Difference between revisions of "Antonius Danny Nugroho"
Dannyantoni (talk | contribs) |
Dannyantoni (talk | contribs) |
||
Line 77: | Line 77: | ||
Hasil | Hasil | ||
[[File:5.png]] | [[File:5.png]] | ||
+ | |||
+ | |||
+ | |||
+ | PERTEMUAN 3 |
Revision as of 08:09, 18 February 2019
TUGAS 1 RESUME DISKUSI PERKULIAHAN KOMPUTASI TEKNIK
Didalam kelas Komputasi Teknik yang saya ikuti hal mendasar yang perlu dimiliki mahasiswanya adalah memiliki akal. Hal tersebutlah yang membedakan kita dengan hewan, kita akan berpikir dahulu sebelum bertindak, lain dengan hewan yang hanya menggunakan insting nya untuk bertahan hidup. Karena akal itulah yang dapat membuat seseorang dapat berkembang sesuai kompetensinya. Menurut alkitab didalam efesus 1 ayat 8 dikatakan, “Allah melimpahkan kebaikan hati-Nya yang luar biasa itu dengan memberi kita segala hikmat dan pemahaman”. Pemahaman disini berarti kita sudah sejak awal diberi oleh Tuhan hikmat dan akal sehat. Dewasa ini banyak manusia sudah melupakan akal sehat, banyak orang yang bertindak hanya untuk kepentingan dirinya sendiri. Padahal yang kita tahu kita sebagai manusia adalah makhluk social. Dimana kita harus saling berbagi dan mengasihi antar satu dengan lainnya. Didalam Kristen ada 2 hukum yang paling utama, yaitu tertulis dalah Matius 22 ayat 37-39. Jawab Yesus kepadanya, “kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu, itulah hukum yang pertaman dan terutama. Dan hokum yang kedua sama dengan itu, ialah: kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu dirimu sendiri”. Dari ayat tersbut dapat dilihat Tuhan mengharuskan kita untuk mengasihiNya tanpa tidak lupa untuk mengasihi sesama sebagai mahkluk ciptaanNya. Lalu bagaimana kita belajar mengembangkan akal sehat, yaitu dengan cara memilih teman bergaul dengan bijaksana. Teman- teman kita bisa saja membantu atau bahkan merintangi kita dalam mengembangkan hikmat dan akal sehat yang Tuhan telah berikan. Amsal 13 ayat 20 menyatakan, ‘ia yang berjalan dengan orang-orang berhikmat akan menjadi berhikmat, tetapi ia yang berurusan dengan orang bebal akan mengalami kemalangan”. Oleh karena itu didalam beajar setidaknya kita harus memiliki pembimbing (guru atau dosen) yang benar dimana kita bisa memverifikasi ilmu yang sudah kita baca dari buku dengan berdiskusi dengan pembimbing. Begitu pula sebaliknya. Menurut pak DAI ada beberapa poin penglahang manusia gagal mengenal Tuhannya, yaitu sebagai berikut: (1) kedudukan atau kehormatan, (2) Harta, (3) suatu follower atau pengikut, dan (4) maksiat. Memang benar ketika kita sudah terjerumus kedalam salah satu dari hal tersebut maka kita akan semakin jauh dengan perintah Tuhan. Karena hal-hal tersebut berfokus hanya untuk kepentingan duniawi. Apa yang kita pelajari di dunia ini adalah tidak pasti, karena semua itu hanyalah dalam bentuk pendekatan, termasuk ilmu matematika ataupun fisika. Segala sesuatu itu tidak pasti termasuk ilmu matematika dan fisika,. Bukti bahwa ilmu fisika itu tidak pasti adalah teori gravitasi Newton F = m x a dikoreksi oleh Einstein dengan rumus E = m x c2 dimana energi merupakan massa suatu benda dikalikan dengan kuadarat kecepatan cahaya. Sesuatu yang pasti adalah yang berikatan dengan Tuhan, Alllah kita sebagai sang pencipta. Seperti Pancasila dalam ayatnya yang pertama yaitu Ketuhanan yang Maha Esa. Menyatakan Tuhan itu Maha Esa hal tersebut adalah suatu yang pasti. Oleh karena itu didalam kita menimba ilmu alangkah baiknya kita sesalu mengingat Tuhan, dengan begitu kita akan tahu kearah mana ilmu kita akan dipakai untuk menjaga dan merawat ciptaanNya. Sama seperti hukum Newton ke-3 gaya aksi sama besar dengan gaya reaksi. Dimana apa yang kita berikan terhadap lingkungan entah itu positif atau negative akan setimpal pula dengan yang akan kita terima. Tujuan dari mata kuliah komputasi teknik adalah mampu memahami konsep-konsep komputasi teknik dan mempraktekkannya. Konsep-konsep tersebut adalah algoritma, flowchart, model, kalkulus (defferential equation, dll), akurat, error, iterasi, dan lain-lain. Adanya mata kuliah komputasi teknik adalah untuk memahami penyelesaian masalah engineering yang banyak bersifat infinite diselesaikan dengan pendekatan finite. Contoh penyelesaian dengan pendekatan finite yaitu menggunakan finite element method atau finite volume method. Finite element method biasanya digunakan untuk penyelesaian kasus struktur yang mengalami pembebeanan. Sedangkan finite volume biasanya digunakan untuk penyelesaian kasus fluida. Mata kuliah komputasi teknik