Difference between revisions of "Musyafi Albar"
(→Tugas 1) |
|||
Line 57: | Line 57: | ||
Tugas 2 : | Tugas 2 : | ||
Membuat open modecalica dengan specializtion Class persamaan aljabar simultan | Membuat open modecalica dengan specializtion Class persamaan aljabar simultan | ||
+ | |||
+ | '''function''' | ||
+ | |||
+ | function Gauss_Jordan | ||
+ | input Real A[4,4]; | ||
+ | input Real B[4]; | ||
+ | output Real X[4]; | ||
+ | algorithm | ||
+ | X:=Modelica.Math.Matrices.solve(A,B); | ||
+ | end Gauss_Jordan; | ||
+ | |||
+ | '''class''' | ||
+ | |||
+ | class SPL | ||
+ | parameter Real P[4,4]=[1,2,3,4; | ||
+ | 5,6,7,8; | ||
+ | 9,10,11,12]; | ||
+ | parameter Real | ||
+ | B[4]={1,2,3,4}; | ||
+ | Real X[4]; | ||
+ | equation | ||
+ | X=Gauss_Jordan(A,B); | ||
+ | end SPL; |
Revision as of 15:07, 25 November 2020
Biodata | |
---|---|
Nama | Musyafi Albar |
NPM | 1906379094 |
musyafi.albar@ui.ac.id | |
Youtube | https://youtu.be/QTFApGHD76Y |
Contents
Musyafi Albar
Perkenalkan nama saya Musyafi Albar (NPM 1906379094) biasa dipanggil Mus. Saya Adalah mahasiswa Teknik Mesin angkatan 2019 dari Fakultas Teknik Universitas Indonesia. Saya memiliki ketertarikan kepada bidang mesin karena dirasa jurusan tersebut memiliki rana yang luas untuk dunia kerjanya. Pada Pelajaran metnum sebelumnya saya telah mempelajari tentang persamaan, istilah algoritma, kurva, regresi, differensial, parsial
Catatan Minggu Pertama (11 November 2020)
Tujuan Pembelajaran
- Memahami konsep dan prinsip dasar metode numerik
- Dapat menerapkan pemahaman yang didapatkan dalam mata kuliah Metode Numerik
- Mampu menerapkan pemahaman metode numerik dalam bidang keteknikan
- Membentuk kita menjadi orang yang lebih beradab
Manfaat Belajar bagi Diri Saya Sendiri
Menurut saya, pembelajaran adalah suatu proses penambahan kualitas diri. Saya merasa dengan belajar kita bisa memahami berbagai macam hal yang dapat menambah kualitas pada diri sendiri. Hasil dari penambahan kualitas tersebut berupa pemanfaatan hal yang telah dipelajari, diaplikasikan di kehidupan nyata. Sebagai contoh kita belajar pendidikan dari sd hingga sma untuk menambah kualitas diri dan digunakan untuk menempuh belajar di Kuliah.
Komputer dalam Metode Numerik
Komputer merupakan alat hitung yang cepat. Kualitas dari komputer bergantung pada spesifikasi pembuatannya. Penggunaan dari alat tersebut juga bergantung pada pemakainya.
Tugas 1
Berikut merupakan video penjelasan aplikasi OpenModelica untuk menyelesaikan suatu Sistem Persamaan
Catatan Minggu Pertama (18 November 2020)
Awal
Openmodelica merupakan bahasa permodolen. Digunakan karena penggunananya free.
Sesi Tanya jawab
Perbedaan constan real perlu simulate ulang, dengan parameter real tidak perlu simulate ulang hanya mengganti variabel xnya
Variabel know dan unkown = harus didefinisikan agar pada saat compile tidak eror
Openmodelica merupakan object oriented. Pada modelica specialization model digunagan untuk menyelesaikan suatu fungsi sedangankan class digunagan untuk penggabungan fungsi-fungsi. Setiap specializtion digunakan untuk tujuan yang berbeda-beda dengan mempunyai kelebihan dan kelemahan.
Tugas 2 : Membuat open modecalica dengan specializtion Class persamaan aljabar simultan
function
function Gauss_Jordan input Real A[4,4]; input Real B[4]; output Real X[4]; algorithm X:=Modelica.Math.Matrices.solve(A,B); end Gauss_Jordan;
class
class SPL parameter Real P[4,4]=[1,2,3,4; 5,6,7,8; 9,10,11,12]; parameter Real B[4]={1,2,3,4}; Real X[4]; equation X=Gauss_Jordan(A,B); end SPL;