Difference between revisions of "Darwin Triady Wijaya"

From ccitonlinewiki
Jump to: navigation, search
Line 1: Line 1:
 +
 +
== Pengenalan ==
 
Hallo saya Darwin Triady Wijaya, pada laman ini kita berdiskusi mengenai sistem konversi energi yang mengarah pada pembelajaran dinamika hidraulik ''pump''. Hal ini beriringan dengan keberdampakan internet dan generator AI yang mampu membukakan jalan kita sebagai mahasiswa dalam mencari informasi dan memeberikan ''set point'' yang akan dibahas kedepannya. Pada dasarnya perkembangan teknologi memberikan 2 keberadmpakan yang signifikan, dampak ini mampu bersifat pendukung kemajuan pembelajaran dan juga penghambat proses ketercapaian. Keberdampakan yang menguntungkan dalam hadirnya AI adalah kita sebagai mampu menguasai materi dan dipermudah dalam mendapatkan akses materi yang lengkap dengan sumber dan kredibilitasnya terpercaya. Hal yang paling terasa adalah meningkatkan efektifitas dalam mempelajari materi dan konsep yang kompleks dan mampu mendapatkan pembelajaran berbasis visual dan kumpulan data yang mampu memudahkan dalam proses pemahaman. Lebih lanjut, dalam memahami materi sistem konversi energi akan lebih mudah jika mempelajarinya langsung dengan memvisualisasikan laju fluida dan sebagainya, hal ini bisa diprrovide dengan AI yang didukung dengan ''software'' dan mampu memudahkan dalam melakukan eksperimen secara jarak jauh atau virtual. Lalu, membahas mengenai keunggulan juga menyinggung soal pemecahan masalah yang efektif dan konkrit secara praktis, hal ini memicu adanya diskusi antar rekan yang tidak mengharuskan hadir dalam suatu tempat yang sama, sehingga meningkatkan fleksibilitas dalam mencapai tujuan atau proyek bersama.  
 
Hallo saya Darwin Triady Wijaya, pada laman ini kita berdiskusi mengenai sistem konversi energi yang mengarah pada pembelajaran dinamika hidraulik ''pump''. Hal ini beriringan dengan keberdampakan internet dan generator AI yang mampu membukakan jalan kita sebagai mahasiswa dalam mencari informasi dan memeberikan ''set point'' yang akan dibahas kedepannya. Pada dasarnya perkembangan teknologi memberikan 2 keberadmpakan yang signifikan, dampak ini mampu bersifat pendukung kemajuan pembelajaran dan juga penghambat proses ketercapaian. Keberdampakan yang menguntungkan dalam hadirnya AI adalah kita sebagai mampu menguasai materi dan dipermudah dalam mendapatkan akses materi yang lengkap dengan sumber dan kredibilitasnya terpercaya. Hal yang paling terasa adalah meningkatkan efektifitas dalam mempelajari materi dan konsep yang kompleks dan mampu mendapatkan pembelajaran berbasis visual dan kumpulan data yang mampu memudahkan dalam proses pemahaman. Lebih lanjut, dalam memahami materi sistem konversi energi akan lebih mudah jika mempelajarinya langsung dengan memvisualisasikan laju fluida dan sebagainya, hal ini bisa diprrovide dengan AI yang didukung dengan ''software'' dan mampu memudahkan dalam melakukan eksperimen secara jarak jauh atau virtual. Lalu, membahas mengenai keunggulan juga menyinggung soal pemecahan masalah yang efektif dan konkrit secara praktis, hal ini memicu adanya diskusi antar rekan yang tidak mengharuskan hadir dalam suatu tempat yang sama, sehingga meningkatkan fleksibilitas dalam mencapai tujuan atau proyek bersama.  
  
Line 7: Line 9:
 
<youtube width="300" height="200"|thumb|center>ehH0NjSJB5c</youtube>
 
<youtube width="300" height="200"|thumb|center>ehH0NjSJB5c</youtube>
  
A. Pembahasan lebih lanjut, berawal dari saya bertanya kepada AI Generator "Chat GPT" mengenai informasi umum terkait mata kuliah sistem konversi energi:
+
 
 +
== Pembahasan DAI 5, menurut hasil diskusi dengan CHAT GPT ==
 +
 
 +
**DAI5: Deep Awareness (of) I** adalah sebuah kerangka berpikir konseptual yang berfokus pada penggalian kesadaran mendalam terhadap individu ("I") sebagai pusat dalam proses berpikir dan pengambilan keputusan. Dalam DAI5, individu dipandang sebagai inisiator dan penggerak utama yang memandu seluruh kerangka kesadaran ini. Kerangka ini terdiri dari empat komponen utama yang saling berkesinambungan:
 +
 
