Difference between revisions of "Arief Kurniawan"
Line 13: | Line 13: | ||
Saat masih SMA saya menyukai pelajaran fisika, lebih tepatnya materi yang membahas mekanika. dari situ saya berpikir meneruskan ''study'' saya di Fakultas Teknik, akhirnya saya mendaftar di Teknik Perkapalan UI. Ketika mengerjakan soal mekanika saya pernah berpikir, "Pasti akan lebih mudah jika bisa dikerjakan dengan cepat menggunakan ''Software'' perhitungan, akhirnya saya mencari di internet aplikasi perhitungan fisika dan menemukan '''PHET''' [https://phet.colorado.edu/en/simulations/category/physics Phet Simulation] karena phet ini saya jadi tertarik mendalami simulasi dan '''Design Engineering''' | Saat masih SMA saya menyukai pelajaran fisika, lebih tepatnya materi yang membahas mekanika. dari situ saya berpikir meneruskan ''study'' saya di Fakultas Teknik, akhirnya saya mendaftar di Teknik Perkapalan UI. Ketika mengerjakan soal mekanika saya pernah berpikir, "Pasti akan lebih mudah jika bisa dikerjakan dengan cepat menggunakan ''Software'' perhitungan, akhirnya saya mencari di internet aplikasi perhitungan fisika dan menemukan '''PHET''' [https://phet.colorado.edu/en/simulations/category/physics Phet Simulation] karena phet ini saya jadi tertarik mendalami simulasi dan '''Design Engineering''' | ||
− | Kesibukan saya saat ini adalah menyelesaikan kewajiban pada tim lomba '''Hydros UI 2020''' yang dimana lomba tersebut bertujuan menciptakan propulsi kapal yang efisien dan hemat energi dengan tenaga penggerak motor listrik dengan bantuan Solar Panel sebagai ''supply'' energi kapal tersebut. Pada tim ini saya berada di divisi '''Body and Dynamics''' yang bertanggung jawab terhadap desain dan rancangan kapal yang akan kami manufaktur. Tentunya ada banyak masalah yang saya hadapi ketika menentukan rancangan untuk kapal tersebut diantara kekuatan struktur atau ''stiffner'' yang akan digunakan, aliran fluida yang terjadi pada body kapal dan bentuk kapal yang harus menyesuaikan barang apa saja yang akan ada di dalam kapal. Dari masalah tersebut saya menyelesaikan dengan menggunakan bantuan ''software'' seperti Maxsurf untuk mendesain bentuk kapal dan '''Solidworks''' untuk simulasi ''stress analysys'' pada struktur kapal dan aliran fluida pada kapal atau '''Computational Fluid Dynamics'''. Saya berharap di matakuliah Metodologi Numerik ini saya dapat mendalami dasar dasar pemograman yang nanti dapat membantu saya untuk melakukan simulasi atau desain yang lebih rumit nantinya, mungkin ini saja tentang saya '''terima kasih'''. | + | Kesibukan saya saat ini adalah menyelesaikan kewajiban pada tim lomba '''Hydros UI 2020''' yang dimana lomba tersebut bertujuan menciptakan propulsi kapal yang efisien dan hemat energi dengan tenaga penggerak motor listrik dengan bantuan Solar Panel sebagai ''supply'' energi kapal tersebut. Pada tim ini saya berada di divisi '''Body and Dynamics''' yang bertanggung jawab terhadap desain dan rancangan kapal yang akan kami manufaktur. Tentunya ada banyak masalah yang saya hadapi ketika menentukan rancangan untuk kapal tersebut diantara kekuatan struktur atau ''stiffner'' yang akan digunakan, aliran fluida yang terjadi pada body kapal dan bentuk kapal yang harus menyesuaikan barang apa saja yang akan ada di dalam kapal. Dari masalah tersebut saya menyelesaikan dengan menggunakan bantuan ''software'' seperti Maxsurf untuk mendesain bentuk kapal dan '''Solidworks''' untuk simulasi ''stress analysys'' pada struktur kapal dan aliran fluida pada kapal atau '''Computational Fluid Dynamics'''. Saya berharap di matakuliah Metodologi Numerik ini saya dapat mendalami dasar dasar pemograman yang nanti dapat membantu saya untuk melakukan simulasi atau desain yang lebih rumit nantinya, mungkin ini saja tentang saya '''terima kasih''' Wassalamualaikum Wr, Wb. |
== Pertemuan 1 == | == Pertemuan 1 == |
Revision as of 18:15, 13 February 2020
Biografi
بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم
Assalamualaikum Wr, Wb
Perkenalkan saya Arief Kurniawan', asal Kota Bekasi dan lahir pada 20 Juni 1999. Saat ini saya berkuliah di Jurusan Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Indonesia angkatan 2018 dengan NPM 1806202323.
