|
|
Line 1: |
Line 1: |
− | == Kinematika ==
| |
− |
| |
− | Studi tentang gerak benda tanpa memperhitungkan gaya yang mendorong gerak adalah fokus dari bidang fisika yang dikenal sebagai kinematika.
| |
− | Ini memerlukan menggambarkan hubungan antara posisi objek, kecepatan, dan percepatan sehubungan dengan waktu.
| |
| | | |
− | Beberapa ide dasar dalam kinematika meliputi:
| |
− |
| |
− | 1. Perpindahan adalah pergeseran posisi suatu benda dalam kaitannya dengan titik referensi.
| |
− | Ini adalah kuantitas vektor, biasanya diwakili oleh huruf "d".
| |
− | Satuan SI perpindahan adalah meter (m).
| |
− |
| |
− | 2. Kecepatan adalah laju perpindahan suatu benda terhadap perubahan waktu.
| |
− | Ini adalah besaran vektor, dan huruf "v" biasanya digunakan untuk menandakannya.
| |
− | Meter per detik (m/s) adalah pengukuran metrik kecepatan.
| |
− |
| |
− | 3. Percepatan : Laju perubahan kecepatan suatu benda terhadap waktu.
| |
− | Ini adalah kuantitas vektor, biasanya diwakili oleh huruf "a".
| |
− | Percepatan diukur dalam meter per detik kuadrat (m/s2).
| |
− |
| |
− | 4. Waktu adalah jumlah dari yang memisahkan dua peristiwa.
| |
− | Hal ini biasanya diwakili oleh huruf "t".
| |
− | Kedua adalah satuan pengukuran waktu SI (s).
| |
− |
| |
− | 5. Gerak Beraturan: Ketika sebuah benda bergerak dengan kecepatan tetap, benda tersebut dikatakan bergerak beraturan.
| |
− | Dalam hal ini, objek menempuh jarak yang sama selama periode waktu yang sama.
| |
− |
| |
− | 6. Gerak Tidak Beraturan : Suatu benda dikatakan bergerak tidak beraturan jika bergerak dengan kecepatan yang berbeda-beda.
| |
− | Dalam hal ini, objek menempuh jarak yang berbeda selama periode waktu yang berbeda.
| |
− |
| |
− |
| |
− | Dengan prinsip-prinsip tersebut, kita dapat mendefinisikan dan menganalisis gerak benda dalam banyak konteks, seperti gerak lurus dan gerak melingkar.
| |
− | ''Engineering'' dan robotika hanyalah beberapa disiplin ilmu yang menggunakan kinematika untuk membangun dan meningkatkan sistem berbasis gerak.
| |