Difference between revisions of "Permodelan (Modelling)"
Budi Ismoyo (talk | contribs) (Created page with "Penggunaan akal untuk memaknai sesuatu konsep agar lebih mendalam pemahaman dan manfaatnya bagi kehidupan. Orang yang menggunakan akal adalah orang yang selalu memikirkan penc...") |
Budi Ismoyo (talk | contribs) |
||
Line 1: | Line 1: | ||
Penggunaan akal untuk memaknai sesuatu konsep agar lebih mendalam pemahaman dan manfaatnya bagi kehidupan. Orang yang menggunakan akal adalah orang yang selalu memikirkan penciptanya dan segalah hal dari hasil penciptaan Nya. | Penggunaan akal untuk memaknai sesuatu konsep agar lebih mendalam pemahaman dan manfaatnya bagi kehidupan. Orang yang menggunakan akal adalah orang yang selalu memikirkan penciptanya dan segalah hal dari hasil penciptaan Nya. | ||
+ | |||
Ilmu mekanik adalah disiplin ilmu yang mempelajari gerak laku sebuah benda. material disini memiliki arti luas tidak terbatas pada material logam, tapi seluruh material baik tubuh manusia, angina, tumbuhan dan seterusnya. Sebuah gaya adalah tarikan atau dorongan. jadi mekanikal bisa berbentuk fisik atau non fisik. Dalam fisik, gaya berlaku pada suatu materi. | Ilmu mekanik adalah disiplin ilmu yang mempelajari gerak laku sebuah benda. material disini memiliki arti luas tidak terbatas pada material logam, tapi seluruh material baik tubuh manusia, angina, tumbuhan dan seterusnya. Sebuah gaya adalah tarikan atau dorongan. jadi mekanikal bisa berbentuk fisik atau non fisik. Dalam fisik, gaya berlaku pada suatu materi. | ||
Line 5: | Line 6: | ||
No persepsi : benda mati | No persepsi : benda mati | ||
− | Persepsi : tumbuhan, hewan dan manusia ( | + | Persepsi : tumbuhan, hewan dan manusia |
+ | |||
+ | Akal (rasio) : manusia yang beragama selalu ingat Tuhan, bisa menjaga dari pikiran-pikiran yang melampaui batas. Dari kemampuan akal manuasia bisa memberi judgement. | ||
− | |||
Line 13: | Line 15: | ||
Permodelan : permodelan fisik & permodelan matematis (bisa diselesaikan dengan numerik) | Permodelan : permodelan fisik & permodelan matematis (bisa diselesaikan dengan numerik) | ||
+ | |||
+ | |||
+ | Permodelan | ||
+ | Masalah (problem) : Geometri & Material agar diperoleh design yang kokoh, kuat, ekonomis | ||
+ | |||
+ | Pemikiran Awal (Analisis Awal) >> semua hipotesis (sesuatu yang perlu dibuktikan kebenarannya) kecuali kitab suci (the truly of thesis). Harus memiliki pengetahuan terkait objek yang dianalisis. | ||
+ | |||
+ | - | ||
+ | |||
+ | - | ||
+ | |||
+ | Hasil perhitungan | ||
+ | |||
+ | |||
+ | Semakin sederhana model semakin baik, tujuan model adalah untuk mempermudah kita mempelajari behavior objek yang dimodelkan. |
Latest revision as of 09:37, 11 February 2019
Penggunaan akal untuk memaknai sesuatu konsep agar lebih mendalam pemahaman dan manfaatnya bagi kehidupan. Orang yang menggunakan akal adalah orang yang selalu memikirkan penciptanya dan segalah hal dari hasil penciptaan Nya.
Ilmu mekanik adalah disiplin ilmu yang mempelajari gerak laku sebuah benda. material disini memiliki arti luas tidak terbatas pada material logam, tapi seluruh material baik tubuh manusia, angina, tumbuhan dan seterusnya. Sebuah gaya adalah tarikan atau dorongan. jadi mekanikal bisa berbentuk fisik atau non fisik. Dalam fisik, gaya berlaku pada suatu materi.
No persepsi : benda mati
Persepsi : tumbuhan, hewan dan manusia
Akal (rasio) : manusia yang beragama selalu ingat Tuhan, bisa menjaga dari pikiran-pikiran yang melampaui batas. Dari kemampuan akal manuasia bisa memberi judgement.
Model : simplifikasi/penyederhanaan dari suatu keadaan/sistem yang rumit
Permodelan : permodelan fisik & permodelan matematis (bisa diselesaikan dengan numerik)
Permodelan
Masalah (problem) : Geometri & Material agar diperoleh design yang kokoh, kuat, ekonomis
Pemikiran Awal (Analisis Awal) >> semua hipotesis (sesuatu yang perlu dibuktikan kebenarannya) kecuali kitab suci (the truly of thesis). Harus memiliki pengetahuan terkait objek yang dianalisis.
-
-
Hasil perhitungan
Semakin sederhana model semakin baik, tujuan model adalah untuk mempermudah kita mempelajari behavior objek yang dimodelkan.