Difference between revisions of "Report Tugas Kelompok 5 : Metode Numerik 2019"

From ccitonlinewiki
Jump to: navigation, search
Line 69: Line 69:
  
 
Lalu, ''mesh'' akan di - ''generate''. dan kemudian parameter - parameter lainnya akan ditentukan. Setelah itu, masuk ke bagian CFD-Post, yaitu dimana ''airfoil'' akan lanjut dianalisa menggunakan ''third-party software'', yaitu Paraview
 
Lalu, ''mesh'' akan di - ''generate''. dan kemudian parameter - parameter lainnya akan ditentukan. Setelah itu, masuk ke bagian CFD-Post, yaitu dimana ''airfoil'' akan lanjut dianalisa menggunakan ''third-party software'', yaitu Paraview
 +
 +
 +
[[File:Optimasiairfoil444.png]]
 +
 +
 +
[[File:Optimasiairfoil555.PNG]]
  
  
 
Di ''software'' Paraview, kami menggunakan menu ''Generate Surface Variables'' untuk memunculkan profil airfoil, dan kemudian mencari ''drag force'' dan ''lift force'' menggunakan calculator, dan kemudian memilih menu ''integrate variables'' untuk melihat hasil dari ''drag force'' dan ''lift force'' ''airfoil'' pada sudut 0 derajat
 
Di ''software'' Paraview, kami menggunakan menu ''Generate Surface Variables'' untuk memunculkan profil airfoil, dan kemudian mencari ''drag force'' dan ''lift force'' menggunakan calculator, dan kemudian memilih menu ''integrate variables'' untuk melihat hasil dari ''drag force'' dan ''lift force'' ''airfoil'' pada sudut 0 derajat
 +
 +
 +
[[File:Optimasiairfoil666.PNG]]
 +
 +
 +
[[File:Optimasiairfoil777.PNG]]
 +
 +
 +
[[File:Optimasiairfoil888.PNG]]
 +
 +
  
  

Revision as of 10:53, 12 December 2019

Bismillahirrahmanirrahim

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.


Profil


Perkenalkan, kami Kelompok 5 dari Kelas Metode Numerik-01 yang beranggotakan :

- Nur Akhmad Fajar (1606824774)

- Pandega Atana Tamma Hariyanto (1706036583)

- Mohammad Fadhil Dwinanda (1706986403)

- Rafi Ahmad Eshandra (1706986486)

Tugas 1


Pada kesempatan kali ini, kami diberikan tugas untuk mencari waktu untuk mencapai kecepatan maksimal dari sebuah mobil. Kami mendapatkan hasil seperti pada

di gambar. Berikut kami juga melampirkan video kami menjelaskan hasil yang kami dapat


21661.jpg



Tugas 2

Tugas berikutnya adalah mencari drag pada mobil menggunakan software CFD-SOF. Kali ini, kami menggunakan mobil template pada software CFDSOF untuk disimulasikan. Berikut video penjelasan untuk mensimulasikan mobil tersebut pada CFDSOF.



Setelah selesai membuat mesh dari mobil yang ingin disimulasikan, kami melanjutkannya dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga, yaitu Paraview, untuk menjalankan simulasi CFD - nya. Berikut video penjelasan langkah - langkah menggunakan paraview.


Tugas 3

Tugas berikutnya adalah mencari sudut optimasi dari sebuah airfoil. Tugas ini sebelumnya sudah dipresentasikan ke asisten. Pada tugas ini, kami menentukan sudut dari airfoil dari 0 derajat sampai 15 derajat. Hal ini disebabkan karena, pada aplikasi di kehidupan sehari - hari, angle of attack sebuah pesawat tidak bisa terlalu besar. Karena, jika terlalu besar, pesawat akan mengalami stall, yaitu keadaan dimana pesawat kehilangan daya angkatnya. Pada airfoil umumnya, angle of attack maksimal berada diantara 15 - 20 derajat.


Airfoil yang akan kami cari sudut optimasinya adalah NACA 0018. Langkah pertama yang kami lakukan adalah mengedit airfoil di Autodesk Inventor agar bisa dianalisa pada aplikasi CFDSOF


Optimasiairfoil1.PNG


Berikutnya, kami menentukan dimensi, properti, dan batas batas dari box mesh


Optimasiairfoil2.PNG


Setelah itu, kami memindahkan lokasi mesh hingga titiknya berada di luar dari airfoil yang akan dianalisa


Optimasiairfoil3.png


Lalu, mesh akan di - generate. dan kemudian parameter - parameter lainnya akan ditentukan. Setelah itu, masuk ke bagian CFD-Post, yaitu dimana airfoil akan lanjut dianalisa menggunakan third-party software, yaitu Paraview


Optimasiairfoil444.png


Optimasiairfoil555.PNG


Di software Paraview, kami menggunakan menu Generate Surface Variables untuk memunculkan profil airfoil, dan kemudian mencari drag force dan lift force menggunakan calculator, dan kemudian memilih menu integrate variables untuk melihat hasil dari drag force dan lift force airfoil pada sudut 0 derajat


Optimasiairfoil666.PNG


Optimasiairfoil777.PNG


Optimasiairfoil888.PNG



Kemudian, airfoil akan di - rotate ke sudut 3, 6, 9, 12, dan 15 derajat untuk melihat tren yang dihasilkan. Kemudian, kami mendapat tabel hasilnya dan mengubahnya menjadi grafik. Lalu, akan ditemukan persamaan garisnya, yang mana kami gunakan 6 variabel agar lebih teliti dalam menentukan sudut optimal nantinya


Setelah mendapat persamaan garisnya, kami memasukkan persamaan garis pada grafik drag force dan lift force pada software Jupyter menggunakan coding yang sebelumnya sudah kami persiapkan. Kemudian, kami mendapat sudut optimal dari airfoil NACA 0018 adalah 10,6322.. derajat