Difference between revisions of "Dany Hendrik Priatno"
Line 51: | Line 51: | ||
...akan dilanjutkan kembali, insyaAllah... | ...akan dilanjutkan kembali, insyaAllah... | ||
….bahan diteruskan pada catatan kertas…. | ….bahan diteruskan pada catatan kertas…. | ||
+ | |||
+ | copas latihan EES | ||
+ | |||
+ | "y=(x^2-1)/(x-1) | ||
+ | |||
+ | {x=0}" | ||
+ | |||
+ | n=10 | ||
+ | x[1]=0 | ||
+ | |||
+ | duplicate i=1,10 | ||
+ | x[i+1]=x[i]+0.3 | ||
+ | y[i]=(x[i]^2-1)/(x[i]-1) | ||
+ | end |
Revision as of 10:22, 11 February 2019
Pertemuan 1
Bismillah,
Tugas Resume Komputasi Teknik tanggal 4 Februari 2019
Nama dosen : Dr. Ahmad Indra Siswantara Panggilan : Pak DAI
• Pertemuan pertama kelas komputasi teknik dimulai dengan pengantar tentang komputasi teknik. • Syarat untuk mengikuti kelas komputasi teknik adalah mahasiswa yang menggunakan akalnya, tidak hanya dengan persepsi. Pernyataan kebenaran dapat dianggap benar apabila sejalan dengan logika, dapat diverifikasi melalui huku/formulasi yang diakui kebenarannya, atau divalidasi dengan kondisi yang terjadi, tidak menyimpulkan hanya dari apa yang dirasakan oleh pancaindra, atau anggapan seseorang yang dianggap pasti benar , sehingga diperlukan pengetahuan akan konsep – konsep yang relevan pada bidang teknik untuk dapat mendukung pembenaran dari suatu solusi permasalahan teknis. • Penelitian-penelitian akan terus berkembang, sebagai contoh Hukum Newton pernah direvisi. Demikian dengan penulisan dalam sebuah buku, terdapat buku dengan edisi 1, edisi 2 dan edisi seterusnya karena dalam buku pasti suatu revisi/tambahan/pembaruan dari kesalahan-kesalahan yang didapatkan dari edisi sebelumnya. • Pak DAI menyimpulkan terdapat beberapa hal yang menghalangi manusia dari kebenaran, yaitu: (1) Kehormatan/kedudukan; (2) Materi, baik harta maupun ilmu; (3) Ikut-ikutan dan taklid buta, (4) Maksiat. • Setelah mengikuti mata kuliah komputasi teknik, mahasiswa diharapkan memenuhi dua kriteria yang ditetapkan, yaitu (1) Memahami konsep aritmatika, flow-chart, dan matematika; (2) Menjadi lebih tahu siapa dirinya.
(1) Pertanyaan, jelaskan Konsep Infinite,
Jawaban,
Dalam kamus matematika Carol Vorderman, definisi infinite/tak hingga adalah tanpa batas-batas ukuran atau jumlah, tidak terbatas, tidak ada akhirnya. Infinite atau tak berhingga dalam bidang matematika atau fisika memiliki konsep abstrak yang menggambarkan sesuatu yang tanpa batas dan relevan dalam bidang tersebut, jika terkait dengan bilangan maka tak hingga digunakan untuk bilangan yang tak dapat terhitung besarnya atau tak terbatas dan bilangan itu bukan bilangan real.
Diluar ilmu eksakta, konsep infinite atau tak hingga baik dalam hal kuantitas maupun kualitas dapat dipahami sebagai “sesuatu” yang diluar jangkauan akal manusia dan menjadi hak mutlak Allah, Rabb pencipta manusia dan “ke tak berhinggaan” itu sendiri, sebagai manusia yang berakal secara fitrah akan mengakui bahwa Rabb Sang Pencipta memiliki hak atas “ke tak berhinggaan” tersebut, hal ini dapat kita ketahui dari Al Quran dan Al Hadist dimana telah disampaikan pada kita melalui Rosul-Nya tentang Nama-Nama dan Sifat-Sifat Allah Subhanahu wa ta’ala. Sebagai contoh adalah salah satu nama Allah yang disebutkan dalam Al –Quran adalah “Ar rahman” yang artinya adalah “Maha Penyayang/Pengasih” bagi seluruh mahluknya baik yang bermaksiat kepada-Nya maupun yang taat kepada-Nya, bentuk kasih sayang Allah sangatlah banyak sampai manusia tidak akan mampu untuk menyebut maupun menghitungnya. Wallahu ‘alam.
(2) Pertanyaan, Jelaskan secara rasional bahwa (x^2-1)/(x-1) = … jika x = 1 Jawaban, Soal tersebut tidak dapat dikerjakan langsung karena apabila dimasukkan x=1, maka penyebutnya menjadi 0 dan y menjadi tidak dapat didefinisikan. Untuk menghindari hasil yang tidak terdefinisi, solusi penyelesaian dapat dilakukan dilakukan dengan (1) menyederhanakan bentuk persamaan kuadrat; (2) menurunkan persamaan; (3) menggunakan limit (dengan input angka diatas x=1,01/dibawahnya x=0,99)
Pertemuan 2
Bismillah,
Topik bahasan : Pemodelan/modeling
Bersama : P. DAI, P. Gun Gun
catatan
tujuan mengajari seseorang adalah agar orang yang diberi pelajaran seharusnya menjadi lebih tahu dari yang mengajari sebuah konsep tidak berhenti pada sebuah definisi karena kita berniat untuk mendapatkan maknanya, sehingga jika mendapati rumus maka harus dicari maknanya secara mendasar (jangan dihapalkan), berusaha dengan akal kita untuk memaknainya. kondisi pertama pada orang yang akan menggunakan akalnya adalah selalu mengingat siapa penciptanya dan memikirkan tentang penciptaannya dan berkata Yaa Allah tidaklah Engkau ciptakan semua ini dengan sia sia. mekanikal : sebuah disiplin ilmu yang mempelajari gerak laku/behavior sebuah material, suatu ilmu yang melingkupi ilmu sipil, elektro dsb yang berisi sebuah mekanisme…. orang mekanikal adalah orang yang mempelajari behavior dari benda/materi gaya --> dorongan/tarikan mekanikal bisa berupa fisikal maupun non fisikal
pelajaran pemodelan fisik contoh pembangunan jembatan, maka desaigner akan membuat model matematis yang dipecahkan dengan numerik terkait jembatan
definisi konsep pemodelan (dicari…)
...akan dilanjutkan kembali, insyaAllah... ….bahan diteruskan pada catatan kertas….
copas latihan EES
"y=(x^2-1)/(x-1)
{x=0}"
n=10 x[1]=0
duplicate i=1,10 x[i+1]=x[i]+0.3 y[i]=(x[i]^2-1)/(x[i]-1) end