Difference between revisions of "Fuad Abrar"

From ccitonlinewiki
Jump to: navigation, search
Line 2: Line 2:
  
  
[[Prasyarat : berakal]]
+
Prasyarat : berakal
  
 
Metode numerik memiliki prasyarat mendasar yaitu haruslah berakal, tidak hanya menghafal rumus-rumus saja, melainkan memikirkan rumus-rumus tersebut, serta memikirkan tentang penciptaan Tuhan. pelajaran fisika yang dipelajari adalah dalam rangka mempelajari ciptaan Tuhan.
 
Metode numerik memiliki prasyarat mendasar yaitu haruslah berakal, tidak hanya menghafal rumus-rumus saja, melainkan memikirkan rumus-rumus tersebut, serta memikirkan tentang penciptaan Tuhan. pelajaran fisika yang dipelajari adalah dalam rangka mempelajari ciptaan Tuhan.
Line 11: Line 11:
  
 
Materi :
 
Materi :
# Algoritma, diagram alir (flow chart), dan pemograman komputer ; algoritma adalah susunan langkah-langkah penyelesaian
+
# [[Algoritma, diagram alir (flow chart), dan pemograman komputer]] ; algoritma adalah susunan langkah-langkah penyelesaian
 
# Metode iterative
 
# Metode iterative
 
# Penyelesaian aljabar simultan
 
# Penyelesaian aljabar simultan

Revision as of 10:03, 18 February 2019

Metode Numerik

Prasyarat : berakal

Metode numerik memiliki prasyarat mendasar yaitu haruslah berakal, tidak hanya menghafal rumus-rumus saja, melainkan memikirkan rumus-rumus tersebut, serta memikirkan tentang penciptaan Tuhan. pelajaran fisika yang dipelajari adalah dalam rangka mempelajari ciptaan Tuhan.

Tujuan pembelajaran metode numerik :

  1. Memahami konsep-konsep, prinsip-prinsip dalam metode numerik dan mampu menerapkannya
  2. Menjadi lebih mengenal diri sendiri

Materi :

  1. Algoritma, diagram alir (flow chart), dan pemograman komputer ; algoritma adalah susunan langkah-langkah penyelesaian
  2. Metode iterative
  3. Penyelesaian aljabar simultan
  4. Diferensiasi dan integral
  5. Optimasi
  6. Studi kasus

Terdapat tiga penunjang dalam pembelajaran metode numerik, yaitu :

  1. Brainware
  2. Hardware
  3. Software


Di dalam bidang teknik, khususnya teknik mesin ada tiga metode penyelesaian masalah : metode analitis/teoritis, metode eksperimen menggunakan alat-alat lab, dan metode komputasi/numerik. Masing-masing metode ada perannya, metode eksperimen dapat dimaksimalkan dengan komputasi dan teori.