Difference between revisions of "Fuad Abrar"
Line 30: | Line 30: | ||
metode analitis/teoritis, metode eksperimen menggunakan alat-alat lab, dan metode komputasi/numerik. Masing-masing metode ada perannya, metode eksperimen dapat dimaksimalkan dengan komputasi dan teori. | metode analitis/teoritis, metode eksperimen menggunakan alat-alat lab, dan metode komputasi/numerik. Masing-masing metode ada perannya, metode eksperimen dapat dimaksimalkan dengan komputasi dan teori. | ||
− | Tugas : | + | Tugas : # [[Aplikasi metode numerik break even point oleh fuad abrar]] |
+ | # |
Revision as of 11:26, 12 March 2019
Metode Numerik
Pendahuluan
Selasa, 12 Februari 2019
Dr. Ahmad Indra
Prasyarat : berakal
Metode numerik memiliki prasyarat mendasar yaitu haruslah berakal, tidak hanya menghafal rumus-rumus saja, melainkan memikirkan rumus-rumus tersebut, serta memikirkan tentang penciptaan Tuhan. pelajaran fisika yang dipelajari adalah dalam rangka mempelajari ciptaan Tuhan.
Tujuan pembelajaran metode numerik :
- Memahami konsep-konsep, prinsip-prinsip dalam metode numerik dan mampu menerapkannya
- Menjadi lebih mengenal diri sendiri
Materi :
- Algoritma, diagram alir (flow chart), dan pemograman komputer ; algoritma adalah susunan langkah-langkah penyelesaian
- Metode iterative;
- Penyelesaian aljabar simultan
- Diferensiasi dan integral
- Optimasi
- Studi kasus
Terdapat tiga penunjang dalam pembelajaran metode numerik, yaitu :
- Brainware
- Hardware
- Software
Di dalam bidang teknik, khususnya teknik mesin ada tiga metode penyelesaian masalah :
metode analitis/teoritis, metode eksperimen menggunakan alat-alat lab, dan metode komputasi/numerik. Masing-masing metode ada perannya, metode eksperimen dapat dimaksimalkan dengan komputasi dan teori.
Tugas : # Aplikasi metode numerik break even point oleh fuad abrar
#