Difference between revisions of "Djordan Ranadi Putra"
(→Pertemuan 2) |
|||
Line 30: | Line 30: | ||
harus diinterpretasikan supaya mendapatkan solusi | harus diinterpretasikan supaya mendapatkan solusi | ||
untuk melakukan simulasi harus dilakukan pengulangan | untuk melakukan simulasi harus dilakukan pengulangan | ||
+ | |||
+ | print (“Tugas Metnum \n ax + by = c\n px + qy = r”) | ||
+ | a = float(input("nilai a =")) | ||
+ | b = float(input("nilai b =")) | ||
+ | c = float(input(“nilai c =")) | ||
+ | p = float(input("nilai p =")) | ||
+ | q = float(input("nilai q =")) | ||
+ | r = float(input("nilai r =")) | ||
+ | |||
+ | if a == p: | ||
+ | i = b - q | ||
+ | j = c - r | ||
+ | y = j/i | ||
+ | x = (c -(b*y))/a | ||
+ | print("nilai y=",y,"nilai x =",x) | ||
+ | elif a == 0: | ||
+ | y = c / b | ||
+ | x = (r - (q * y)) / p | ||
+ | print("nilai y=", y, "nilai x =", x) | ||
+ | elif b == 0: | ||
+ | x = c / a | ||
+ | y = (r - (p * x)) / q | ||
+ | print("nilai y=", y, "nilai x =", x) | ||
+ | elif p == 0: | ||
+ | y = r / q | ||
+ | x = (c - (a * y)) / b | ||
+ | print("nilai y=", y, "nilai x =", x) | ||
+ | elif q == 0: | ||
+ | x = r / p | ||
+ | y = (c - (a * x)) / b | ||
+ | print("nilai y=", y, "nilai x =", x) | ||
+ | elif a != p : | ||
+ | a2= a*p | ||
+ | b2=b*p | ||
+ | c2=c*p | ||
+ | p2=p*a | ||
+ | q2=q*a | ||
+ | r2=r*a | ||
+ | i2 = b2 - q2 | ||
+ | j2 = c2 - r2 | ||
+ | y = j2 / i2 | ||
+ | x = (c - (b * y))/a | ||
+ | print("nilai y=", y, "nilai x =", x) | ||
+ | input() |
Revision as of 10:27, 20 February 2019
Pertemuan 1
Tujuan Perkuliahan Metode Numerik 1. Memahami konsep/prinsip dan menerapkannya 2. Menjadi orang yang lebih mengenal siapa dirinya
Metode Numerik 1. Mempelajari tentang Algoritma, Flowchart, Pemrograman, dan Metode iterative 2. Penyelesaian persamaan-persamaan dan Aljabar Simultan 3. Differensial dan Integral 4. Optimasi 5. Studi Kasus
Pada pertemuan pertama membahas terkait definisi/pengertian dari metode numerik. Dalam kelas metode numerik kedepannya kita akan mempelajari perhitungan yang akan dibantu dengan alat komputer. Sebelum menghitung dengan komputer kita harus membuat perhitungan-perhitungan yang akan dimasukkan ke dalam komputer menjadi sederhana supaya kita bisa mendapatkan hasil yang tepat. Dan saat pertemuan pertama terdapat contoh soal dan juga pembahasan terkait AKAL.
Pertemuan 2
Masalah teknik yang mungkin bisa dipecahkan dengan metode numerik, yaitu masalah pemasangan komponen-komponen pada kapal seperti mesin
Teknik : diselesaikan dengan cara teoritis, percobaan, dan komputasi Metode Numerik, menyelesaikan masalah dengan cara komputasi Setelah mendapatkan masalah harus dicari model matematika dan hukum-hukum yang sesuai dengan masalah tersebut Langkah-langkah perhitungan untuk menyelesaikan masalah disebut algoritma untuk menyelesaikan algoritma tersebut membutuhkan sebuah program Komputer hanya mengerti bilangan biner setiap perhitungan disebut simulasi bisa juga dikatakan menjalankan program harus diinterpretasikan supaya mendapatkan solusi untuk melakukan simulasi harus dilakukan pengulangan
print (“Tugas Metnum \n ax + by = c\n px + qy = r”) a = float(input("nilai a =")) b = float(input("nilai b =")) c = float(input(“nilai c =")) p = float(input("nilai p =")) q = float(input("nilai q =")) r = float(input("nilai r ="))
if a == p:
i = b - q j = c - r y = j/i x = (c -(b*y))/a print("nilai y=",y,"nilai x =",x)
elif a == 0:
y = c / b x = (r - (q * y)) / p print("nilai y=", y, "nilai x =", x)
elif b == 0:
x = c / a y = (r - (p * x)) / q print("nilai y=", y, "nilai x =", x)
elif p == 0:
y = r / q x = (c - (a * y)) / b print("nilai y=", y, "nilai x =", x)
elif q == 0:
x = r / p y = (c - (a * x)) / b print("nilai y=", y, "nilai x =", x)
elif a != p :
a2= a*p b2=b*p c2=c*p p2=p*a q2=q*a r2=r*a i2 = b2 - q2 j2 = c2 - r2 y = j2 / i2 x = (c - (b * y))/a print("nilai y=", y, "nilai x =", x)
input()