Difference between revisions of "Fuad Abrar"
Line 2: | Line 2: | ||
− | + | Prasyarat : berakal | |
Metode numerik memiliki prasyarat mendasar yaitu haruslah berakal, tidak hanya menghafal rumus-rumus saja, melainkan memikirkan rumus-rumus tersebut, serta memikirkan tentang penciptaan Tuhan. pelajaran fisika yang dipelajari adalah dalam rangka mempelajari ciptaan Tuhan. | Metode numerik memiliki prasyarat mendasar yaitu haruslah berakal, tidak hanya menghafal rumus-rumus saja, melainkan memikirkan rumus-rumus tersebut, serta memikirkan tentang penciptaan Tuhan. pelajaran fisika yang dipelajari adalah dalam rangka mempelajari ciptaan Tuhan. | ||
Line 11: | Line 11: | ||
Materi : | Materi : | ||
− | # Algoritma, diagram alir (flow chart), dan pemograman komputer ; algoritma adalah susunan langkah-langkah penyelesaian | + | # [[Algoritma, diagram alir (flow chart), dan pemograman komputer]] ; algoritma adalah susunan langkah-langkah penyelesaian |
# Metode iterative | # Metode iterative | ||
# Penyelesaian aljabar simultan | # Penyelesaian aljabar simultan |
Revision as of 10:03, 18 February 2019
Metode Numerik
Prasyarat : berakal
Metode numerik memiliki prasyarat mendasar yaitu haruslah berakal, tidak hanya menghafal rumus-rumus saja, melainkan memikirkan rumus-rumus tersebut, serta memikirkan tentang penciptaan Tuhan. pelajaran fisika yang dipelajari adalah dalam rangka mempelajari ciptaan Tuhan.
Tujuan pembelajaran metode numerik :
- Memahami konsep-konsep, prinsip-prinsip dalam metode numerik dan mampu menerapkannya
- Menjadi lebih mengenal diri sendiri
Materi :
- Algoritma, diagram alir (flow chart), dan pemograman komputer ; algoritma adalah susunan langkah-langkah penyelesaian
- Metode iterative
- Penyelesaian aljabar simultan
- Diferensiasi dan integral
- Optimasi
- Studi kasus
Terdapat tiga penunjang dalam pembelajaran metode numerik, yaitu :
- Brainware
- Hardware
- Software
Di dalam bidang teknik, khususnya teknik mesin ada tiga metode penyelesaian masalah :
metode analitis/teoritis, metode eksperimen menggunakan alat-alat lab, dan metode komputasi/numerik. Masing-masing metode ada perannya, metode eksperimen dapat dimaksimalkan dengan komputasi dan teori.