Difference between revisions of "Fajriocta"
Line 321: | Line 321: | ||
5.Matlab Application Program Interface (API), merupakan suatu library yang memungkinkan program yang telah kita tulis dalam bahasa C dan Fortran mampu berinterakasi dengan MATLAB. Ini melibatkan fasilitas untuk pemanggilan routines dari MATLAB (dynamic linking), pemanggilan MATLAB sebagai sebuah computational engine, dan untuk membaca dan menuliskan MAT-files. | 5.Matlab Application Program Interface (API), merupakan suatu library yang memungkinkan program yang telah kita tulis dalam bahasa C dan Fortran mampu berinterakasi dengan MATLAB. Ini melibatkan fasilitas untuk pemanggilan routines dari MATLAB (dynamic linking), pemanggilan MATLAB sebagai sebuah computational engine, dan untuk membaca dan menuliskan MAT-files. | ||
+ | |||
+ | |||
+ | |||
+ | == Tugas UAS == | ||
+ | |||
+ | pada kelas komputasi teknik ini, diberikan soal untuk UAS, berikut soal : | ||
+ | |||
+ | Soal ini mengenai pemodelan dinamika gerakan sebuah kendaraan mobil. Umumnya spesifikasi sebuah mobil dilengkapi dengan data Berat total, Daya dan Torsi pada putaran mesin tertentu serta koefisien hambatan aerodinamis. Kembangkanlah sebuah model komputasi teknik untuk menentukan waktu yang diperlukan sebuah mobil spesikasi yg diberikan untuk bergerak mencapai kecepatan penuh dari keaadaan diam. Gunakan prosedur komputasi teknik (analisis awal (masalah), penentuan model matematis dinamika gerakan mobil lengkap dgn gaya gesekan dan hambatan aerodinamis (dengan asumsi2 yang dijelaskan), langkah2/algoritma penyelesaian numerik (menggunakan salah satu metoda: Runga Kutta, Finite diferrence atau finite elemen atau metoda numerik lainnya dan gunakan komputer untuk menghitung waktu yg diperlukan (top speed) pada berbagai spesifikasi mobil menggunakan algoritma tersebut. Tulis jawaban (sampai algoritma sj) dan nama anda pada kertas (tulisan tangan/tidak perlu diketik), foto lbr jawaban anda dan kirim via wa sy (japri). Waktu pengerjaan s/d jawaban algoritma adalah 30 menit. Jawaban tertulis ini harus disertai dgn catatan muhasabah (evaluasi diri) belajar anda selama satu semester dan tuliskan nilai anda/huruf (yang pantas, fair dan jujur (pada diri sendiri) menurut anda dibanding teman sekelas) yang menunjukan pencapaian anda dlm belajar komputasi teknik (nilai akhir, insyaaAllah, saya yang menentukan) | ||
+ | |||
+ | '''initial thinking''' | ||
+ | |||
+ | diketahui, kendaraan mobil dengan memiliki spesifikasi lengkap dalam keadaan diam dan akan ditentukan waktu untuk mobil mencapai kecepatan maksimum | ||
+ | |||
+ | ditanya, permodelan kasus menggunakan metode analisa komputasi teknik | ||
+ | |||
+ | '''permodelan''' | ||
+ | |||
+ | '''jawab''' |
Revision as of 19:26, 10 June 2020
Contents
- 1 PROFILE
- 2 Pertemuan 1
- 3 Pertemuan 2
- 4 Sinopsis Skripsi
- 5 Korelasi pada Komputasi Teknik
- 6 sinopsis skripsi slide
- 7 pertemuan 3
- 8 QUIZ 1
- 9 pertemuan ke 4, ABSTRAK SKRIPSI
- 10 pertemuan ke 5, Optimasi Kebutuhan Energi pada Manusia
- 11 Pertemuan ke 6
- 12 pertemuan ke 7
- 13 Tugas Ujian Tengah Semester (UTS)
- 14 QUIZ 2
- 15 pertemuan ke 12
- 16 penjelasan singkat matlab
- 17 Tugas UAS
PROFILE
Nama : Fajri Octadiansyah Umar
NPM : 1906433625
jurusan : Teknik Mesin (konversi Energi)
Pertemuan 1
