Difference between revisions of "Report Tugas Kelompok 4 : Metode Numerik 2019"
(→Tugas 3) |
(→Tugas 3) |
||
Line 49: | Line 49: | ||
Simulasi CFD SOF | Simulasi CFD SOF | ||
Kemudian dilakukan simulasi airfoil dan didapatkan data sebagai berikut: | Kemudian dilakukan simulasi airfoil dan didapatkan data sebagai berikut: | ||
− | TabelDrag.png | + | [[File:TabelDrag.png]] |
+ | [[File:TabelLift.png]] | ||
TabelLift.png | TabelLift.png | ||
Kemudian data tersebut direpresentasikan dalam bentuk grafik pada excel | Kemudian data tersebut direpresentasikan dalam bentuk grafik pada excel | ||
− | GrafikDrag.png | + | [[File:GrafikDrag.png]] |
− | GrafikLift.png | + | [[File:GrafikLift.png]] |
Didapatkan rumus drag berupa dan juga rumus lift berupa dengan R sebesar dan. Dari kedua rumus tersebut kemudian dimasukkan dalam program python dibawah ini. | Didapatkan rumus drag berupa dan juga rumus lift berupa dengan R sebesar dan. Dari kedua rumus tersebut kemudian dimasukkan dalam program python dibawah ini. |
Revision as of 22:54, 8 December 2019
Anggota Kelompok:
- Fikridiya Bagusrana (1706036154)
- Rifky Ramadhan Prakoso (1706036330)
- Mochamad Farhan Zidny (1706986391)
- Andika Ridwan Pratama (1706986302)
Tugas 1
Berikut adalah governing equation pada mobil yang memiliki percepatan, gesekan, dan hambatan dengan udara.
Sebuah mobil memiliki 3 gaya yang bekerja padanya yaitu:
- F = m*a
- F gesek = m*g*cf
- F hambat = 0.5*cd*rho*area*vt^2
Dengan membagi ketiga gaya tersebut dengan massa didapatkan percepatan total
v'(t)= (F - (F gesek + F hambat))/m
Kemudian apabila disubsitusikan ke turunan dari kecepatan terhadap waktu
v'(t)= v(t)/t
dapat dicari waktu dengan cara membagi kecepatan dengan percepatan total, dimana percepatan total adalah turunan dari kecepatan terhadap waktu
t= v(t) / ((F - (F gesek + F hambat))/m)
Tugas 2
Tugas 3
Case Description
- Airfoil memiliki karakteristik aerodinamis dan merupakan benda yang sering digunakan contohnya pada pesawat
- Thrust pada pesawat berpengaruh pada effisiensi aerodinamis, maka dari itu dibutuhkan Cl/Cd yang kecil. Cl dan Cd tergantung pada angle of attack dari airfoil.
- Airfoil yang digunakan kali ini adalah airfoil NACA 0012
- Fluida udara yang melewat air foil steady flow dan incompressible, simulasi CFD dalam kondisi adiabatic
Kemudian Airfoil yang digunakan dilakukan variasi pada 6 angle of attack yang berbeda berupa (degrees):
- 0
- 2
- 4
- 6
- 8
- 10
Simulasi CFD SOF Kemudian dilakukan simulasi airfoil dan didapatkan data sebagai berikut: TabelLift.png
Kemudian data tersebut direpresentasikan dalam bentuk grafik pada excel
Didapatkan rumus drag berupa dan juga rumus lift berupa dengan R sebesar dan. Dari kedua rumus tersebut kemudian dimasukkan dalam program python dibawah ini.
Didapatkan hasil optimasi: