Difference between revisions of "Arief Kurniawan"
Line 2: | Line 2: | ||
− | == Biografi == | + | == '''Biografi''' == |
'''بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم''' | '''بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم''' | ||
− | Assalamualaikum Wr, Wb | + | '''Assalamualaikum Wr, Wb''' |
− | Perkenalkan saya Arief Kurniawan, asal Kota Bekasi dan lahir pada 20 Juni 1999. Saat ini saya berkuliah di Jurusan Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Indonesia angkatan 2018 dengan NPM 1806202323. | + | Perkenalkan saya Arief Kurniawan, asal Kota Bekasi dan lahir pada 20 Juni 1999. Saat ini saya berkuliah di Jurusan Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Indonesia angkatan 2018 dengan NPM '''1806202323'''. |
Saat masih SMA saya menyukai pelajaran fisika, lebih tepatnya materi yang membahas mekanika. dari situ saya berpikir meneruskan ''study'' saya di Fakultas Teknik, akhirnya saya mendaftar di Teknik Perkapalan UI. Ketika mengerjakan soal mekanika saya pernah berpikir, "Pasti akan lebih mudah jika bisa dikerjakan dengan cepat menggunakan ''Software'' perhitungan, akhirnya saya mencari di internet aplikasi perhitungan fisika dan menemukan PHET [https://phet.colorado.edu/en/simulations/category/physics Phet Simulation] karena phet ini saya jadi tertarik mendalami simulasi dan ''software design engineering'' | Saat masih SMA saya menyukai pelajaran fisika, lebih tepatnya materi yang membahas mekanika. dari situ saya berpikir meneruskan ''study'' saya di Fakultas Teknik, akhirnya saya mendaftar di Teknik Perkapalan UI. Ketika mengerjakan soal mekanika saya pernah berpikir, "Pasti akan lebih mudah jika bisa dikerjakan dengan cepat menggunakan ''Software'' perhitungan, akhirnya saya mencari di internet aplikasi perhitungan fisika dan menemukan PHET [https://phet.colorado.edu/en/simulations/category/physics Phet Simulation] karena phet ini saya jadi tertarik mendalami simulasi dan ''software design engineering'' | ||
− | Kesibukan saya saat ini adalah menyelesaikan kewajiban pada tim lomba Hydros UI 2020 yang dimana lomba tersebut bertujuan menciptakan propulsi kapal yang efisien dan hemat energi dengan tenaga penggerak motor listrik dengan bantuan Solar Panel sebagai ''supply'' energi kapal tersebut. Pada tim ini saya berada di divisi Body and Dynamics yang bertanggung jawab terhadap desain dan rancangan kapal yang akan kami manufaktur. Tentunya ada banyak masalah yang saya hadapi ketika menentukan rancangan untuk kapal tersebut diantara kekuatan struktur atau ''stiffner'' yang akan digunakan, aliran fluida yang terjadi pada body kapal dan bentuk kapal yang harus menyesuaikan barang apa saja yang akan ada di dalam kapal. Dari masalah tersebut saya menyelesaikan dengan menggunakan bantuan ''software'' seperti Maxsurf untuk mendesain bentuk kapal dan Solidworks untuk simulasi ''stress analysys'' pada struktur kapal dan aliran fluida pada kapal atau Computational Fluid Dynamics. Saya berharap di matakuliah Metodologi Numerik ini saya dapat mendalami dasar dasar pemograman yang nanti dapat membantu saya untuk melakukan simulasi atau desain yang lebih rumit nantinya, mungkin ini saja tentang saya terima kasih. | + | Kesibukan saya saat ini adalah menyelesaikan kewajiban pada tim lomba '''Hydros UI 2020''' yang dimana lomba tersebut bertujuan menciptakan propulsi kapal yang efisien dan hemat energi dengan tenaga penggerak motor listrik dengan bantuan Solar Panel sebagai ''supply'' energi kapal tersebut. Pada tim ini saya berada di divisi '''Body and Dynamics''' yang bertanggung jawab terhadap desain dan rancangan kapal yang akan kami manufaktur. Tentunya ada banyak masalah yang saya hadapi ketika menentukan rancangan untuk kapal tersebut diantara kekuatan struktur atau ''stiffner'' yang akan digunakan, aliran fluida yang terjadi pada body kapal dan bentuk kapal yang harus menyesuaikan barang apa saja yang akan ada di dalam kapal. Dari masalah tersebut saya menyelesaikan dengan menggunakan bantuan ''software'' seperti Maxsurf untuk mendesain bentuk kapal dan '''Solidworks''' untuk simulasi ''stress analysys'' pada struktur kapal dan aliran fluida pada kapal atau '''Computational Fluid Dynamics'''. Saya berharap di matakuliah Metodologi Numerik ini saya dapat mendalami dasar dasar pemograman yang nanti dapat membantu saya untuk melakukan simulasi atau desain yang lebih rumit nantinya, mungkin ini saja tentang saya '''terima kasih'''. |
Revision as of 17:20, 13 February 2020
Biografi
بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم
Assalamualaikum Wr, Wb
Perkenalkan saya Arief Kurniawan, asal Kota Bekasi dan lahir pada 20 Juni 1999. Saat ini saya berkuliah di Jurusan Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Indonesia angkatan 2018 dengan NPM 1806202323.
Saat masih SMA saya menyukai pelajaran fisika, lebih tepatnya materi yang membahas mekanika. dari situ saya berpikir meneruskan study saya di Fakultas Teknik, akhirnya saya mendaftar di Teknik Perkapalan UI. Ketika mengerjakan soal mekanika saya pernah berpikir, "Pasti akan lebih mudah jika bisa dikerjakan dengan cepat menggunakan Software perhitungan, akhirnya saya mencari di internet aplikasi perhitungan fisika dan menemukan PHET Phet Simulation karena phet ini saya jadi tertarik mendalami simulasi dan software design engineering Kesibukan saya saat ini adalah menyelesaikan kewajiban pada tim lomba Hydros UI 2020 yang dimana lomba tersebut bertujuan menciptakan propulsi kapal yang efisien dan hemat energi dengan tenaga penggerak motor listrik dengan bantuan Solar Panel sebagai supply energi kapal tersebut. Pada tim ini saya berada di divisi Body and Dynamics yang bertanggung jawab terhadap desain dan rancangan kapal yang akan kami manufaktur. Tentunya ada banyak masalah yang saya hadapi ketika menentukan rancangan untuk kapal tersebut diantara kekuatan struktur atau stiffner yang akan digunakan, aliran fluida yang terjadi pada body kapal dan bentuk kapal yang harus menyesuaikan barang apa saja yang akan ada di dalam kapal. Dari masalah tersebut saya menyelesaikan dengan menggunakan bantuan software seperti Maxsurf untuk mendesain bentuk kapal dan Solidworks untuk simulasi stress analysys pada struktur kapal dan aliran fluida pada kapal atau Computational Fluid Dynamics. Saya berharap di matakuliah Metodologi Numerik ini saya dapat mendalami dasar dasar pemograman yang nanti dapat membantu saya untuk melakukan simulasi atau desain yang lebih rumit nantinya, mungkin ini saja tentang saya terima kasih.