3 februari 2020
menghadiri kelas komputasi teknik untuk mempelajari komputasi itu sendiri komputasi sendiri adalah ilmu yang meliputkan matematika dan ilmu komputer dalam satu bidang
komputasi adalah pemograman matematika atau ilmu komputer yang digunakan untuk memecahkan masalah untuk komputasi teknik itu sendiri ialah memecahkan masalah pada bidang teknik menggunakan algoritma dan ilmu komputer pada masalah data
proses pada komputasi teknik terbagi dalam 3 tahap
1. input = engineer akan menginput data yang berisi suatu permasalahan yang terjadi untuk di proses pada komputer
2. proses = tahap ini dimana komputer akan melakukan proses dan membaca suatu permasalahan yang dimasukan untuk mencari solusinya
3. output = dimana tahap terakhir yang dilakukan pada komputer setelah membaca dan mengartikan suatu solusi pada permasalahan dan akan memberikan data kepada para engineer
Pertemuan 2
Muhasabah diri dengan memasuki kelas komputasi teknik maka memberikan saya terbuka akan hidup saya yang harus sering bersyukur masih diberi kesehatan, karena kesehatan adalah modal untuk beraktivitas
setiap hari saya di beri kesempatan untuk belajar dan memahami diri saya sendiri, dengan memiliki tujuan dalam mencari ilmu itu memberikan saya motivasi dalam jiwa saya untuk terus belajar dan tidak takut untuk mencoba dalam kegiatan tertentu
karena pengalaman adalah guru terbaik untuk saya
muhasabah adalah kegiatan dimana kesempatan untuk diri saya merenungkan diri sehingga menjadi lebih baik dalam menjalani sehari-hari dalam melakukan kegiatan saya mau dalam kelas kumputasi teknik dan lainnya, saya harus selalu mempunyai niat menjadi lebih baik dan memdapatkan ilmu baru yang bermanfatat untuk diri saya dan lingkungan saya, dan saya harus selalu ingat bahwa tuhan adalah satu-satunya tempat saya berharap dan meminta sehingga saya meyakinkan diri bahwa usaha dan tawakal atau berserah diri kepada tuhan juga termasuk dalam kunci menuju kesuksesan
Sinopsis Skripsi
Judul : Perencanaan Instalisasi Gas Buang Mobil Suzuki Carry 4 tak Kapasitas 1500 CC
sinopsis : apa itu sistem pembuangan ? sistem pembuangan adalah saluran untuk membuang sisa hasil pembakaran pada mesin dalam. sistem pembuangan terdiri beberapa komponen seperti knalpot yang digunakan dalam sistem pembuangan kendaraan yang disalurkan pada tempat yang aman bagi pengguna mesin. perlu diketahui bahwa pada gas buang mobil terdapat komponen yang berbahaya bagi tubuh manusia seperti gas CO, Pb, gas CO2 dan kabut karbon. dengan adanya penyaringan khusus pad akendaraan dapat menurunkan efek gas buang pada lingkungan sekitar dan dapat meminimalisirkan adanya polusi pada kendaraan terutama kendaraan mobil. maka dengan penelitian ini kita dapat menjelaskan perencanaan suatu gas buang mobil suzuki carry yang berkapasistas 1500 CC dan menjelaskan perbandingan suatu gas buang mobil menggunakan dan tidak menggunakan saringan pada perencanaan gas buang
Korelasi pada Komputasi Teknik
ilmu komputasi teknik memiliki peran penting dalam penelitian saya mengenai gas buang mobil suzuki carry 4 tak kapasitas 1500 CC
salah satu ilmu komputasi teknik yang saya gunakan dalam penelitian ini adalah microsoft excel
apa itu microsoft excel ? sebuah program dimana digunakan untuk mengolah angka yang isinya terdiri dari kolom dan baris.
