Difference between revisions of "Fuad Abrar"

From ccitonlinewiki
Jump to: navigation, search
(Metode Numerik)
Line 42: Line 42:
 
Tugas Studi Kasus :
 
Tugas Studi Kasus :
 
#[[Studi kasus external flow (Bab 9) fuad abrar]]
 
#[[Studi kasus external flow (Bab 9) fuad abrar]]
 +
 +
[[Studi Kasus Bab 8]]

Revision as of 15:25, 17 May 2019

Metode Numerik

Pendahuluan

Selasa, 12 Februari 2019

Dr. Ahmad Indra

Prasyarat : berakal

Metode numerik memiliki prasyarat mendasar yaitu haruslah berakal, tidak hanya menghafal rumus-rumus saja, melainkan memikirkan rumus-rumus tersebut, serta memikirkan tentang penciptaan Tuhan. pelajaran fisika yang dipelajari adalah dalam rangka mempelajari ciptaan Tuhan.

Tujuan pembelajaran metode numerik :

  1. Memahami konsep-konsep, prinsip-prinsip dalam metode numerik dan mampu menerapkannya
  2. Menjadi lebih mengenal diri sendiri

Materi :

  1. Algoritma, diagram alir (flow chart), dan pemograman komputer ; algoritma adalah susunan langkah-langkah penyelesaian
  2. Metode iterative;
  3. Penyelesaian aljabar simultan
  4. Diferensiasi dan integral
  5. Optimasi
  6. Studi kasus

Terdapat tiga penunjang dalam pembelajaran metode numerik, yaitu :

  1. Brainware
  2. Hardware
  3. Software

Di dalam bidang teknik, khususnya teknik mesin ada tiga metode penyelesaian masalah : metode analitis/teoritis, metode eksperimen menggunakan alat-alat lab, dan metode komputasi/numerik. Masing-masing metode ada perannya, metode eksperimen dapat dimaksimalkan dengan komputasi dan teori.

Catatan di kelas metnum :

  1. Pertemuan ke-5 (12-03-19)

Tugas :

  1. Aplikasi metode numerik break even point oleh fuad abrar
  2. Flowchart penyelesaian FEM bar element oleh fuad abrar
  3. Aplikasi metode numerik pada bar oelh fuad abrar
  4. Aplikasi metode numerik pada truss :UTS

Mekanika Fluida

Tugas Studi Kasus :

  1. Studi kasus external flow (Bab 9) fuad abrar

Studi Kasus Bab 8