Difference between revisions of "Fuad Abrar"
(→Metode Numerik) |
|||
Line 6: | Line 6: | ||
Tujuan pembelajaran metode numerik : | Tujuan pembelajaran metode numerik : | ||
− | + | # Memahami konsep-konsep, prinsip-prinsip dalam metode numerik dan mampu menerapkannya | |
− | + | # Menjadi lebih mengenal diri sendiri | |
Materi : | Materi : | ||
− | + | # Algoritma, diagram alir (flow chart), dan pemograman komputer ; algoritma adalah susunan langkah-langkah penyelesaian | |
− | + | # Metode iterative | |
− | + | # Penyelesaian aljabar simultan | |
− | + | # Diferensiasi dan integral | |
− | + | # Optimasi | |
− | + | # Studi kasus | |
Terdapat tiga penunjang dalam pembelajaran metode numerik, yaitu : | Terdapat tiga penunjang dalam pembelajaran metode numerik, yaitu : |
Revision as of 09:13, 18 February 2019
Metode Numerik
Prasyarat : berakal Metode numerik memiliki prasyarat mendasar yaitu haruslah berakal, tidak hanya menghafal rumus-rumus saja, melainkan memikirkan rumus-rumus tersebut, serta memikirkan tentang penciptaan Tuhan. pelajaran fisika yang dipelajari adalah dalam rangka mempelajari ciptaan Tuhan.
Tujuan pembelajaran metode numerik :
- Memahami konsep-konsep, prinsip-prinsip dalam metode numerik dan mampu menerapkannya
- Menjadi lebih mengenal diri sendiri
Materi :
- Algoritma, diagram alir (flow chart), dan pemograman komputer ; algoritma adalah susunan langkah-langkah penyelesaian
- Metode iterative
- Penyelesaian aljabar simultan
- Diferensiasi dan integral
- Optimasi
- Studi kasus
Terdapat tiga penunjang dalam pembelajaran metode numerik, yaitu :
- Brainware
- Hardware
- Software
Di dalam bidang teknik, khususnya teknik mesin ada tiga metode penyelesaian masalah :
metode analitis/teoritis, metode eksperimen menggunakan alat-alat lab, dan metode komputasi/numerik. Masing-masing metode ada perannya, metode eksperimen dapat dimaksimalkan dengan komputasi dan teori.