 +
1. **Intention**: Segala aktivitas berpikir dimulai dengan adanya niat atau tujuan tertentu. Intention dalam DAI5 mengacu pada kehendak awal yang menjadi dasar arah fokus dan upaya individu. Kesadaran terhadap niat memastikan bahwa setiap tindakan yang diambil memiliki tujuan yang jelas dan terarah.
 +
 
 +
2. **Initial Thinking**: Tahap awal ini mencakup proses memahami masalah atau situasi yang dihadapi. Pemikiran awal melibatkan identifikasi isu, eksplorasi berbagai sudut pandang, serta pengumpulan informasi yang relevan untuk membangun dasar pemahaman yang kuat.
 +
 
 +
3. **Idealization**: Setelah pemikiran awal, individu melanjutkan dengan membayangkan hasil atau solusi terbaik yang dapat dicapai. Tahap idealisasi ini menciptakan gambaran tentang tujuan akhir yang diinginkan dan berfungsi sebagai panduan untuk menentukan langkah berikutnya.
 +
 
 +
4. **Instruction**: Pada tahap ini, individu menyusun rencana tindakan atau panduan yang konkret berdasarkan hasil pemikiran awal dan visi yang telah terbentuk. Instruction set ini memastikan bahwa tindakan dilakukan secara sistematis dan sejalan dengan tujuan yang telah ditetapkan.
 +
 
 +
Melalui kerangka ini, DAI5 menekankan pentingnya kesadaran diri yang mendalam dalam setiap langkah berpikir dan pengambilan keputusan, sehingga membantu individu mencapai hasil yang lebih efektif dan terarah.
 +
 
 +
 
 +
 
 +
== Pembahasan lebih lanjut, berawal dari saya bertanya kepada AI Generator "Chat GPT" mengenai informasi umum terkait mata kuliah sistem konversi energi ==
 +
 
  
 
'''Chat GPT Menjelaskan sebagai berikut:'''
 
'''Chat GPT Menjelaskan sebagai berikut:'''

Revision as of 11:43, 25 November 2024

Pengenalan

Hallo saya Darwin Triady Wijaya, pada laman ini kita berdiskusi mengenai sistem konversi energi yang mengarah pada pembelajaran dinamika hidraulik pump. Hal ini beriringan dengan keberdampakan internet dan generator AI yang mampu membukakan jalan kita sebagai mahasiswa dalam mencari informasi dan memeberikan set point yang akan dibahas kedepannya. Pada dasarnya perkembangan teknologi memberikan 2 keberadmpakan yang signifikan, dampak ini mampu bersifat pendukung kemajuan pembelajaran dan juga penghambat proses ketercapaian. Keberdampakan yang menguntungkan dalam hadirnya AI adalah kita sebagai mampu menguasai materi dan dipermudah dalam mendapatkan akses materi yang lengkap dengan sumber dan kredibilitasnya terpercaya. Hal yang paling terasa adalah meningkatkan efektifitas dalam mempelajari materi dan konsep yang kompleks dan mampu mendapatkan pembelajaran berbasis visual dan kumpulan data yang mampu memudahkan dalam proses pemahaman. Lebih lanjut, dalam memahami materi sistem konversi energi akan lebih mudah jika mempelajarinya langsung dengan memvisualisasikan laju fluida dan sebagainya, hal ini bisa diprrovide dengan AI yang didukung dengan software dan mampu memudahkan dalam melakukan eksperimen secara jarak jauh atau virtual. Lalu, membahas mengenai keunggulan juga menyinggung soal pemecahan masalah yang efektif dan konkrit secara praktis, hal ini memicu adanya diskusi antar rekan yang tidak mengharuskan hadir dalam suatu tempat yang sama, sehingga meningkatkan fleksibilitas dalam mencapai tujuan atau proyek bersama.

Namun, dibalik dari keunggulan yang mampu memuaskan kebutuhan manusia masih ada beberapa dampak yang sekiranya mampu memberikan efek buruk terhadap penggunaan AI. Sikap manusia yang sering kali sangat mudah dalam pemenuhan keinginan akan memicu tumbuhnya rasa malas dan ketergantungan. Hal ini berpengaruh dalam penggunaan AI oleh beberapa kelompok orang yang tidak berlandas kesadaran dalam menggunakan tools yang sudah disediakan. Tumbuhnya rasa malas akan memberikan dampak negatif dan berpengaruh terhadap otak, kurangnya rasa ingin tahu, gampang menyerah, dan selalu mengandalkan pihak lain akan muncul dan terus menjamur di beberapa kalangan. Lebih dari itu, kita tidak bisa memastikan semua informasi yang ada di internet sesuai dengan fakta dan datanya. Mudahnya dalam mengakses dan memberikan informasi, mampu memicu penyebaran informasi HOAKS yang sering kali tidak kita sadari dan kita percayai. Maka dari itu, pentingnya pemahaman dan menentukan set goals sebelum menggunakan generator AI dan internet. Berlandas dalam penggunaan AI sebagai sarana yang membantu kita dalam menyelesaikan semua tugas dan pekerjaan, bukan berfikir bahwa AI dan internet yang harus mengerjakan itu semua.