dalam pengolahan data saya menggunakan excel untuk membandingkan data yang saya dapatkan dari penelitian mengenai gas buang
hal yang diolah adalah antara lain senyawa-senyawa yang dikeluarkan oleh kendaraan suzuki carry 4 tak 1500 cc yaitu menghitung gas emisi, mebandingkan nilai dimana kendaraan menggunakan dan tidak menggunakan catalytic converter
akan didapat hasil gas emisi buang mobil dan setelah itu saya olah menggunakan microsoft excel dan dapat melakukan perbandingan dengan cara menggunakan data yang kita olah menjadi suatu grafik gas emisi buang mobil
sinopsis skripsi slide
pertemuan 3
muhasabah diri manusia adalah mahkluk sosial, mereka akan selalu membutuhkan dan saling tolong sesama, selain itu pada muhasabah ini dibahas bahwa manusia juga merupakan mahkluk dinamis dimana mereka akan selalu belajar dan berkembang dalam menyelesaikan masalah terlebih lagi bahwa manusia juga memiliki akal
akal dan hati yang dimiliki manusia juga mempunya kendala yang dibahas pada kelas ini, yaitu K, E, dan M
k = ketidaktahuan
E = Egois
M = Malas
3 penyakit utama pada manusia, dipertanyakan bagaimana manusia bisa mengalahkan penyakit negatif ini? di jelaskan bahwa metode komputasi dapat membantu manusia dimana komputer yang mengerjakan suatu data dalam menyelesaikan suatu permasalahan, manusia dapat mengikuti metode dimana mereka mengerjakan dan mengutamakan pekerjaannya dan terus berkembang dalam menyelesaikan masalahnya
QUIZ 1
pertemuan ke 4, ABSTRAK SKRIPSI
judul : perencanaan instalisasi gas buang mobil suzuki carry 4 tak kapasitas 1500 cc
Berkembangnya pesat dunia teknologi dizaman modern ini menciptakan kendaraan dengan kegunaan dan manfaat masing-masing yang dapat membantu pekerjaan dalam sehari-hari, dapat dilihat bagaimana peran suatu kendaraan pada kehidupan masyarakat yang begitu penting. Dalam halnya, kendaraan pun tidak hanya membawa hal positif dalam kehidupan masyarakat, dapat dilihat salah satu efek kendaraan ialah polusi udara, tercatat bahwa polusi udara pada kota-kota besar diakibatkan oleh kendaraan. Sistem pembuangan adalah saluran untuk membuang sisa hasil pembakaran pada mesin dalam. Sistem pembuangan terdiri beberapa komponen seperti knalpot yang digunakan dalam sistem pembuangan kendaraan yang disalurkan pada tempat yang aman bagi pengguna mesin. Perlu diketahui bahwa pada gas buang mobil terdapat komponen yang berbahaya bagi tubuh manusia seperti gas CO (karbon monoksida), Pb (timbal), gas CO2 (karbon dioksida), dan kabut karbon. Dengan adanya penyaringan khusus pada kendaraan, dapat menurunkan efek gas buang pada lingkunga sekitar
pertemuan ke 5, Optimasi Kebutuhan Energi pada Manusia
Apa itu kalori? Kalori adalah energi yang dibutuhkan oleh manusia untuk melakukan aktivitas atau mengeluarkan energi lainya, kalori kita dapatkan pada makanan dengan takaran yang berbeda tiap jenisnya. Kandungan kalori adalah sesuatu yang penting untuk diketahui dan di bataskan untuk mendapatkan tubuh yang sehat. Disebut takaran kalori dikarenakan tiap-tiap mempunyai perbedaan kebutuhan kalori itu sendiri, faktor lainnya seperti
-tinggi badan
-berat badan
-aktivitas masing-masing
-umur
umumnya rata-rata wanita membutuhkan sekitar 1600-2400 kalori (dengan satuan kilokalori) per hari, sedangkan laki-laki membutuhkan 2000-3000 kalori.
Apa yang terjadi pada tubuh jika kalori atau energi yang dimasukkan pada tubuh tidak di gunakan sebagai bahan bakar ? kalori-kalori yang sudah masuk kedalam tubuh akan tersimpan sebagai lemak
dalam pembagian Optimasi energi Sesuai diatas sudah dijabarkan kebutuhan kalori atau energi per harinya secara umum, bagaimana cara menghitung kebutuhan masing-masing ? Terdapat 2 cara yang sering digunakan oleh ahli gizi, yaitu BMR dan WHO
A. BMR atau Basal Metabolic Rate adalah jumlah energi yang dikeluarkan pada tubuh manusia dalam satu hari dimana kondisi tubuh saat istirahat atau tidak, dimana persamaan yang di kembangkan oleh Harris Benedict :
- kebutuhan energi laki-laki = 88.362 + (13.397 x berat badan [kg]) + (4.799 x tinggi badan [cm]) – (5.677 x umur)
- kebutuhan energi wanita = 655,1 + 9,6 x (berat badan dengan satuan kilogram) + 1,9 x (tinggi badan dengan satuan centimeter) dibagi dengan 4,7 x umur
Hasil tersebut akan dikalikan dengan faktor aktivis fisik, dimana pembagiannya Dimana KKB adalah kebutuhan Kalori Basal
-aktivis sangat ringan = KKB x 1,2
-aktivis ringan = KKB x 1,375
-aktivis sedang = KKB x 1,55
-aktivis berat = KKB x 1,725
-aktivis sangat berat = KKB x 1,9
B. menggunakan rumus yang dianjurkan oleh WHO (World Earth Organization), dimana rumus ini dengan mempertimbangkan umur
Contoh untuk wanita berusia 18-29 tahun, digunakan rumus 14,7 x (berat badan dalam satuan kilogram) + 496
Sedangkan untuk laki-laki berusia 18-29 tahun, digunakan rumus 15,3 x (berat badan dalam satuan kilogram) + 679
Setelah itu hasil yang didapat akan tetap dikalikan dengan faktor aktivitas fisik.