Saat masih SMA saya menyukai pelajaran fisika, lebih tepatnya materi yang membahas mekanika. dari situ saya berpikir meneruskan study saya di Fakultas Teknik, akhirnya saya mendaftar di Teknik Perkapalan UI. Ketika mengerjakan soal mekanika saya pernah berpikir, "Pasti akan lebih mudah jika bisa dikerjakan dengan cepat menggunakan Software perhitungan, akhirnya saya mencari di internet aplikasi perhitungan fisika dan menemukan PHET Phet Simulation karena phet ini saya jadi tertarik mendalami simulasi dan Design Engineering
Kesibukan saya saat ini adalah menyelesaikan kewajiban pada tim lomba Hydros UI 2020 yang dimana lomba tersebut bertujuan menciptakan propulsi kapal yang efisien dan hemat energi dengan tenaga penggerak motor listrik dengan bantuan Solar Panel sebagai supply energi kapal tersebut. Pada tim ini saya berada di divisi Body and Dynamics yang bertanggung jawab terhadap desain dan rancangan kapal yang akan kami manufaktur. Tentunya ada banyak masalah yang saya hadapi ketika menentukan rancangan untuk kapal tersebut diantara kekuatan struktur atau stiffner yang akan digunakan, aliran fluida yang terjadi pada body kapal dan bentuk kapal yang harus menyesuaikan barang apa saja yang akan ada di dalam kapal. Dari masalah tersebut saya menyelesaikan dengan menggunakan bantuan software seperti Maxsurf untuk mendesain bentuk kapal dan Solidworks untuk simulasi stress analysys pada struktur kapal dan aliran fluida pada kapal atau Computational Fluid Dynamics. Saya berharap di matakuliah Metodologi Numerik ini saya dapat mendalami dasar dasar pemograman yang nanti dapat membantu saya untuk melakukan simulasi atau desain yang lebih rumit nantinya, mungkin ini saja tentang saya terima kasih Wassalamualaikum Wr, Wb.
Pertemuan 1
- Tanggal : 7 Februari 2020
- Pengajar : Dr. Ahmad Indra Siswantara
Pertemuan pertama dibuka dengan Bapak Dr. Ahmad Indra Siswantara yang biasa disapa Pak Dai, beliau membuka dengan bertanya kepada kami "apakah kalian mengenal saya?" walaupun tidak ada yang angkat tangan, 50% mahasiswa dikelas pasti mengenal beliau. Setelah itu kami dijelaskan tentang mata kuliah Metodologi Numerik ini, kemudian mulai membuat akun dan mengisi pengalaman kami di Wiki ini. Diakhir jam kuliah beliau memberi kami tugas untuk menyelesaikan perhitungan dengan menggunakan program.
Tugas Pertama Menyelesaikan fungsi tersebut menggunakan pemograman jika X = 1 berapakah nilai F(x) = ? jika secara manual soal tersebut dapat dikerjakan dengan menyederhanakan terlebih dahulu nilai dari x^-1 menjadi seperti ini kemudian akan didapatkan nilai F(1) = 2
Untuk menyelesaikan soal tersebut dengan pemograman saya menggunakan aplikasi Phyton dengan memasukan perintah seperti ini ini adalah perintah yang dibuat yang akan di jalankan
dan ini adalah hasil dari perintah yang telah di jalankan
Dapat dilihat jika kita memasukan nilai X=1 makan hasil tersebut akan muncul = 2 sesuai dengan persamaan pada soal, dan ketika kita memasukan nilai X=2,3,4, ... maka akan otomatis terhitung sesuai perintah yang telah dibuat.