Lebih lanjut, perlunya sikap selalu sadar, hal ini dipelajari dalam konsep DAI 5. Konsep ini memberikan kita alur pemecahan masalah yang konkrit dan efektif. Penentuan masalahm tujuan dari masalah, alasan memecahkan masalah, konsep dan perhitungan, dan cara dalam mengeksekusi dalam proses pemecahan masalah ini. Perlunya kita berperan sebagai manusia yang sadar, sadar terhadap kondisi lingkungan dan sadar terhadap kebutuhan. Terima kasi, stay conscious!


Pembahasan DAI 5, menurut hasil diskusi dengan CHAT GPT

    • DAI5: Deep Awareness (of) I** adalah sebuah kerangka berpikir konseptual yang berfokus pada penggalian kesadaran mendalam terhadap individu ("I") sebagai pusat dalam proses berpikir dan pengambilan keputusan. Dalam DAI5, individu dipandang sebagai inisiator dan penggerak utama yang memandu seluruh kerangka kesadaran ini. Kerangka ini terdiri dari empat komponen utama yang saling berkesinambungan:

1. **Intention**: Segala aktivitas berpikir dimulai dengan adanya niat atau tujuan tertentu. Intention dalam DAI5 mengacu pada kehendak awal yang menjadi dasar arah fokus dan upaya individu. Kesadaran terhadap niat memastikan bahwa setiap tindakan yang diambil memiliki tujuan yang jelas dan terarah.

2. **Initial Thinking**: Tahap awal ini mencakup proses memahami masalah atau situasi yang dihadapi. Pemikiran awal melibatkan identifikasi isu, eksplorasi berbagai sudut pandang, serta pengumpulan informasi yang relevan untuk membangun dasar pemahaman yang kuat.

3. **Idealization**: Setelah pemikiran awal, individu melanjutkan dengan membayangkan hasil atau solusi terbaik yang dapat dicapai. Tahap idealisasi ini menciptakan gambaran tentang tujuan akhir yang diinginkan dan berfungsi sebagai panduan untuk menentukan langkah berikutnya.

4. **Instruction**: Pada tahap ini, individu menyusun rencana tindakan atau panduan yang konkret berdasarkan hasil pemikiran awal dan visi yang telah terbentuk. Instruction set ini memastikan bahwa tindakan dilakukan secara sistematis dan sejalan dengan tujuan yang telah ditetapkan.

Melalui kerangka ini, DAI5 menekankan pentingnya kesadaran diri yang mendalam dalam setiap langkah berpikir dan pengambilan keputusan, sehingga membantu individu mencapai hasil yang lebih efektif dan terarah.


Pembahasan lebih lanjut, berawal dari saya bertanya kepada AI Generator "Chat GPT" mengenai informasi umum terkait mata kuliah sistem konversi energi

Chat GPT Menjelaskan sebagai berikut:

Mata kuliah Sistem Konversi Energi adalah bagian penting dari pendidikan teknik yang membahas proses pengubahan energi dari satu bentuk ke bentuk lainnya secara efisien dan andal. Materi yang dipelajari mencakup konsep dasar energi, seperti hukum kekekalan energi, berbagai bentuk energi (mekanik, termal, listrik, kimia, nuklir), serta efisiensi dalam konversi energi. Selain itu, mahasiswa mempelajari prinsip kerja mesin konversi energi, seperti mesin termal (turbin gas, turbin uap, mesin diesel), mesin fluida (pompa, kompresor, turbin air), dan mesin listrik (motor dan generator). Sistem pembangkit energi juga menjadi fokus, meliputi pembangkit tenaga fosil (PLTU, PLTG, PLTGU) dan energi terbarukan (PLTA, PLTB, PLTS, biomassa, dan geothermal), beserta analisis termodinamika dan proses kerja di dalamnya.

Penerapan konsep termodinamika dalam analisis siklus kerja mesin seperti Rankine, Brayton, Carnot, dan Otto sangat penting dalam memahami efisiensi dan irreversibilitas sistem. Mahasiswa juga mempelajari berbagai komponen dalam sistem konversi energi, seperti boiler, kondenser, heat exchanger, kompresor, dan turbin, termasuk desain material untuk meningkatkan efisiensi. Dampak lingkungan dari penggunaan energi fosil juga menjadi perhatian, bersama dengan strategi efisiensi energi, teknologi energi terbarukan, dan teknologi karbon capture & storage (CCS). Mata kuliah ini sering melibatkan studi kasus nyata serta penggunaan perangkat lunak simulasi seperti MATLAB atau ANSYS untuk mendesain dan menganalisis sistem energi yang efisien dan ramah lingkungan.