Difference between revisions of "Arnold layuk mairi"
Arnold.layuk (talk | contribs) (→Tugas 7) |
Arnold.layuk (talk | contribs) |
||
Line 372: | Line 372: | ||
[[File:Zoom_0.mp4|5000px|thumb|centre|]] | [[File:Zoom_0.mp4|5000px|thumb|centre|]] | ||
+ | |||
+ | |||
+ | |||
+ | |||
+ | == UTS == | ||
+ | |||
+ | Mencari Drag pada kapal menggunakan cfdsof | ||
+ | |||
+ | https://www.youtube.com/watch?v=9U39f20GsL4 | ||
+ | |||
+ | Kapal yang saya buat di inventor | ||
+ | |||
+ | [[File:Auvarnold.PNG|2000px|thumb|centre|]] |
Latest revision as of 23:31, 3 April 2020
Contents
Biografi
Nama saya Arnold Layuk Mairi. Saya Berkuliah di Universitas Indonesia jurusan Teknik Perkapalan melalui jalur SNMPTN. Saya memiliki nomor NPM, yaitu: 1806149601. Di selama perkuliahan ini saya terlah mengikuti organisasi IMM ( bidang Humas ) dan sekarang sedang menjalani KPD HTW, yang bergerak diperduniaan RC Boat. setelah lulus dari Teknik Perkapalan berharap dapat menjadi orang yang berguna di lingkungan saya.
Selama saya sekolah, saya sudah pernah mempelajari tentang HTML, akan tetapi berhenti mempelajarinya ketika saya menginjak bangku SMA.
Pertemuan Pertama
Pada tanggal 7 februari 2020 saya perkenalan dan diajarkan wiki oleh dosen. ketika mata kuliah berlangsung saya diajarkan membuat profil saya sendiri di web air.eng.ac.id. ketika membuat profil, saya diajarkan untuk mempost foto dan tulisan. selain itu, saya diajarkan untuk membuat nama kita di main page untuk dijadikan absen. diakhir pelajaran, kami juga diajarkan untuk menjadi mahasiswa yang berintegrasi dan taat kepada Tuhan.
Tugas Pertama
Saya menggunakan aplikasi python untuk menyelesaikan fungsi diatas.
Proses pengerjaan :
1. memasuki format def untuk mendefinisikan suatu fungsi
2. memasuki format print untuk menyatakan hasil di aplikasi python
3. memasuki format int untuk membaca angka di aplikasi python
4. memasuki format input untuk menginput data
Hasil proses pengerjaan saya dengan menggukan aplikasi python
Hasil proses pengerjaan saya dengan manual
Pertemuan Kedua
Pertemuan kali ini, saya diawali dengan mereview ulang materi minggu lalu. setelah itu, dosen mengajak mahasiswanya untuk terbuka tentang mata kuliah metode numerik. dosen mengajarkan kepada kita tentang menghargai ilmu, dimana kita mempelajari metode numerik itu hanya tetesan air di laut yang luas.oleh karena itu, kami diajarkan untuk selalu menghargai dan tetap tekun untuk mencari ilmu. selama perkuliahan, dosen juga meminta kepada kami untuk mencari soal yang menarik di ebook yang diberikan.
Data -> Informasi -> pengetahuan -> ilmu yang bermanfaat ->hikmah -> hidayah
Tugas 2
1. My choice
Dikerjakan secara manual
2. Initial Value Problems
dikerjakan secara manual
dikerjakan dengan menggunakan python
Hasil dari python
Hasil Eror
Presentasi
Asistensi 1
Tugas 3
Mencari Soal dan menyelesaikan permasalahan dengan Range Kutta
Soal :
Cara Penyelesaian Soal dengan Metode Range Kutta (menggunakan Python) :
Hasil Menggunakan Python :
Tugas 4
1. Masukkan file UssALbacore.stl ke CFDSOF
2. ganti data-data Geometry Mesh sebagai berikut :
3. ganti data-data Base Mesh sebagai berikut :
4. ganti data-data Generate Mesh sebagai berikut, lalu di generate
5. Hasil Generate Mash :
6. Lalu klik check mesh
7. setelah itu, ganti data simulation sebagai berikut :
8. Lalu, mengganti data water di fluid properties
9. selanjutnya, ubah Boundary condition
Face name : inlet 1 boundary condition type : velocity inlet
10. lalu klik CFD Solve
11. lalu run solver
12. mendapatkan grafik
NB : hasil saya eror karena di boundary condition saya, box face name tidak dapat diganti
Asistensi 3
Tugas 5
Tugas 6
Contoh soal yang diberikan ialah Toni mempunyai sebuah kayu sepanjang 20 meter. Lalu Toni ingin menjadikan kayu itu menjadi pagar untuk melindungi rumahnya dari pencuri. Ia ingin memiliki seluas mungkin area halaman rumah yang ia huni sekarang tetapi panjang pagar tidak boleh kurang dari 8 meter. Toni mengoptimasi kayu tersebut menjadi pagar yang memiliki Luas maksimum dengan cara?
Menggunakan Anaconda -> Jupyter notebook
Tugas 7
Ada seorang anak ingin membuat maket. untuk membuat maket, diperlukannya gabus. anak tersebut hanya memiliki gabus sepanjang 150 cm. untuk membuat maket seluas mungkin, berapakah luasnya?
Jawaban : menggunakan anaconda -> Jupyter Notebook
UTS
Mencari Drag pada kapal menggunakan cfdsof
https://www.youtube.com/watch?v=9U39f20GsL4
Kapal yang saya buat di inventor