Difference between revisions of "Design and Optimization of Hydrofoil Attack Angles Against Force Lift and Drag Hydrofoil Ship : Aji Suryadi"
Surya94aji (talk | contribs) (Created page with "Indonesia merupakan negara maritim sehingga sektor maritim perlu dikembangkan dan kendaraan laut sangat dibutuhkan sebagai fasilitas pengembangan sektor maritim. Pengembangan...") |
Surya94aji (talk | contribs) |
||
Line 1: | Line 1: | ||
Indonesia merupakan negara maritim sehingga sektor maritim perlu dikembangkan dan kendaraan laut sangat dibutuhkan sebagai fasilitas pengembangan sektor maritim. Pengembangan efisiensi kerja kapal bisa dilakukan dengan penambahan komponen hidrofoil yang dipasang pada lambung kapal. Prinsip kerja dari hidrofoil yang terpasang pada lambung kapal adalah hidrofoil yang memiliki angle of attack akan bergesekan dengan aliran sehingga menghasilkan gaya hambat kapal searah sumbu-X dan gaya angkat kapal searah sumbu-Y. Pada penulisan tugas akhir ini penulis menganalisa mengenai pengaruh sudut serang hidrofoil terhadap gaya angkat kapal hidrofoil menggunakan NACA tipe 23021 dengan angle of attack divariasikan sebesar 50, 100, 150, 200 ,250, dan 300 serta kecepatan 0-50 knot. Pendekatan untuk melakukan penelitian menggunakan metode Computational Fluid Dynamics (CFD). Penelitian diharapkan mampu mengetahui angle of attack dengan gaya angkat terbaik yang pada setiap kecepatan, serta mengetahui kecepatan saat hidrofoil mengalami kondisi stall. | Indonesia merupakan negara maritim sehingga sektor maritim perlu dikembangkan dan kendaraan laut sangat dibutuhkan sebagai fasilitas pengembangan sektor maritim. Pengembangan efisiensi kerja kapal bisa dilakukan dengan penambahan komponen hidrofoil yang dipasang pada lambung kapal. Prinsip kerja dari hidrofoil yang terpasang pada lambung kapal adalah hidrofoil yang memiliki angle of attack akan bergesekan dengan aliran sehingga menghasilkan gaya hambat kapal searah sumbu-X dan gaya angkat kapal searah sumbu-Y. Pada penulisan tugas akhir ini penulis menganalisa mengenai pengaruh sudut serang hidrofoil terhadap gaya angkat kapal hidrofoil menggunakan NACA tipe 23021 dengan angle of attack divariasikan sebesar 50, 100, 150, 200 ,250, dan 300 serta kecepatan 0-50 knot. Pendekatan untuk melakukan penelitian menggunakan metode Computational Fluid Dynamics (CFD). Penelitian diharapkan mampu mengetahui angle of attack dengan gaya angkat terbaik yang pada setiap kecepatan, serta mengetahui kecepatan saat hidrofoil mengalami kondisi stall. | ||
+ | |||
+ | ==Initial Thinking== | ||
+ | |||
+ | |||
+ | ==Pemodelan Matematis== | ||
+ | |||
+ | |||
+ | ==Pengumpulan Data== | ||
+ | |||
+ | |||
+ | ==Simulasi== | ||
+ | |||
+ | |||
+ | ==Verifikasi and Validasi== | ||
+ | |||
+ | |||
+ | ==Pembahasan Hasil dan Rekomendasi== |
Revision as of 20:33, 11 April 2020
Indonesia merupakan negara maritim sehingga sektor maritim perlu dikembangkan dan kendaraan laut sangat dibutuhkan sebagai fasilitas pengembangan sektor maritim. Pengembangan efisiensi kerja kapal bisa dilakukan dengan penambahan komponen hidrofoil yang dipasang pada lambung kapal. Prinsip kerja dari hidrofoil yang terpasang pada lambung kapal adalah hidrofoil yang memiliki angle of attack akan bergesekan dengan aliran sehingga menghasilkan gaya hambat kapal searah sumbu-X dan gaya angkat kapal searah sumbu-Y. Pada penulisan tugas akhir ini penulis menganalisa mengenai pengaruh sudut serang hidrofoil terhadap gaya angkat kapal hidrofoil menggunakan NACA tipe 23021 dengan angle of attack divariasikan sebesar 50, 100, 150, 200 ,250, dan 300 serta kecepatan 0-50 knot. Pendekatan untuk melakukan penelitian menggunakan metode Computational Fluid Dynamics (CFD). Penelitian diharapkan mampu mengetahui angle of attack dengan gaya angkat terbaik yang pada setiap kecepatan, serta mengetahui kecepatan saat hidrofoil mengalami kondisi stall.