Difference between revisions of "Sevenno sihotang"
(→Laporan Asistensi) |
(→Tugas 3) |
||
Line 107: | Line 107: | ||
[[File:runga23.jpg|thumb|center]] | [[File:runga23.jpg|thumb|center]] | ||
+ | |||
+ | ==Asistensi 2== | ||
+ | |||
+ | Pada selasa 02 Maret 2020 kami mengadakan asistensi ke-2 dengan materi interpolasi dan regresi linear. Pertama, asisten dosen mengajarkan bagaimana rumus dan pemakaiannya dipapan tulis. Setelah itu asisten dosen menjelaskan pemogramannya untuk mendapatkan grafik dari data tersebut. |
Revision as of 23:54, 5 March 2020
Contents
Profil Diri
Nama : Sevenno Sihotang
NPM: 1806202273
Jurusan : Teknik perkapalan
Tempat, tanggal lahir : Simanduma, 07 November 2000
Sevenno Sihotang biasa dipanggil peno berasal dari Tigabaru, Sumatra Utara. Saya merupakan salah satu mahasiswa Teknik Perkapalan angkatan 2018. Saya adalah anak ke-6 dari 6 bersaudara. Sekarang tinggal di Asrama Universitas Indonesia dari tahun awal masuk kuliah. Saya mempunyai hobi bermain catur. Belajar programing adalah hal yang cukup sulit saya ikuti tapi menarik bagi saya. Karena hal tersebut membutuhkan ketelitian dan rasa keingintahuan yang tinggi. Sebelumnya saya pernah belajar programing untuk seleksi masuk Tim Robotika Universitas Indonesia (TRUI), tapi hanya sedikit saja.
Pertemuan 1
Jumat, 07 Februari 2020
Pada pertemuan pertama, dimulai dengan perkenalan dari pak Dai. Selanjutnya, Pak dai menjelaskan tentang aturan-aturan selama satu semester kedepan. Memperkenalkan tentang AIR (air.eng.ui.ac.id) kepada mahasiswa. mahasiswa belajar AIR dengan membuat akun terlebih dahulu, selanjutnya membuat profil diri dan juga menceritakan pengalaman-pengalaman tentang seputar belajar programing.
Tugas 1
Sebelumnya Saya minta maaf pak Dai atas keterlambatan saya mengerjakan tugas 1 ini, dikarenakan dari tanggal 8-15 Ferbuari saya ada social project di desa Buni Baru. Dan saya baru bisa memegang laptop setelah pulang dari sana. Jika tugas ini tidak bapak terima, apakah saya boleh meminta tugas pengganti pak. Terima Kasih.
Pengerjaan secara manual
Pengerjaan melalui software Phyton
Komentar
Dari perbandingan pengerjaan soal diatas dengan metode manual dan melalui software, menurut saya dengan pengerjaan secara manual memerlukan kemampuan berpikir mencari penyelesaian dengan otak kita sendiri sehingga membuat kita harus berpikir ekstra untuk mencari penyelesaiannya. Berbeda dengan metode penyelesaian dengan melauli software, cukup kita hanya mengetahui cara program penyelesaian soalnya di software dan juga soalnya kita sudah mengetahui jawabannya tanpa harus memikirkan bagaimana cara penyelesaiaannya dengan kepala kita sendiri. Sehingga menurut saya pengerjaaan melalui software jauh lebih mudah daripada manual asalkan kita mengetahui program penyelesaian soalnya. Terima kasih
Pertemuan 2
Jumat, 14 Februari 2020
Pada hari jumat pertemuan ke-2, saya tidak bisa hadir di kelas metode numerik. Dikarenakan saya sedang mengikuti social project di Desa Buni Baru, Bekasi dari tanggal 7-14 Februari.
Tugas 2
Soal 1
soal pertama ini kita diminta Pak Dai untuk mencari salah satu soal dari buku, lalu mengerjakannya dengan cara manual dan juga melalui software. Pada soal ini diminta mencari berapa nilai x (x1,x2,x3) dengan metode gauss elimination.
Jawaban Manual :
Jawaban dengan Phyton:
Komentar
Menurut saya pengerjaan dengan menggunakan software sangat memudahkan saya menyelesaikan soal dibandingkan dengan cara manual yang menuntut saya harus birpikir ekstra untuk mencari jawabannya. Ditambah lagi saya harus teliti jika mengerjakan secara manual. Tetapi menurut saya kekurangan menggunakan software adalah saya tidak tau cara penyelesaian soalnya, karena jika memakai software yang diperlihatkan adalah hanya jawaban akhirnya. Dalam pengerjaan soal ini saya menggunakan sympy. Sympy sendiri adalah bagian dari software phyton yang berisi kode-kode pemograman matematika. Terima kasih
soal 2
Jawaban dengan Phyton:
Komentar
Pada Pengerjaan soal fisika atau gerak jatuh bebas ini saya menggunakan pemograman sederhana dengan menggunakan phyton. Soal ini juga saya tidak menggunakan sympy seperti soal-soal sebelumnya. Menurut saya soal ini cukup mudah untuk diselesaikan dengan cara manual karena tidak menggunakan rumus-rumus yang panjang ataupun rumit. Terima Kasih.
Progres Metode Numerik
Pertemuan 3
Frekuensi adalah jumlah gerakan bolak balik dalam satuan waktu, Jika dala berinteraksi atau berkomunikasi harus satu frekuensi agar dapat tersambung satu sama lain. Pemodelan : Seperti apa model matematis yang bisa mewakili gerakan dinamis massa tersebut. dm/dt=0 adalah prinsip konservasi massa, menyatakan bahwa massa tidak dapat diciptakan tetapi dapat diubah. Do/Do t adalah perubahan hanya satu komponen seperti perubahan jarak. Dv/Dt adalah perubahan 2 komponen. Contohnya perubahan jarak dan waktu.
Laporan Asistensi 1
Tugas 3
SoalJawaban:
Asistensi 2
Pada selasa 02 Maret 2020 kami mengadakan asistensi ke-2 dengan materi interpolasi dan regresi linear. Pertama, asisten dosen mengajarkan bagaimana rumus dan pemakaiannya dipapan tulis. Setelah itu asisten dosen menjelaskan pemogramannya untuk mendapatkan grafik dari data tersebut.