
+
                       -2,-1,-3,8;
equation
+
                       -2,-8,-1,2];
X=Gauss_Jordan(A,B);
+
parameter Real
end SPL;
+
B[4]={80,7,-30,18};
 +
Real X[4];
 +
 
 +
equation
 +
X=P(A,B);
 +
 
 +
end O;

Revision as of 15:42, 25 November 2020

Biodata
Mus.jpg
Nama Musyafi Albar
NPM 1906379094
Email musyafi.albar@ui.ac.id
Youtube https://youtu.be/QTFApGHD76Y


Musyafi Albar

Perkenalkan nama saya Musyafi Albar (NPM 1906379094) biasa dipanggil Mus. Saya Adalah mahasiswa Teknik Mesin angkatan 2019 dari Fakultas Teknik Universitas Indonesia. Saya memiliki ketertarikan kepada bidang mesin karena dirasa jurusan tersebut memiliki rana yang luas untuk dunia kerjanya. Pada Pelajaran metnum sebelumnya saya telah mempelajari tentang persamaan, istilah algoritma, kurva, regresi, differensial, parsial

Catatan Minggu Pertama (11 November 2020)

Tujuan Pembelajaran

  • Memahami konsep dan prinsip dasar metode numerik
  • Dapat menerapkan pemahaman yang didapatkan dalam mata kuliah Metode Numerik
  • Mampu menerapkan pemahaman metode numerik dalam bidang keteknikan
  • Membentuk kita menjadi orang yang lebih beradab

Manfaat Belajar bagi Diri Saya Sendiri

Menurut saya, pembelajaran adalah suatu proses penambahan kualitas diri. Saya merasa dengan belajar kita bisa memahami berbagai macam hal yang dapat menambah kualitas pada diri sendiri. Hasil dari penambahan kualitas tersebut berupa pemanfaatan hal yang telah dipelajari, diaplikasikan di kehidupan nyata. Sebagai contoh kita belajar pendidikan dari sd hingga sma untuk menambah kualitas diri dan digunakan untuk menempuh belajar di Kuliah.

Komputer dalam Metode Numerik

Komputer merupakan alat hitung yang cepat. Kualitas dari komputer bergantung pada spesifikasi pembuatannya. Penggunaan dari alat tersebut juga bergantung pada pemakainya.

Tugas 1

Berikut merupakan video penjelasan aplikasi OpenModelica untuk menyelesaikan suatu Sistem Persamaan

Catatan Minggu Pertama (18 November 2020)

Pembahasan

Pada kuliah pertemuan ke 2 dibahas tentang penggungan Openmodelica Sesi Tanya jawab :

Mengapa menggunakan openmodelica : Karena openmodelica merupakan bahasa permodolen yang gratis. Apa Perbedaan constan real dengan parameter real : untuk mengganti variabel pada simulasi jika menggunakan comand constan real diperlukan simulate ulangsedangkan dengan menggunakan comand parameter real tidak perlu simulate ulang hanya dengan mengganti variabel xnya

Penyataan Penting Openmodelica merupakan object oriented. Pada modelica specialization model digunakan untuk menyelesaikan suatu fungsi sedangankan class digunakan untuk penggabungan fungsi-fungsi. Setiap specializtion digunakan untuk tujuan yang berbeda-beda dengan mempunyai kelebihan dan kelemahan.

Tugas 2

Membuat open modecalica dengan specializtion Class persamaan aljabar simultan

function P

input Real A[4,4]; input Real B[4]; output Real X[4];

algorithm X:=Modelica.Math.Matrices.solve(A,B);

end P;

class O

parameter Real A[4,4]=[8,-9,1,-8;

                      -3,-1,5,4;
                      -2,-1,-3,8;
                      -2,-8,-1,2];

parameter Real B[4]={80,7,-30,18}; Real X[4];

equation X=P(A,B);

end O;