Difference between revisions of "Fuad Abrar"
(→Metode Numerik) |
|||
Line 1: | Line 1: | ||
==Metode Numerik== | ==Metode Numerik== | ||
− | + | ==Pendahuluan== | |
Selasa, 12 Februari 2019 | Selasa, 12 Februari 2019 | ||
Dr. Ahmad Indra | Dr. Ahmad Indra | ||
− | |||
− | |||
Prasyarat : berakal | Prasyarat : berakal | ||
Line 17: | Line 15: | ||
Materi : | Materi : | ||
# [[Algoritma, diagram alir (flow chart), dan pemograman komputer]] ; algoritma adalah susunan langkah-langkah penyelesaian | # [[Algoritma, diagram alir (flow chart), dan pemograman komputer]] ; algoritma adalah susunan langkah-langkah penyelesaian | ||
− | # [Metode iterative] | + | # [[Metode iterative;]] |
# Penyelesaian aljabar simultan | # Penyelesaian aljabar simultan | ||
# Diferensiasi dan integral | # Diferensiasi dan integral |
Revision as of 08:03, 19 February 2019
Metode Numerik
Pendahuluan
Selasa, 12 Februari 2019
Dr. Ahmad Indra
Prasyarat : berakal
Metode numerik memiliki prasyarat mendasar yaitu haruslah berakal, tidak hanya menghafal rumus-rumus saja, melainkan memikirkan rumus-rumus tersebut, serta memikirkan tentang penciptaan Tuhan. pelajaran fisika yang dipelajari adalah dalam rangka mempelajari ciptaan Tuhan.
Tujuan pembelajaran metode numerik :
- Memahami konsep-konsep, prinsip-prinsip dalam metode numerik dan mampu menerapkannya
- Menjadi lebih mengenal diri sendiri
Materi :
- Algoritma, diagram alir (flow chart), dan pemograman komputer ; algoritma adalah susunan langkah-langkah penyelesaian
- Metode iterative;
- Penyelesaian aljabar simultan
- Diferensiasi dan integral
- Optimasi
- Studi kasus
Terdapat tiga penunjang dalam pembelajaran metode numerik, yaitu :
- Brainware
- Hardware
- Software
Di dalam bidang teknik, khususnya teknik mesin ada tiga metode penyelesaian masalah :
metode analitis/teoritis, metode eksperimen menggunakan alat-alat lab, dan metode komputasi/numerik. Masing-masing metode ada perannya, metode eksperimen dapat dimaksimalkan dengan komputasi dan teori.