sumber: https://www.alodokter.com/
Pertemuan ke 6
kali ini kelas membahas mengenai analisis dengan teknik komputasi dimana analisis ini digunakan karena suatu permasalahan harus jelas untuk menentukan suatu masalah untuk menentukan juga solusi pada masalah tersebut. dengan teknik komputasi dan memperdalam ilmunya, maka hidup kita juga akan berkembang dengan cara sudut pandang suatu ilmu teknik komputasi pada analisi dengan komputasi itu sendiri terbagi, yaitu:
1. initian thinking: ini merupakan langkah dimana kita mengumpulkan suatu informasi dimana isi tersebut adalah solusi, tujuan dan perumusan masalah dan akan kita rangkap menjadi satu informasi
2. model matematis: dengan data yang sudah kita kumpukan, pada langkah ini kita akan berpacu pada refrensi dan informasi-informasi yang sudah ada, sehingga kita dapat menganalisa suatu variabel yang sudah ada dan dapat kita kembangkan untuk mencari solusi
3. simulasi proses: langkah ini melakukan eksekusi model yang sudah dan kita tentukan pada permsalahan ini
4. verifikasi dan validasi: langkah dimana kita akan menguji suatu model yang dilakukan. dimana kita memastikan tidak adanya kesalahn pada proses dan hasil
5. solusi: langkah ini adalah langkah terakhir dimana disini kita mendapatkan hasil model matematis dimana kita juga dapat mendiskusikan hasil akhir dan membuat laporan hasil.
pertemuan ke 7
pertemuan ke tujuh ditiadakan dikarenakan adanya kasus COVID-19, dimana virus ini sudah menyebar dibeberapa negara, dan akhir-akhir ini sudah memasuki negara indonesia. Pada keadaan seperti ini, maka universitas indonesia tetap melaksanakan kegiatan perkuliahan dengan metode online, dengan sebutan PJJ singkatan dari Perkuliahan Jarak Jauh
dengan memanfaatkan perkembangan zaman, perkuliahan dapat dilakukan secara online mau itu secara grup chat atau pun conference video call dimana universitas indonesia sendiri sudah menyiapkan dan merekomendasikan untuk pembelajaran online, dimana menggukana EMAS (E-learning Management System) dan Zoom, untuk conference video call
Tugas Ujian Tengah Semester (UTS)
pada sesi UTS pada kelas komputasi teknik diberikan 3 tugas yang bersangkutan dengan pertemuan-pertemuan kelas sebelumnya, berikut tugas berserta jawaban
