Difference between revisions of "Achnaf Fauzan Umar"

From ccitonlinewiki
Jump to: navigation, search
Line 120: Line 120:
 
== Tugas 4 ==
 
== Tugas 4 ==
 
untuk permasalhan boundary value problem saya mengambil data dari perkerjaan tugas pengaruh kecepatan terhadap hambatan yang dikerjakan di CFDSOF, kali ini untuk mengerjakan contoh tugas boundary value problem saya mengambil hanya 3 data
 
untuk permasalhan boundary value problem saya mengambil data dari perkerjaan tugas pengaruh kecepatan terhadap hambatan yang dikerjakan di CFDSOF, kali ini untuk mengerjakan contoh tugas boundary value problem saya mengambil hanya 3 data
[[File:Metnum tugas 4 1.JPG|400px|thumb|left|]]
+
[[File:Metnum tugas 4 1.JPG|400px|thumb|center|]]
[[File:Metnum tugas 4 2.JPG|400px|thumb|right|]]
+
[[File:Metnum tugas 4 2.JPG|400px|thumb|center|]]
  
 
Initial Value Problem
 
Initial Value Problem
 
Lalu pada soal kali ini  soal kali ini saya membuat modul untuk mengetahui jarak tempuh dari mobil hendak berhenti, nilai yang saya masukan adalah
 
Lalu pada soal kali ini  soal kali ini saya membuat modul untuk mengetahui jarak tempuh dari mobil hendak berhenti, nilai yang saya masukan adalah
 
kecepatan awal : 100m/s waktu berhenti : 20 s kecepatan akhir : 0
 
kecepatan awal : 100m/s waktu berhenti : 20 s kecepatan akhir : 0
[[File:Metnum tugas 4 3.JPG|400px|thumb|right|]]
+
[[File:Metnum tugas 4 3.JPG|400px|thumb|center|]]

Revision as of 14:24, 8 May 2020

Panjiw.jpg

Perkenalkan nama lengkap saya Achnaf Fauzan Umar,mahasiswa teknik perkapalan Fakultas Teknik Universitas Indonesia angkatan 2018. Saya senang mempelajari hal baru umtuk mengembangkan potensi dalam diri saya. Sejak dulu saya sangat tertarik dengan dunia IT,sejak TK saya sudah mulai mengenal komputer dari salah satu mata pelajaran di TK saya. Lalu hal tersebut berlanjut hingga saya tumbuh dewasa dan kemudian mengenal game online. Pada saat itu saya sangat tertarik tentang bagaimana game tersebut dapat dibuat dan di program.Dengan berbekal melihat dari beberapa video di youtube tentang pengkodingan dan lain sebagainya.Mulai dari hal tersebutlah saya mulai meningkatkan skill saya dalam pengoprasian program,karena menurut saya hal tersebut sangat penting untuk terus ditingkatkan karena di era sekarang semua serba digital.

Pertemuan Minggu Ke-1

Pada pertemuan pertama kelas Metode numerik,Bapak Dr. Ahmad Indra Siswantara atau Pak Dai pertama- tama mengenalkan tentang website air.eng.ui.ac.id.Kami semua lalu membuat akun AIR masing-masing dan Pak Dai mulai menuntun kami untuk membuat page diri masing masing.Lalu disitu kami menjelaskan tentang diri kami dan menjelaskan tentang pengetahuan atau pengalaman apa saja yang telah dimiliki dalam bidang Komputerisasi.Setelah itu Pak Dai menjelaskan tentang tujuan atau output apa saja yang diharapkan dapat tercapai oleh kami setelah mendapat mata kuliah metode numerik ini.Yang terpenting Pak Dai menyampaikan bahwa manusia tidak akan bisa melakukan atau berbuat apapun tanpa kehendak Tuhan Yang Maha Esa. Lalu Pada akhir pertemuan Pak Dai memberikan tugas untuk melihat perbandingan dalam menyelesaikan suatu persamaan matematik dengan menggunakan perhitungan manual dan juga aplikasi software.

