Difference between revisions of "Imam Abiyyu Alim"
ImamAbiyyu (talk | contribs) (→Tugas 2) |
ImamAbiyyu (talk | contribs) |
||
Line 93: | Line 93: | ||
[[File:Screenshot_20200221-155636_Office.jpg|200px|thumb|center|Presentasi]] | [[File:Screenshot_20200221-155636_Office.jpg|200px|thumb|center|Presentasi]] | ||
+ | |||
+ | |||
+ | |||
+ | ---- | ||
+ | Laporan Asistensi | ||
+ | |||
+ | |||
+ | [[File:rkt1.jpg]] | ||
+ | |||
+ | |||
+ | [[File:rkt2.jpg]] | ||
+ | |||
+ | |||
+ | [[File:rkt3.jpg]] | ||
+ | |||
+ | |||
+ | [[File:rkt4.jpg]] | ||
+ | |||
+ | |||
+ | |||
+ | ---- | ||
+ | Tugas 3 |
Revision as of 23:45, 27 February 2020
Universitas Indonesia memiliki mahasiswa yang sangat membanggakan bernama Imam Abiyyu Alim. Mahasiswa Teknik Perkapalan angkatan 2018. Hobinya adalah bekerja lapangan, bekerja dalam kelas pun juga ia sukai walaupun hasilnya tidak maksimal dan tidak sesuai dengan yang diharapkan. Imam saat ini sedang menjalani kesibukan di tim lomba UI Karting Club dan juga berjuang untuk mendapat nilai A pada mata kuliah metode numerik dan juga mata kuliah lainnya. Amin. Saya dulu pernah belajar cara memasukkan mod pada game gta san andreas. Saya juga pernah membuat blog dan menghias blog tersebut karena tugas sekolah pada saat smp.
Tugas 1
Pada tugas pertama diberikan sebuah persamaan dan kami diminta untuk menyelesaikannya dengan cara manual dan menggunakan software python. Pertama saya mengerjakan dulu secara manual.
Lalu saya menggunakan aplikasi python dengan cara pengerjaan:
-mengetik perintah "def" untuk mendefinisikan fungsi
-mengetik "return" untuk menjelaskan rumus
-mengetik perintah "int" untuk membaca angka
-mengetik perintah "print" untuk memberikan hasil perhitungan
-mengetik f5 atau mengklik command run untuk menyelesaikan perhitungan
Lalu didapatkan hasil perhitungan menggunakan software python
Pertemuan 2
Mengapa 0/0 hasilnya tak terdefinisi? Menurut saya karena tidak ada bilangan pembaginya, ibaratnya seperti kita mempunyai 4 permen akan dibagi kepada 2 anak, makan tiap anak akan mendapatkan 2 permen, jika kita punya 4 permen dan akan dibagikan kepada 0 anak maka tidak bisa, karena tidak ada pembaginya.
Contoh soal :
an n x n matrix A is defined by Aij=Vi^n-j, i=1,2,...,n. , j=1,2,...,n.
vektor v=[1.0 1.2 1.4 1.6 1.8 2.0]T b=[0 1 0 1 0 1]T
Use the function guasseElimin to compute the solution of Ax=b, where A is the 6x6 matrix genereated from the vector
Sumber soal: Buku Numerical Methods in Engineering with Python 3 hal 43
Tugas 2
Tugas pada pertemuan kedua adalah menhgerjakan soal yang telah saya pilih pada buku.
Gambar diatas adalah soal yang saya pilih untuk dikerjakan
Saya mencoba mengerjakan menggunakan software python. Dengan cara mendefinisikan GaussElimin. Lalu mengimport numPy sebagai np. NumPy adalah sebuah library pada Python untuk melakukan operasi vektor dan matriks dengan mengolah array. Array adalah sekumpulan variabel yang memiliki tipe data yang sama dan dinyatakan dengan data yang sama. Setelah memasukkan data vektor kedalam python, lalu memasukkan perintah perintah perhitungan dan menuliskan command 'print' untuk menuliskan hasil perhitungan.
Lalu mengklik perintah run untuk mengetahui hasi perhitungannya, diadaptkan hasil:
Menyelesaikan suatu masalah matematika di python menurut saya masih sulit untuk memahami perintah-perintahnya, namun jika sudah dapat menguasainya maka akan sangat mudah dan membantu ketika menyelesaikan masalah matematika yang rumit.
Tugas yang kedua adalah menyelesaikan persoalan benda jatuh bebas
Gambar diatas adalah soal yang akan diselesaikan menggunakan python dan juga telah diselesaikan secara manual dan didapatkan hasil yaitu 25.48 m/s^2
Lalu saya mencoba menyelesaikannya dengan menggunakan python dengan memasukkan semua variabel dan konstantanya lalu mulai masukkan perhitungan rumusnya dan mengetik print untuk menuliskan jawabannya dan ketik f5 untuk menyelesaikan perhitungan tersebut.
Lalu hasilnya adalah sebagai berikut, sama dengan hasil yang saya kerjakan secara manual
Tugas presentasi progress belajar metode numerik
Laporan Asistensi
Tugas 3