1. Membuat laporan hasil tugas optimasi kebutuhan manusia.
pada tugas kali ini saya memberikan analisa beserta hasil yang saya dapatkan dengan data penulisan saya sebelumnya
seperti dengan penulisan saya sebelumnya mengenai energi dan kalori, kali ini saya akan memberikan informasi berupa kegiatan saya dari tanggal 2 maret 2020 sampai 5 maret 2020 dimana kegiatan hari dimana saya memulai aktivitas dan perkuliahan hingga pulang ke rumah, aktivitas yang saya data merupakan aktivitas-aktivitas penting di hari itu dimana kegiatan yang cukup untuk dimasukan, didata dan dihitung untuk optimasi energi
pada gambar diatas, menjelaskan identitas kondisi saya untuk data pada optimasi energi ini seperti penjelasan sebelumnya bahwa berat badan (bb), tinggi badan (tb) dan umur adalah faktor penting untuk mengetahui suatu batasan energi per-orangan
kali ini saya akan menggunakan rumus BMR 88.362 + (13.397 x berat badan [kg]) + (4.799 x tinggi badan [cm]) – (5.677 x umur) dengan rumus ini, kita memasukan data diatas dan akan mendapatkan hasil energi itu
setelah mengetahui batasan energi, dengan tabel diatas memeperlihatkan aktivitas yang saya lakukan 4 hari masa perkuliahan
hasil akhir dapat dilihat pada grafik ini dimana 4 hari masa perkuliahan saya dapat disimpulkan hari senin dan selasa lebih banyak memakan energi, jika dibandingkan hari senin memiliki jadwal yang lebih padat dan selasa memiliki kegiatan tambahan sebelum kegiatan perkuliahan
2. Menyiapkan draft paper project komputasi teknik
berikut draft pada skripsi saya, yang berjudul perencanaan instalisasi gas buang mobil suzuki carry 4 tak kapasitas 1500 cc
A.pendahuluan
Berkembangnya pesat dunia teknologi dizaman modern ini menciptakan kendaraan dengan kegunaan dan manfaat masing-masing yang dapat membantu pekerjaan dalam sehari-hari, dapat dilihat bagaimana peran suatu kendaraan pada kehidupan masyarakat yang begitu penting. Dalam halnya, kendaraan pun tidak hanya membawa hal positif dalam kehidupan masyarakat, dapat dilihat salah satu efek kendaraan ialah polusi udara, tercatat bahwa polusi udara pada kota-kota besar diakibatkan oleh kendaraan Sistem pembuangan adalah saluran untuk membuang sisa hasil pembakaran pada mesin dalam. Sistem pembuangan terdiri beberapa komponen seperti knalpot yang digunakan dalam sistem pembuangan kendaraan yang disalurkan pada tempat yang aman bagi pengguna mesin. Perlu diketahui bahwa pada gas buang mobil terdapat komponen yang berbahaya bagi tubuh manusia seperti gas CO (karbon monoksida), Pb (timbal), gas CO2 (karbon dioksida), dan kabut karbon Dengan adanya penyaringan khusus pada kendaraan, dapat menurunkan efek gas buang pada lingkunga sekitar
B.Perumusan masalah
1.Bagaimana Perencanaan komponen-komponen gas buang mobil dengan 4 tak 1500 cc?
2.Bagaimana hasil perbandingkan kerja gas buang menggunakan dan tidak menggunakan saringan beserta efek pada lingkungan ?
C.Batasan masalah
1.Menganalisa suatu perencanaan gas buang kendaraan mobil Suzuki carry
2.Membandingkan emisi gas menggunakan dan tidak menggunakan saringan
3.Pengambilan data hanya dilakukan pada mobil yang berkapasitas 1500 cc
4.Penelitian hanya menggunakan kendaraan mobil berbahan bakar bensin
D.Tujuan penelitian
1.menjelaskan perencanaan suatu gas buang mobil Suzuki carry yang berkapasitas 1500 cc
2.menjelaskan perbandingan suatu gas buang menggunakan dan tidak menggunakan saringan pada perencanaan gas buang
E.Metode penelitian
dalam mengerjakan penelitian ini, saya melakukan 3 teknik dalam pengumpulan data
1.metode studi literatur
2.metode interview
3.metode observasi
3.membuat video persentasi hasil belajar
saya akan menupload video mengenai perkenalan dan mengoperasikan software Matlab
berikut video mengenai matlab
QUIZ 2
berikut jawaban saya dalam mengerjakan quiz 2 komputasi teknik
https://drive.google.com/drive/folders/171-_g85Mszn2UKZgjnV4MhsDoj8hASDg
pertemuan ke 12
pada pertemuan ini kelas di harap dan dapat menjelaskan 2 point penting yang bertujuang agar mahasiswa dapat mengenali diri dan mengembangkan diri pada kelas komputasi teknik