Tugas 1

Soalmetnumpr.jpg

Kami diminta untuk membandingkan perhitungan dengan menggunakan metode manual dan juga menggunakan software. Berikut adalah hasil dari perhitungan manual saya :

Perhitungan manual-1.jpg

Dengan perhitungan manual,nilai f(x) yang saya dapatkan untuk x=1 adalah 2 Lalu setelah itu saya melakukan perhitungan dengan menggunakan software Python. Hasilnya adalah sebagai berikut :

1 python.PNG
Python 2.PNG
Python 3.PNG

Setelah memasukan persamaan dan nilai yang diminta pada soal,ternyata hasil yang di dapatkan dengan menggunakan software python sama dengan hasil yang di dapat dengan menghitung manual,yaitu nilai f(x) untuk x=1 adalah 2 Jadi hal yang saya pelajari dari tugas ini adalah,perhitungan dengan menggunakan software sangat membantu kita dalam menyelesaikan persamaan-persamaan yang rumit,karena dengan menggunakan software waktu pengerjaan akan sangat efisien dan juga akan menghindari kita dari keliru dalam menghitung suatu persamaan jika menggunakan metode manual.


Pertemuan Ke-2

Pada pertemuan kali ini,Pak Dai kembali mengaskan tujuan dalam belajar mata kuliah metode numerik.Yaitu salah satunya bagaimana diri kita melawan rasa malas karena hal tersebut akan sangat merugikan bagi diri kita jika dibiarkan.Kita juga diingatkan agar senantiasa bersyukur atas nikmat yang diberikan oleh Tuhan.

Lalu Kami diminta untuk mencari soal di buku yang memang menarik untuk dikerjakan

Setelah saya mencari akhirnya saya menemukan soal yang ingin saya selesaikan,yaitu soal nomor 4 pada problem set 2.3 sebagai berikut

Soal metnum tugas 2.JPG

Alasan saya memilih soal tersebut adalah karena soal seperti itu sangat sering saya jumpai dan kerjakan dengan metode hitung manual,maka dari itu saya ingin mencoba untuk mengerjakannya menggunakan aplikasi untuk dapat melihat apakah hasilnya sama jika dikerjakan dengan manual,dan juga apakah dengan menggunakan software proses perhitungan jauh lebih mudah atau tidak.

Tugas 2

Setelah saya memilih soal diatas,lalu saya melakukan perhitungan dengan menggunakan software python.Namun karena pada perhitungan kali ini mencari nilai inverse dari matriks,maka terlebih dahulu kita harus menginstall numpy pada software python. Setelah itu baru kita dapat melakukan perhitungan dengan formula sebagai berikut

Formula 4 A
Formula 4 B


Setelah mendapat 2 formula tersebut,lalu tekan run dan akan langsung muncul hasil dari inverse matriks tersebut sebagai berikut

Jawaban Soal 4 A
Jawaban Soal 4 B

Setelah saya mengerjakan soal invers matriks diatas menggunakan software,saya dapat menyimpulkan bahwa penggunaan software ini sangat membantu dan mempermudah proses penyelesaian dari penghitungan invers matriks yang saya coba.Serta dengan menyelesaikan permasalahan diatas dengan menggunakan software selain jauh lebih cepat,hasil perhitungan pun akan jauh lebih teliti dan mengurangi kemungkinan terjadinya kekeliruan dalam menghitung.

Progres Pembelajaran

PPT Metnum 1.JPG
PPT Metnum 2.JPG
PPT Metnum 3.JPG

Pertemuan Ke-3

Pada pertemuan ke -3 kami mempelajari tentang perlunya permodelan sebelum memulai metode numerik.Pada pertemuan kali ini juga membahas tentang frekuensi.Dan juga banyaknya hal hal yang bisa dipermudah dengan menggunakan metode numerik


Asistensi Metnum

Metnumppt1.JPG
Metnumppt2.JPG
Metnumppt3.JPG
Metnumppt4BJPG.jpeg

Pertemuan Ke-4

Pada pertemuan ke-4 kami mempelajari tentang CDF Software,yaitu software yang berguna untuk menyelesaikan perhitungan atau permasalahan fluida dengan menggunakan metode numeri. Pada pertemuan kali ini kami juga mempraktikan penggunaan software CDF,objek yang digunakan adalah kapal selam dan yang kami coba untuk hitung adalah hambatan kapal selam tersebut saat menyelam.

