Difference between revisions of "Fuad Abrar"
(→Metode Numerik) |
|||
Line 18: | Line 18: | ||
Terdapat tiga penunjang dalam pembelajaran metode numerik, yaitu : | Terdapat tiga penunjang dalam pembelajaran metode numerik, yaitu : | ||
− | + | # Brainware | |
− | + | # Hardware | |
− | + | # Software | |
Di dalam bidang teknik, khususnya teknik mesin ada tiga metode penyelesaian masalah : | Di dalam bidang teknik, khususnya teknik mesin ada tiga metode penyelesaian masalah : | ||
metode analitis/teoritis, metode eksperimen menggunakan alat-alat lab, dan metode komputasi/numerik. Masing-masing metode ada perannya, metode eksperimen dapat dimaksimalkan dengan komputasi dan teori. | metode analitis/teoritis, metode eksperimen menggunakan alat-alat lab, dan metode komputasi/numerik. Masing-masing metode ada perannya, metode eksperimen dapat dimaksimalkan dengan komputasi dan teori. |
Revision as of 09:11, 18 February 2019
Metode Numerik
Prasyarat : berakal Metode numerik memiliki prasyarat mendasar yaitu haruslah berakal, tidak hanya menghafal rumus-rumus saja, melainkan memikirkan rumus-rumus tersebut, serta memikirkan tentang penciptaan Tuhan. pelajaran fisika yang dipelajari adalah dalam rangka mempelajari ciptaan Tuhan.
Tujuan pembelajaran metode numerik : 1. Memahami konsep-konsep, prinsip-prinsip dalam metode numerik dan mampu menerapkannya 2. Menjadi lebih mengenal diri sendiri
Materi : 1. Algoritma, diagram alir (flow chart), dan pemograman komputer ; algoritma adalah susunan langkah-langkah penyelesaian 2. Metode iterative 3. Penyelesaian aljabar simultan 4. Diferensiasi dan integral 5. Optimasi 6. Studi kasus
Terdapat tiga penunjang dalam pembelajaran metode numerik, yaitu :
- Brainware
- Hardware
- Software
Di dalam bidang teknik, khususnya teknik mesin ada tiga metode penyelesaian masalah :
metode analitis/teoritis, metode eksperimen menggunakan alat-alat lab, dan metode komputasi/numerik. Masing-masing metode ada perannya, metode eksperimen dapat dimaksimalkan dengan komputasi dan teori.