dimana mahasiswa harus mengerti "skill" apa yang mereka kuasai dalam bidang komputasi teknik, dimana skill yang dimaksud seperti pemahaman teori dan praktek kasus atau simulasi dengan menggunakan software ke dua, mahasiswa harus mengerti "value" dalam kegiatan komputasi teknik dimana mahasiswa dapat mengenal dan memahami konsep-konsep komputasi teknik
penjelasan singkat matlab
Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan mengenai matlab karena software matlab itu sendiri sangat mempengaruhi pada perkembangan simulasi dan Bahasa komputasi teknik
Matlab merupakan singkatan dari matrix laboratory, Matlab merupakan perangkat standar untuk memperkenalkan dan mengembangkan penyajian materi matematika dan rekayasa Pada bidang industry matlab digunakan untuk penelitian, pengembangan dan Analisa, hal ini dibantu dengan fitur toolbox pada matlab yang digunakan dengan learn and aply
Toolbox ini merupakankumpulan dari fungsi-fungsi matlab (M-files) yang telah dikembangkan ke suatu lingkungan kerja MATLAB untuk memecahkan masalah dalam kelas particular. Area-area yang sudah bisa dipecahkan dengan toolbox saat ini meliputi pengolahan sinyal, system kontrol, neural networks, fuzzy logic, wavelets, dan lain-lain Berikut sistem utama matlab
1.Development Environment, merupakan sekumpulan perangkat dan fasilitas yang membantu kita untuk menggunakan fungsi-fungsi dan file-file MATLAB
2.Matlab Mathematical Function Library, merupakan sekumpulan algoritma komputasi mulai dari fungsi-fungsi dasar sepertri: sum, sin, cos, dan complex arithmetic, sampai dengan fungsi-fungsi yang lebih kompek seperti matrix inverse, matrix eigenvalues, Bessel functions, dan fast Fourier transforms
3.Matlab Language, merupakan suatu high-level matrix/array language dengan control flow statements, functions, data structures, input/output, dan fitur-fitur object-oriented programming
4.Graphics, Matlab memiliki fasilitas untuk menampilkan vector dan matrices sebagai suatu grafik
5.Matlab Application Program Interface (API), merupakan suatu library yang memungkinkan program yang telah kita tulis dalam bahasa C dan Fortran mampu berinterakasi dengan MATLAB. Ini melibatkan fasilitas untuk pemanggilan routines dari MATLAB (dynamic linking), pemanggilan MATLAB sebagai sebuah computational engine, dan untuk membaca dan menuliskan MAT-files.
Tugas UAS
pada kelas komputasi teknik ini, diberikan soal untuk UAS, berikut soal :
Soal ini mengenai pemodelan dinamika gerakan sebuah kendaraan mobil. Umumnya spesifikasi sebuah mobil dilengkapi dengan data Berat total, Daya dan Torsi pada putaran mesin tertentu serta koefisien hambatan aerodinamis. Kembangkanlah sebuah model komputasi teknik untuk menentukan waktu yang diperlukan sebuah mobil spesikasi yg diberikan untuk bergerak mencapai kecepatan penuh dari keaadaan diam. Gunakan prosedur komputasi teknik (analisis awal (masalah), penentuan model matematis dinamika gerakan mobil lengkap dgn gaya gesekan dan hambatan aerodinamis (dengan asumsi2 yang dijelaskan), langkah2/algoritma penyelesaian numerik (menggunakan salah satu metoda: Runga Kutta, Finite diferrence atau finite elemen atau metoda numerik lainnya dan gunakan komputer untuk menghitung waktu yg diperlukan (top speed) pada berbagai spesifikasi mobil menggunakan algoritma tersebut. Tulis jawaban (sampai algoritma sj) dan nama anda pada kertas (tulisan tangan/tidak perlu diketik), foto lbr jawaban anda dan kirim via wa sy (japri). Waktu pengerjaan s/d jawaban algoritma adalah 30 menit. Jawaban tertulis ini harus disertai dgn catatan muhasabah (evaluasi diri) belajar anda selama satu semester dan tuliskan nilai anda/huruf (yang pantas, fair dan jujur (pada diri sendiri) menurut anda dibanding teman sekelas) yang menunjukan pencapaian anda dlm belajar komputasi teknik (nilai akhir, insyaaAllah, saya yang menentukan)
initial thinking
diketahui, kendaraan mobil dengan memiliki spesifikasi lengkap dalam keadaan diam dan akan ditentukan waktu untuk mobil mencapai kecepatan maksimum
ditanya, permodelan kasus menggunakan metode analisa komputasi teknik
permodelan
jawab