Difference between revisions of "Bagus Arya Tjitrosoemarto"
Bagus.arya (talk | contribs) |
Bagus.arya (talk | contribs) |
||
Line 1: | Line 1: | ||
Rabu, 13 Pebruari 2019. | Rabu, 13 Pebruari 2019. | ||
+ | |||
Proses-proses pemyelesaian masalah teknik : | Proses-proses pemyelesaian masalah teknik : | ||
Masalah teknis ->Model matematis ->Metode Numerik ->Algoritma ->Program komputer ->Hasil numerik ->Visualisasi ->Inteprestasi ->Solusi engineering | Masalah teknis ->Model matematis ->Metode Numerik ->Algoritma ->Program komputer ->Hasil numerik ->Visualisasi ->Inteprestasi ->Solusi engineering |
Revision as of 22:22, 17 February 2019
Rabu, 13 Pebruari 2019.
Proses-proses pemyelesaian masalah teknik : Masalah teknis ->Model matematis ->Metode Numerik ->Algoritma ->Program komputer ->Hasil numerik ->Visualisasi ->Inteprestasi ->Solusi engineering
Dalam menyelesaikan masalah teknis terdapat 3 tahapan yaitu : 1. Teori, 2. Percobaan, 3. Komputasi
Rabu,6 Pebruari 2019. Pengajar Mata Kuliah Metode Numerik : 1. Dr. Ahmad Indra 2. Dr. Gunawan
Tujuan perkuliahan Metode Numerik : 1. Memahami konsep atau prinsip dan mampu menerapkannya 2. Menjadi pribadi yang lebih mengenal dirinya
Metode numerik adalah suatu cara pemecahan perhitungan matematika rumit menjadi lebih sederhana dengan metode pendekatan. Metode numerik memiliki error pada solusi yang dihasilkan.
Pembalajar metode numerik secara garis besar dapat digambarkan : 1. Algoritma
I. Flowchart II. Programming III. Metode Iterative
2. Penyelesaian persamaan-persamaan aljabar simultan 3. Differential dan integral 4. Optimasi 5. Studi kasus
Salah satu referensi yang disarankan adalah Kreyszig : Advanced Engineering Mathematics
Salah satu contoh soal yang diberikan : A=(x^2-1)/(x-1);jika x=1 berapakah A? Berdasarkan kalkulus, lim x->1(x^2-1)/(x-1)didapat A = 2. Hal tersebut menyatakan bahwa nilai 1 tidak ada, melainkan hanya ada angka yang mendekati 1 agar A memiliki nilai.
Salah satu prasyarat mata kuliah metode numerik adalah menjadi mahasiswa yang berakal.