Difference between revisions of "Darell Joel Harlis"
Line 143: | Line 143: | ||
Optimasi adalah mencari nilai paling minimalis. | Optimasi adalah mencari nilai paling minimalis. | ||
+ | |||
+ | == Optimasi Minimum pada Airfoil Kelompok (Selasa, 26 September 2019) == | ||
+ | |||
+ | == Neural Network (Selasa, 3 Desember 2019) == | ||
+ | |||
+ | Memprediksi suatu data. | ||
+ | |||
+ | == Praktik Neural Network (Selasa, 10 Desember 2019) == |
Revision as of 17:55, 15 December 2019
Contents
- 1 Profil
- 2 Materi
- 3 Materi 2
- 4 MATERI 3
- 5 Tugas 1 Pak Dai
- 6 Tanggal 5 Novermber 2019
- 7 Drag Mobil Menggunakan CFDSOF_NG
- 8 Optimasi Aerodinamika Automobile
- 9 Optimasi Minimum pada Airfoil Kelompok (Selasa, 26 September 2019)
- 10 Neural Network (Selasa, 3 Desember 2019)
- 11 Praktik Neural Network (Selasa, 10 Desember 2019)
Profil
Nama: Darell Joel Harlis NPM: 1706036444
Materi
Pada Tanggal 3 September 2019 di kelas Lab puskom 207 kami diajar oleh Dr. Ir. Engkos Achmad Kosasih M.T. Kami diajar mengenai penggunaan metode numerik Taylor's Number. Taylor's Number ini dapat digunakan untuk menghitung sebuah fungsi yang belum di ketahui jawabanya. Kami diajari seperti cara membuat kalkulator dengan cara yang sederhana.
Dalam gambar tersebut dalam terlihat bahwa sebuah fungsi yang ingin kita cari contoh: kita ingin mencari sebuah sinus dari f(phi/7) maka yang kita dapat lakukan adalah menggunakan rumus umum yang paling atas dan mendapatkan sebuah pola yang adalah -x^2/2n(2n+1) Dari pola ini kita dapat memasukanya ke dalam sistem excel sehingga dapat mencari jawaban dari funsgi sin(phi/7)
Materi 2
Pada tanggal 10 September 2019 kami mempelajari mengenai pseudo code. Kami mempelajari tentang bagaimana mengsketsa menjadi code akhir. Contoh:
F(x)=sinx =x-1/6x^3+1/120x^5
i=r; error=1
suku=x
sin= suku
while error>1e-7
Ratio= -x^2/(2*1)/(2*i+1)
suku=suku *ratio
[error= abs(suku/sin)
sin=sin + suku
i=i+1
MATERI 3
Pada tanggal 17 September 2019 kami mempelajari cara untuk menurunkan numerik.
Turunan numerik bisa di nyatakan sebagai:
turunan = (f(x + x*e-6) - f(x))/(x*e-6)
Sebagai contoh sin 60:
turunan
sin60 = (sin(60+60*(10**(-10)) - sine(60))/(60*10**(-10))
29-10-2019
Pada Tanggal 29 October 2019 kami bertemu dengan dosen yang baru bernama Pak Dai, kami akan mempelajari bahasa baru yaitu bahasa pyton, kami belajar dari buku yang di berikan oleh Pak Dai.
kami membuat dasar-dasar pemograman
x=int(input("masukan angka pertama"))
y=int(input("masukan angka kedua"))
z=int(input("masukan angka ketiga"))
print("nilai maksimum angka")
print(max(x,y,z))
print("untuk keluar tekan enter")
Tugas 1 Pak Dai
dengan kodingan python seperti yang tertera di bawah import math import cmath m= float(input("massa mobil: ")) Cd= float(input("Koefisien Drag Udara: ")) Myu= float(input("koefisien gesek dinamis: ")) a= float(input("percepatan mobil: ")) g= float(9.18) #gravitational_acceleration N = float(m*g) #Normal_Force V0 = float(0) #inital_speed_value2 t0 = float(0) #initial time_value H = 1 #step_size Error = float(100) print ("data data runge kutta: ")
def Va(t0, V0): return ((m*a)-(Cd*V0**(2/3)-Myu*N)/m) while(Error>0.0005): k1 = Va(t0, V0) k2 = Va(t0 + 0.5, V0 + k1*0.5) k3 = Va(t0 + 0.5, V0 + k2*0.5) k4 = Va(t0 + 1, V0 + k3) V1 = V0 + (1/6)*(k1 + 2*k2 + 3*k3 + k4) Error = ((V1 - V0) / V1) V0 = V1 t1 = t0 + H t0 = t1 print (V1)
print ("") print ("kecepatan max mobil merupakan: ", V1) print ("waktu ke top speed: ", t0)
Tanggal 5 Novermber 2019
pada hari ini kami maju dan mempresentasikan hasil kami dengan Skhanda, dan Anisa. Kami mempelajari bahwa saat kami akan membuat sebuah kodingan ada beberapa tahap yang harus di pernuhi yaitu, brainware yaitu pola berpikir kita lalu modeling demudian analisis menggunakan CFD dan lain-lain. Runge kutta Method Persamaan Diferensial Biasa (PDB) adalah persamaan yang melibatkan satu atau lebih turunan fungsi satu peubah. Metode Runge-Kutta adalah cara lain dari metode deret Taylor yang tidak membutuhkan perhitungan turunan. Metode ini memiliki derajat ketelitian yang lebih tinggi, dan menghindarkan keperluan mencari turunan yang lebih tinggi dengan mengevaluasi fungsi f(x, y).
Drag Mobil Menggunakan CFDSOF_NG
Hasil mencari nilai drag mobil kelompok. Kami telah melakukan analisis drag force pada mobil menggunakan CFDSOF_NG
kemudian kami mencari grafik dari data dragforce yang kami dapatkan
Berikut grafik data drag force kami
Optimasi Aerodinamika Automobile
Optimasi adalah mencari nilai paling minimalis.
Optimasi Minimum pada Airfoil Kelompok (Selasa, 26 September 2019)
Neural Network (Selasa, 3 Desember 2019)
Memprediksi suatu data.