Asistensi Metnum 2

Asis2slide1.JPG
Asis2slide2.JPG
Asis2slide3.JPG
Asis2slide4.JPG

Tugas CFDSOF

Pada tugas kali ini pertama tama hal yang dilakukan adalah mengupload file model yaitu UssALbacore.stl ke CFDSOF lalu akan muncul model seperti berikut

Tugas4(1).png

Setelah model di input,ubah data Geometry Mesh pada model tersebut sesuai dengan data kita,lalu ganti pula data Body Mesh dan Generate Mesh pada model. Setelah data data tersebut diganti,langkah selanjutnya yaitu klik generate pada data baru tersebut.

Tugas4(2).png

Setelah itu pilih Check Mesh dan mengganti data simulation yang ada,setelah data simulation diganti barulah ubah data water fluid properties seperti berikut

Tugas4(3).png

Setelah itu kita harus mengubah Boundary condition yang tertera pada permodelan kita,setelah mengubah Boundary condition lalu kita pilih CFD Solve. Setelah itu run Solver pada CDF.Setelah itu kita memilih run solver kita akan mendapatkan grafik hasil dari penyelesaian kita

Asistensi Metnum 3

Asis 3 (1).JPG
Asis 3 (2).JPG
Asis 3 (3).JPG

Tugas 5

Untuk Permasalahan Boundary value problem saya menggunakan data yang sudah saya dapatkan dari CFDSOF pada saat tugas pengaruh kecepatan terhadap hambatan

Tugas 5 (1).JPG
Tugas 5 (2).JPG

Namun memang terdapat error saat saya menjalankan modul seperti terlihat diatas

Tugas 6

Berikut adalah Soal dari tugas yang diberikan oleh bang Edo saat asistensi

Tugas 6 soal (2).jpg

Berikut adalah penyelesaian soal tersebut dengan menggunakan python sehingga diperoleh Luasan maksimal dari kayu sepanjang 20 meter yaitu sebesar 25 M²

Tugas 6 (1).JPG
Tugas 6(2).JPG

UTS Metode Numerik

Berikut merupakan tugas pengganti UTS METODE NUMERIK yaitu menguploud langkah - langkah mencari nilai hambatan kapal(drag) menggunakan aplikasi CFDSOF Link Video Tugas Pengganti Metode Numerik


Tugas 3

Pada tugas kali ini saya akan menyelesaikan perhitungan mengenai gerak jatuh bebas Pertama saya akan menggunakan cara manual terlebih dahulu Dengan menggunakan cara manual,didapat hasil sebagai berikut

Metnum tugas 3 manual.jpg

Setelah itu saya melakukan perhitungan menggunakan python dengan memasukan komponen perhitungan terlebih dahulu sebagai berikut

Metnum tugas 3 buah jatuh foto.JPG

Setelah itu diperoleh hasil

Metnum tugas 3 buah jatuh foto 2.JPG

Tugas 4

untuk permasalhan boundary value problem saya mengambil data dari perkerjaan tugas pengaruh kecepatan terhadap hambatan yang dikerjakan di CFDSOF, kali ini untuk mengerjakan contoh tugas boundary value problem saya mengambil hanya 3 data

Metnum tugas 4 1.JPG
Metnum tugas 4 2.JPG

Initial Value Problem Lalu pada soal kali ini soal kali ini saya membuat modul untuk mengetahui jarak tempuh dari mobil hendak berhenti, nilai yang saya masukan adalah kecepatan awal : 100m/s waktu berhenti : 20 s kecepatan akhir : 0

Metnum tugas 4 3.JPG