Difference between revisions of "Abdul Aziz Ananta"
Abdul.aziz67 (talk | contribs) |
Abdul.aziz67 (talk | contribs) |
||
Line 78: | Line 78: | ||
'''Latihan Eliminasi Gauss''' | '''Latihan Eliminasi Gauss''' | ||
+ | |||
+ | [[File:Abdul Aziz Ananta_1606878266_latihan Elimination Gauss (penjelasan) .py]] |
Revision as of 06:36, 27 February 2019
Contents
Tugas Metode Numerik 1
6 Februari 2018
Hingga Paling Dasar
Sebagai pembelajar, ilmu adalah tujuan utama dari hasil belajar, namun yang jadi pertanyaan adalah apakah ilmu yang kita dapatkan sudah benar-benar didapatkan? maksudnya hingga paling dasar.
Contohnya = (X^2-1)/(X-1) , dengan x = 1 seperti yang dicontohkan di papan tulis pada mata kuliah Metode Numerik. Pertanyaannya mengapa x=1 tidak bisa langsung dimasukkan?, banyak yang menjawab karena harus di-diferensialkan dan disederhanakan terlebih dahulu, namun banyak yang tidak tahu mengapa hal itu harus dilakukan dan apa penyebabnya?. Nah inilah yang dimaksud mengambil ilmu setengah-setengah.
Pada kelas Metode Numerik, Aki DAI mengatakan bahwa pada saat belajar kita harus selalu menyertakan pertanyaan-pertanyaan sampai paling mendasar hingga pertanyaan tersebut habis. Sehingga kita dapat paham sepenuhnya dengan dicerna dan tidak menelan ilmu mentah-mentah. Dengan begitu proses belajar menjadi lebih banyak manfaat dan jika ada pertanyaan-pertanyaan seputar pelajaran tsb, kita dapat menjawab hingga ke akar layaknya seorang ahli.
Mudah-mudahan kita sebagai mahasiswa dapat selalu menerapkan proses pembelajaran seperti ini, dan selalu menjadi orang yang merasa bodoh sehingga selalu penasaran dengan hal-hal yang belum diketahui serta tidak malu untuk bertanya.
-Abdul Aziz Ananta-
Tugas Metode Numerik 2
13 Februari 2019
Tugas Metode Numerik 2
ax + by = c dan px + qy =r dengan a,b,c,d,p,g,r adalah koeffisien dan x,y adalah variabel. buatlah algoritma dan flowchart dengan outputnya adalah syntax dengan 7-9 instruksi.
import numpy as np
A=np.array([
[a,b,c] ])
B=np.array([
[p,q,r] ])
Print A+B print A-B
Pertemuan 3 Kelas Metode Numerik
20 Februari 2019
penggunaan python yaitu untuk pengoprasian matematika yang lebih kompleks. seperi dari matrix n x n (anggap 50 x 50)
Materi : pengoprasian pengubahan matrix 3x3 diubah menjadi matrix segitiga bawah 0, dengan metode Gauss. Notasi : n : Jumlah baris/kolom i : Baris ke .. j : kolom k : pivot
Python memiliki bahasa sendiri, dan harus dipelajari sendiri di buku python BAB 1. contoh bahasa :
for k in range (0, n-1) : for i in range (k+1,n) :
if a[i,k] != 0.0: lam = a[i,k]/a[k,k] (lam=lamda, dan a[i,k]=U1] a[i,k+l:n] = a[i,k+1:n] - lam*a[k,k+1:n] b[i] = b[i] - lam*b[k]
penggunaan "if" ialah menjadi pengecualian.
Tugas Metode Numerik 3
20 Februari 2019
Latihan Eliminasi Gauss
File:Abdul Aziz Ananta 1606878266 latihan Elimination Gauss (penjelasan) .py