memepelajari tentang prinsip dasar dari penyelesaian kasus teknik menggunakan komputasi sehingga mahasiswa mampu memahami cara kerja dari software teknik yang digunakan. Komputasi teknik biasanya digunakan untuk menyelesaikan kasus-kasus nonlinier yang sangat sulit untuk diselesaikan secara analitik. Banyak kasus engineering yang bersifat nonlinier. Komputasi teknik adalah kegiatan mendapatkan penyelesaian atau solusi atas persoalan yang dinyatakan dalam model matematis. Komputasi teknik adalah perangkat ilmu tentang alat (biasanya sebuah komputer), metode (yang disebut algoritma) dan teori (bukti matematis bahwa komputasi memberi hasil yang benar) yang diperlukan untuk melaksanakan komputasi tersebut. Model adalah representasi sederhana dari hal sesungguhnya. Dikategorikan dalam model ikonik, model analog, atau model matematika. Computer modelling adalah membangun dan memanipulasi representasi abstrak (matematika dan/atau grafis) engineering dan jenis situasi dan fenomena alam lainnya, disimulasikan dengan bantuan sistem komputer, yang disebut juga simulasi komputer. Computer modelling membutuhkan software, hardware, dan brainware. Software secara umum dapat diartikan sebagai sekumpulan data-data elektronik yang tersimpan dan diatur oleh komputer yang berupa program atau instruksi untuk menjalankan dan mengeksekusi suatu perintah. Hardware adalah salah satu komponen dari sebuah komputer yang sifat alat nya bisa dilihat dan diraba secara langsung atau yang berbentuk nyata, yang berfungsi untuk mendukung proses komputerisasi. Brainware adalah orang yang menggunakan, memakai ataupun mengoprasikan perangkat komputer. Seperti contoh dari brainware yaitu programmer, netter (sebutan untuk orang yang sedang melakukan surfing di internet), serta orang yang sedang menggunakan perangkat komputer. Oleh karena itu komponen utama yang ditekankan dalam mata kuliah ini adalah brainware, saya merasa didalam mata kuliah ini kita akan mengembangkan kemampuan brainware dengan cara belajar melalaui berbagai sumber serta dibimbing oleh Pak DAI.
Konsep Infinite
Infinite atau tanpa batas secara etimologis diperoleh dari finit (terbatas) ialah bilangan yang lebih besar dari pada tiap-tiap kemungkinan yang dapat dibayangkan (wikipwedia). Dalam matematika, tak hingga adalah sesuatu yang lebih besar dari bilangan manapun tetapi sesuatu itu bukan bilangan, dengan kata lain tidak ada bilangan yang lebih besar dari tak hingga. Tak hingga adalah tanpa batas-batas ukuran atau jumlah, tidak terbatas, tidak ada akhirnya (Carol Vorderman) Kesimpulan : infinite adalah sesuatu yang bersifat tanpa batas dan tanpa akhir yang relevan dalam sejumlah bidang seperti matematika, fisika, teknik, dan dan bidang keilmuan lainnya. oleh karena itu perlu dilakukan pendekatan untuk mengetahui dan menyelesaikan masalah infinite. Sehingga kita bisa membatasi kasusyang akan diselesaikan dan tidak melebar luas.
(x^2-1)/(x-1) untuk x=1 Kenapa harus diselesaikan dengan limit, karena ketika kita mensubtitusikan x = 1 maka hasil yang kita dapat adalah tak hingga atau tak terbatas. Maka perlu diselesaikan dengan limit. lim┬(x-1)〖(x^2-1)/(x-1)〗
lim┬(x-1)〖((x-1)(x+1))/(x-1)〗
lim┬(x-1)〖(x+1)〗=1+1=2 Didalam matematika konsep limit digunakan untuk myelesaikan fungsi saat argumen mendekati suatu titik atau tak hingga (Wikipedia)
Nama : Antonius Danny Nugroho NPM : 1806155264
TUGAS 2
Analisa pondasi rumah panggung dengan metode komputasi teknik
Sebuah pondasi rumah panggung dengan asumsi: Lebar bawah, X1 = 500 mm Lebar atas, X2 = 250 mm Tinggi, H = 700 mm
Adapun prosedur penyelesaian masalah menggunakan komputasi teknik
Analisa awal terhadap masalah Dari sistem pondasi rumah panggung dapat diketahui setiap titik memiliki keseimbangan gaya. Setiap titik mempunyai nilai displacement ketika ada gaya yang bekerja Dapat diselesaikan dengan rumusan sebagai berikut
σ= P/A= P/x² Dimana x adalah luasan yang merupakan fungsi h, dimana nilai x akan berubah seiring besarnya h x=b+ ((a-b))/t h Displacement dari beton dapat dicari dengan, ε= ∆l/l= dδ/dh Dari persamaan hukum hooke didapat, E= σ/ε σ=E .ε P/x²=E dδ/dh Lalu subtitusikan nilai x, sehingga didapatkan, P/((b+ ((a-b))/t h)²)=E dδ/dh P/((b+ ((a-b))/t h)^2 E) dh=dδ Dengan mengintegralkan dδ terhadap dh maka didapat, δ=(4 .P.t)/(E .a . b)
Dimana dapat kita asumsikan P (gaya yang diterima oleh pondasi) = 1000 N E (modulus elastisitas beton) = 23.500 MPa Dan dimensi dari beton adalah Lebar bawah, X1 = 500 mm Lebar atas, X2 = 250 mm Tinggi, H = 700 mm
PERTEMUAN 3