Difference between revisions of "Report Tugas Kelompok 13 : Metode Numerik 2019"

From ccitonlinewiki
Jump to: navigation, search
(Optimasi Variabel Airfoil)
Line 69: Line 69:
  
 
Dalam percobaan simulasi ini, mahasiswa diminta untuk mencari tujuan dan rumusan masalah mengenai:
 
Dalam percobaan simulasi ini, mahasiswa diminta untuk mencari tujuan dan rumusan masalah mengenai:
1. Kondisi dimana peforma terbaik
+
  1. Kondisi dimana peforma terbaik
2. Hubungan antara sudut terhada L/D
+
  2. Hubungan antara sudut terhada L/D
3. Nilai L/D maksimum melalui kurva L/D
+
  3. Nilai L/D maksimum melalui kurva L/D
  
 
Airfoil adalah bentuk dari suatu sayap pesawat yang dapatmenghasilkan gaya angkat(lift) atau efek aerodinamika ketika melewati suatu aliran udara.  Airfoil merupakan bentuk daripotongan melintang sayapyang dihasilkan oleh perpotongan tegak lurus sayapterhadap pesawat, dengan kata lain airfoil merupakan bentuk sayapsecara dua dimensi.
 
Airfoil adalah bentuk dari suatu sayap pesawat yang dapatmenghasilkan gaya angkat(lift) atau efek aerodinamika ketika melewati suatu aliran udara.  Airfoil merupakan bentuk daripotongan melintang sayapyang dihasilkan oleh perpotongan tegak lurus sayapterhadap pesawat, dengan kata lain airfoil merupakan bentuk sayapsecara dua dimensi.
Line 99: Line 99:
  
 
Dengan begitu, kesimpulan dapat ditarik menjadi:
 
Dengan begitu, kesimpulan dapat ditarik menjadi:
•Sudutoptimal = -14.9333 derajat  
+
  •Sudutoptimal = -14.9333 derajat  
•Drag optimal = 90.00  
+
  •Drag optimal = 90.00  
•Lift Optimal = -377.4  
+
  •Lift Optimal = -377.4  
•Hubungan terhadap sudut : Berbanding lurus
+
  •Hubungan terhadap sudut : Berbanding lurus
  
 
Kembali ke halaman pemilik :
 
Kembali ke halaman pemilik :
 
[[Andhika Tri Prabowo]]
 
[[Andhika Tri Prabowo]]
 
[[M. Rilvan Adinugraha]]
 
[[M. Rilvan Adinugraha]]

Revision as of 14:54, 10 December 2019

Tugas ini dibuat oleh Andhika Tri Prabowo dan M. Rilvan Adinugraha


TUGAS 1

Dasar-dasar Pemikiran

Soal ini bertujuan untuk mencari nilai waktu untuk mencapai kecepatan maksimum yang dimiliki sebuah mobil dan penyelesaian menggunakan analisa penggunaan rumusnya:

TUGAS 1.jpg


Berikut merupakan pseudecode untuk Rumus Runge Kutta yang akan digunakan dalam penyelesaian metode numerik tersebut:

RUNGE KUTA.png


Coding pada Penyelesaian

Berikut merupakan hasil pemograman yang telah dilakukan menggunakan rumus runge kutta. Tugas ini dikerjakan bersama Andhika Tri Prabowo atas tugas yang diberikan oleh dosen dalam jangka waktu penyelesaian selama satu minggu:


TUGAS 2

Video Pembuatan Simulasi Mesh

Berikut penampakan akhir dari simulasi pada CFD:

Mesh3.png

Atau dapat mengunjungi:

  REVIEW, 5 November

Video Pembuatan Visualisasi Pada Paraview

Berikut merupakan tampilan akhir dari proses yang ada di paraview:

Mesh7.png

Atau dapat mengunjungi:

  REVIEW, 5 November

Pencarian Nilai Baru

Setelah melakukan proses diatas dengan nilai kecepatan yang berbeda, mahasiswa mendapatkan bahwa terdapat beberapa nilai yang menunjukkan sebuah persamaan yang nantinya akan mengganti nilai yang ada asumsi awal di tugas pertama. Berikut merupakan tabel, kecepatan dan Drag Force dari mobil tersebut:

Table.PNG

Dengan nilai tersebut maka, didapatkan grafik:

Grafik.PNG

Sesuai dengan nilai yang ada, maka persamaan yang didapatkan adalah:

PersamaanBoi.PNG

dengan x=v dan y=Fd, maka

Rumus Akhir.PNG


TUGAS 3

Optimasi Variabel Airfoil

Dalam percobaan simulasi ini, mahasiswa diminta untuk mencari tujuan dan rumusan masalah mengenai:

 1. Kondisi dimana peforma terbaik
 2. Hubungan antara sudut terhada L/D
 3. Nilai L/D maksimum melalui kurva L/D

Airfoil adalah bentuk dari suatu sayap pesawat yang dapatmenghasilkan gaya angkat(lift) atau efek aerodinamika ketika melewati suatu aliran udara. Airfoil merupakan bentuk daripotongan melintang sayapyang dihasilkan oleh perpotongan tegak lurus sayapterhadap pesawat, dengan kata lain airfoil merupakan bentuk sayapsecara dua dimensi.

Pada simulasi ini kami menggunakan Airfoil NACA 006, dengan cord 300 dan span 2000, variasi derajat 15 sampai negatif 15 (dengan 1 derajat kenaikan)

Capture.PNG

Dengan menggunakan inventor dan memaksimalkan website NACA serta memasukkan object pada CFD, maka didapatkan seperti berikut:

Airfoild Design.png

Object ini akan dilakukan proses sama seperti flowchart dibawah ini:

STEP.PNG

Dengan menggunakan step tersebut, maka didapatkan tabel yang berisikan data drag, angle dan juga lift. Berikut merupakan data dan grafik yang telah didapatkan:

Tabel Airfoil 13.PNG Grafik Airfoil 13.PNG


Dengan persamaan tersebut, kita hanya perlu menggati koding dengan persamaan yang sudah ada. Sehingga menghasilkan coding dan hasil:

Coding airfoil 13.PNG Coding airfoil 13 (1).PNG

Dengan begitu, kesimpulan dapat ditarik menjadi:

 •Sudutoptimal = -14.9333 derajat 
 •Drag optimal = 90.00 
 •Lift Optimal = -377.4 
 •Hubungan terhadap sudut : Berbanding lurus

Kembali ke halaman pemilik : Andhika Tri Prabowo M. Rilvan Adinugraha