Difference between revisions of "Design and Optimization of Hydrofoil Attack Angles Against Force Lift and Drag Hydrofoil Ship : Aji Suryadi"
Surya94aji (talk | contribs) |
Surya94aji (talk | contribs) |
||
Line 1: | Line 1: | ||
− | Indonesia merupakan negara maritim sehingga sektor maritim perlu dikembangkan dan kendaraan laut sangat dibutuhkan sebagai fasilitas pengembangan sektor maritim. Pengembangan efisiensi kerja kapal bisa dilakukan dengan penambahan komponen hidrofoil yang dipasang pada lambung kapal. Prinsip kerja dari hidrofoil yang terpasang pada lambung kapal adalah hidrofoil yang memiliki angle of attack akan bergesekan dengan aliran sehingga menghasilkan gaya hambat kapal searah sumbu-X dan gaya angkat kapal searah sumbu-Y. Pada penulisan tugas akhir ini penulis menganalisa mengenai pengaruh sudut serang hidrofoil terhadap gaya angkat kapal hidrofoil menggunakan NACA tipe 23021 dengan angle of attack divariasikan sebesar | + | Indonesia merupakan negara maritim sehingga sektor maritim perlu dikembangkan dan kendaraan laut sangat dibutuhkan sebagai fasilitas pengembangan sektor maritim. Pengembangan efisiensi kerja kapal bisa dilakukan dengan penambahan komponen hidrofoil yang dipasang pada lambung kapal. Prinsip kerja dari hidrofoil yang terpasang pada lambung kapal adalah hidrofoil yang memiliki angle of attack akan bergesekan dengan aliran sehingga menghasilkan gaya hambat kapal searah sumbu-X dan gaya angkat kapal searah sumbu-Y. Pada penulisan tugas akhir ini penulis menganalisa mengenai pengaruh sudut serang hidrofoil terhadap gaya angkat kapal hidrofoil menggunakan NACA tipe 23021 dengan angle of attack divariasikan sebesar 5, 10, 15, 20 ,25, dan 30 derajat serta kecepatan 0-50 knot. Pendekatan untuk melakukan penelitian menggunakan metode Computational Fluid Dynamics (CFD). Penelitian diharapkan mampu mengetahui angle of attack dengan gaya angkat terbaik yang pada setiap kecepatan, serta mengetahui kecepatan saat hidrofoil mengalami kondisi stall. |
==Initial Thinking== | ==Initial Thinking== | ||
+ | [[File:1906323994_Aji_Suryadi_Penelitian_Komptek_001.mp4|500px]] | ||
==Pemodelan Matematis== | ==Pemodelan Matematis== | ||
+ | [[File:1906323994 Aji Suryadi Penelitian Komptek 002.mp4|500px]] | ||
==Pengumpulan Data== | ==Pengumpulan Data== | ||
+ | [[File:1906323994 Aji Suryadi Penelitian Komptek 003.mp4|500px]] | ||
==Simulasi== | ==Simulasi== | ||
+ | [[File:1906323994 Aji Suryadi Penelitian Komptek 004.mp4|500px]] | ||
==Verifikasi and Validasi== | ==Verifikasi and Validasi== | ||
+ | [[File:1906323994 Aji Suryadi Penelitian Komptek 005.mp4|500px]] | ||
==Pembahasan Hasil dan Rekomendasi== | ==Pembahasan Hasil dan Rekomendasi== | ||
+ | |||
+ | [[File:1906323994 Aji Suryadi Penelitian Komptek 006.mp4|500px]] |
Revision as of 20:42, 11 April 2020
Indonesia merupakan negara maritim sehingga sektor maritim perlu dikembangkan dan kendaraan laut sangat dibutuhkan sebagai fasilitas pengembangan sektor maritim. Pengembangan efisiensi kerja kapal bisa dilakukan dengan penambahan komponen hidrofoil yang dipasang pada lambung kapal. Prinsip kerja dari hidrofoil yang terpasang pada lambung kapal adalah hidrofoil yang memiliki angle of attack akan bergesekan dengan aliran sehingga menghasilkan gaya hambat kapal searah sumbu-X dan gaya angkat kapal searah sumbu-Y. Pada penulisan tugas akhir ini penulis menganalisa mengenai pengaruh sudut serang hidrofoil terhadap gaya angkat kapal hidrofoil menggunakan NACA tipe 23021 dengan angle of attack divariasikan sebesar 5, 10, 15, 20 ,25, dan 30 derajat serta kecepatan 0-50 knot. Pendekatan untuk melakukan penelitian menggunakan metode Computational Fluid Dynamics (CFD). Penelitian diharapkan mampu mengetahui angle of attack dengan gaya angkat terbaik yang pada setiap kecepatan, serta mengetahui kecepatan saat hidrofoil mengalami kondisi stall.
Contents
Initial Thinking
Pemodelan Matematis
Pengumpulan Data
Simulasi
Verifikasi and Validasi
Pembahasan Hasil dan Rekomendasi