Difference between revisions of "Report Tugas Kelompok 9 : Metode Numerik 2019"

From ccitonlinewiki
Jump to: navigation, search
Line 1: Line 1:
 
Nama Kelompok:
 
Nama Kelompok:
 +
 
Abraham thedorus,
 
Abraham thedorus,
  
Line 68: Line 69:
 
Dalam dinamika fluida, gaya hambat (yang kadang-kadang disebut hambatan fluida atau seretan) adalah  
 
Dalam dinamika fluida, gaya hambat (yang kadang-kadang disebut hambatan fluida atau seretan) adalah  
 
gaya yang menghambat pergerakan sebuah benda padat melalui sebuah fluida ( cairan atau gas).
 
gaya yang menghambat pergerakan sebuah benda padat melalui sebuah fluida ( cairan atau gas).
Bentuk gaya hambat yang paling umum tersusun dari sejumlah gaya gesek,
+
Bentuk gaya hambat yang paling umum tersusun dari sejumlah gaya gesek,
yang bertindak sejajar dengan permukaan benda, plus gaya tekanan,  
+
yang bertindak sejajar dengan permukaan benda, plus gaya tekanan,  
 
yang bertindak dalam arah tegak lurus dengan permukaan benda.  
 
yang bertindak dalam arah tegak lurus dengan permukaan benda.  
 
Bagi sebuah benda padat yang bergerak melalui sebuah fluida,  
 
Bagi sebuah benda padat yang bergerak melalui sebuah fluida,  
 
gaya hambat merupakan komponen dari aerodinamika gaya resultan atau gaya dinamika fluida
 
gaya hambat merupakan komponen dari aerodinamika gaya resultan atau gaya dinamika fluida
yang bekerja dalam arahnya pergerakan.  
+
yang bekerja dalam arahnya pergerakan.  
 
Komponen tegak lurus terhadap arah pergerakan ini dianggap sebagai gaya angkat.
 
Komponen tegak lurus terhadap arah pergerakan ini dianggap sebagai gaya angkat.
Dengan begitu gaya hambat berlawanan dengan arah pergerakan benda,  
+
Dengan begitu gaya hambat berlawanan dengan arah pergerakan benda,  
 
dan dalam sebuah kendaraan yang digerakkan mesin diatasi dengan gaya dorong.
 
dan dalam sebuah kendaraan yang digerakkan mesin diatasi dengan gaya dorong.
  

Revision as of 21:58, 13 November 2019

Nama Kelompok:

Abraham thedorus,

Dimas fahrul rozi

Muhammad ichsan


Tugas 1

Dimana kita menggunakan aplikasi phyton untuk mencari waktu top speed. pada masalah yang ada pada governing equation. Kita juga dituntut untuk menggunakan methode kutta


Mobilmobil.png Mobil1mobil.png Mobil2mobil.png


Pseudocode memasukkan nilai variabel yang diperlukan

g= float(9.8) #gravitational_acceleration

cd=eval(input("drag coefficient: "))

myu= float(input("koefisien gesek dinamis: "))

v0=eval(input("initial velocity (m/s): "))

m=eval(input("mass (kg): "))

a=eval(input("acceleration (m/s^2): "))

vt=eval(input("top speed (m/s): "))

semua dibagi m

fgesek=g*myu

fdrag=(cd*vt**(3/2))/m

ft=a

atot=ft-fdrag-fgesek

t=(vt-v0)/atot

print("waktu mobil untuk mencapai top speed: ",t, "detik")

Kemudian

Penjelasan dari saya berupa video




Tugas 2

Drag force

(Gaya hambat)

Dalam dinamika fluida, gaya hambat (yang kadang-kadang disebut hambatan fluida atau seretan) adalah gaya yang menghambat pergerakan sebuah benda padat melalui sebuah fluida ( cairan atau gas). Bentuk gaya hambat yang paling umum tersusun dari sejumlah gaya gesek, yang bertindak sejajar dengan permukaan benda, plus gaya tekanan, yang bertindak dalam arah tegak lurus dengan permukaan benda. Bagi sebuah benda padat yang bergerak melalui sebuah fluida, gaya hambat merupakan komponen dari aerodinamika gaya resultan atau gaya dinamika fluida yang bekerja dalam arahnya pergerakan. Komponen tegak lurus terhadap arah pergerakan ini dianggap sebagai gaya angkat. Dengan begitu gaya hambat berlawanan dengan arah pergerakan benda, dan dalam sebuah kendaraan yang digerakkan mesin diatasi dengan gaya dorong.

Parameter meshing

Parameter meshing yang kami gunakan pada CFDSOF:

Tugastugas11.png

Check mesh quality

111111tugas.png

FLuida properties

123tug.png

Dragforce in paraview

kami mengawali pengambilan data kecepatan dari kecepatan 20m/s hingga 80m/s. dalam pengambilan data kecepatan kami melakukan dengan kenaikan 5 m/s maka akan didapat sebagai berikut:

Tugastugas.png

Hasil data dan plotting curve

Dalam hasil data dan plotting ini kami menggunakan hubungan drag force dengan kecepatan. setiap kecepatan mobil akan di plotting dan dilakukan curve fitting

Curvefittingkel9.png

hasil curve fitting yang kami lakukan di excel menunjukkan bahwa kurva antara kecepatan terhadap gaya drag menunjukkan hubungan berupa persamaan polinominal dalam hal ini merupakan polinimial pangkat 2. menurut kami hasil curve fitting ini cukup akurat, karena nilai R kuadrat mendekati 1.

karena kkecepatan dan drag force sesuai dengan persamaan berikut maka

Ininiini.png


Sehingga

Inini2.png

karena kecepatan pada tugas pertama nilai kecepatan = 40 m/s maka nilai drag forcenya adalah

Fd = 138,21 N