Difference between revisions of "Muhammad Fairuz Daffa"
Fairuzdaffa (talk | contribs) (→PJJ Pertemuan-2 Rabu, 1 April 2020) |
Fairuzdaffa (talk | contribs) |
||
Line 43: | Line 43: | ||
3. Hukum konservasi Energi : dE/dt = W + Q | 3. Hukum konservasi Energi : dE/dt = W + Q | ||
− | + | ||
Lalu Pak Dai kembali menyampaikan tentang rumus Bilangan Reynolds | Lalu Pak Dai kembali menyampaikan tentang rumus Bilangan Reynolds | ||
Line 53: | Line 53: | ||
Lalu Bang Edo menjelaskan tentang penggunaan aplikasi paraView untuk contoh soal yang diberikan oleh Pak Dai. | Lalu Bang Edo menjelaskan tentang penggunaan aplikasi paraView untuk contoh soal yang diberikan oleh Pak Dai. | ||
+ | |||
+ | |||
+ | == PJJ Pertemuan 3 Selasa, 7 April 2020 == | ||
+ | |||
+ | == PJJ Pertemuan 4 Rabu, 8 April 2020 == | ||
+ | |||
+ | == PJJ Pertemuan 5 Selasa 14 April 2020 == | ||
+ | |||
+ | == PJJ Pertemuan 6 Rabu 15 April 2020 == | ||
+ | |||
+ | == PJJ Pertemuan 7 Selasa 21 April 2020 == | ||
+ | |||
+ | == PJJ Pertemuan 8 Rabu, 22 April 2020 == | ||
+ | |||
+ | == PJJ Pertemuan 9 Selasa, 28 April 2020 == | ||
+ | |||
+ | == PJJ Pertemuan 10 Rabu 29 April 2020 == | ||
+ | |||
+ | == Tugas Besar: Analisis bentuk helm sepeda balap dan besarnya drag yang dihasilkan == | ||
+ | |||
+ | Pada balapan sepeda ada banyak faktor yang menentukan siapa yang paling cepat. Selain faktor endurance atau stamina yang dimiliki seorang pembalap, ada faktor equipment dari pembalap yang tidak boleh sembarangan, seperti jenis sepeda, jenis shifter, besar ban dan juga bentuk helm dari pembalap. | ||
+ | |||
+ | [[File:Aaa.jpg|300px|]] [[File:Bbb.jpg|300px|]] | ||
+ | |||
+ | Seperti yang kita ketahui, bentuk helm sepeda ada beragam. Bagi pembalap sepeda bentuk dari helm mereka bisa menjadi hal yang krusial dalam balapan. Selain bobot dari helm, bentuk dari helm tersebut bisa mempengaruhi gaya drag yang dihasilkan. Dengan bentuk helm yang aerodinamis pembalap bisa mengurangi drag yang dihasilkan. |
Revision as of 23:33, 4 May 2020
Contents
- 1 Biodata Diri
- 2 PJJ Pertemuan 1 (Selasa, 31 Maret 2020)
- 3 PJJ Pertemuan-2 Rabu, 1 April 2020
- 4 PJJ Pertemuan 3 Selasa, 7 April 2020
- 5 PJJ Pertemuan 4 Rabu, 8 April 2020
- 6 PJJ Pertemuan 5 Selasa 14 April 2020
- 7 PJJ Pertemuan 6 Rabu 15 April 2020
- 8 PJJ Pertemuan 7 Selasa 21 April 2020
- 9 PJJ Pertemuan 8 Rabu, 22 April 2020
- 10 PJJ Pertemuan 9 Selasa, 28 April 2020
- 11 PJJ Pertemuan 10 Rabu 29 April 2020
- 12 Tugas Besar: Analisis bentuk helm sepeda balap dan besarnya drag yang dihasilkan
Biodata Diri
Nama: Muhammad Fairuz Daffa Sipahutar
NPM: 1806181716
Fakultas/Jurusan: Teknik/Teknik Mesin
PJJ Pertemuan 1 (Selasa, 31 Maret 2020)
Pada pertemuan pertama PJJ berjalan lancar, asisten dari Pak Ahmad Indra yaitu Bang Edo yang menyampaikan materi. Bang Edo mengawali penjelasan materi ini dengan membahas Aliran Laminar dan Turbulent serta membahas Reynolds Number, lalu memberikan tugas pada akhir penjelasan. Penjelasan materi cukup singkat dan padat. Beliau lebih banyak menjelaskan tentang aplikasi aliran fluida pada software CFDsof.
Adapun tugas yang harus dikerjakan adalah:
1. Apa yang dimaksud dengan entrance region? Entrance region adalah wilayah dimana fluida masuk sebelum mencapai fully developed flow
2. Apa yang dimaksud dengan fully developed flow? kondisi dimana kecepatan aliran sudah tidak berubah (tetap)
3. Apa yang dimaksud dengan entrance length? Panjang dari suatu aliran dari entrance region sampai mencapai fully developed flow
4. Apa pengaruh viskositas dan pressure drop pada suatu aliran fluida dalam sebuah pipa? Pressure drop adalah penurunan tekanan yang terjadi akibat adanya gesekan pada fluida yang mengalir. Pressure drop akan semakin tinggi dan berbanding lurus dengan gesekan pada fluida. Sedangkan besarnya gesekan dipengaruhi oleh viskositas dari suatu fluida.
5. Bagaimana cara menghitung pressure drop pada suatu aliran laminar atau turbulen?
Ptot = Ps + Pd keterangan : Ptot : Tekanan total Ps : Tekanan statis Pd : Tekanan dinamik --> Pd = 1/2 x p x V^2
PJJ Pertemuan-2 Rabu, 1 April 2020
Pada PJJ hari ini kita kembali menggunakan Zoom, Pak Dai memulai pertemuan dengan menjelaskan tentang 3 hukum dalam mekanika fluida. 3 hukum itu adalah
1. Hukum konservasi energi: dM/dt = 0
2. Hukum konservasi momentum : mdV/dt = ΣF
3. Hukum konservasi Energi : dE/dt = W + Q
Lalu Pak Dai kembali menyampaikan tentang rumus Bilangan Reynolds
Re = v.D.ρ/μ = v.ρ/v
keterangan: v:kecepatan D:diameter ρ:massa jenis μ:viskositas dinamik v:viskositas kinematik
Lalu Bang Edo menjelaskan tentang penggunaan aplikasi paraView untuk contoh soal yang diberikan oleh Pak Dai.
PJJ Pertemuan 3 Selasa, 7 April 2020
PJJ Pertemuan 4 Rabu, 8 April 2020
PJJ Pertemuan 5 Selasa 14 April 2020
PJJ Pertemuan 6 Rabu 15 April 2020
PJJ Pertemuan 7 Selasa 21 April 2020
PJJ Pertemuan 8 Rabu, 22 April 2020
PJJ Pertemuan 9 Selasa, 28 April 2020
PJJ Pertemuan 10 Rabu 29 April 2020
Tugas Besar: Analisis bentuk helm sepeda balap dan besarnya drag yang dihasilkan
Pada balapan sepeda ada banyak faktor yang menentukan siapa yang paling cepat. Selain faktor endurance atau stamina yang dimiliki seorang pembalap, ada faktor equipment dari pembalap yang tidak boleh sembarangan, seperti jenis sepeda, jenis shifter, besar ban dan juga bentuk helm dari pembalap.
Seperti yang kita ketahui, bentuk helm sepeda ada beragam. Bagi pembalap sepeda bentuk dari helm mereka bisa menjadi hal yang krusial dalam balapan. Selain bobot dari helm, bentuk dari helm tersebut bisa mempengaruhi gaya drag yang dihasilkan. Dengan bentuk helm yang aerodinamis pembalap bisa mengurangi drag yang dihasilkan.