Difference between revisions of "Rafiq Ali Abdillah Azizi"

From ccitonlinewiki
Jump to: navigation, search
Line 9: Line 9:
  
 
Asal: Kebumen, Jawa Tengah
 
Asal: Kebumen, Jawa Tengah
 +
 +
[[File:koreng.jpg]]
  
 
بسم الله الر حمن الر حيم
 
بسم الله الر حمن الر حيم

Revision as of 16:44, 30 October 2019

Pertemuan Pertama


Profil

Nama: Rafiq Ali Abdillah Azizi

NPM: 1806200854

Asal: Kebumen, Jawa Tengah

Koreng.jpg

بسم الله الر حمن الر حيم


wong bumen njajal nulis mugo lancar


SAIKI DURUNG BISO,AKU RAK POPO SENG PENTING USAHA

Mengapa harus belajar kalkulus?

dalam suatu kehidupan sudah pasti akan ada ilmu yang mengikuti baik ilmu yang pasti maupun yang tidak pasti karena orang hidup diperintahkan untuk mencari ilmu. semakin majunya zaman sudah pasti diikut sertai kemajuan dalam hal teknologi juga. untuk membentuk suatu alat yang mencerminkan kemajuan teknologi sudah pasti dibutuhkan berbagai perhitungan baik dari perhitungan kekuatan maupun ketelitian suatu design agar tercipta suatu alat yang sesuai dengan kebutuhan dan keamanan yang terjamin. Karenanya dibutuhkan suatu perhitungan-perhitungan dasar, dari situlah kalkulus sangat dibutuhkan sebagai dasar ilmu perhitungan yang pasti. sebagai seorang engineer sudah pastinya kita harus pandai akan hal dasar INI.

MINGGU DEPAN SINAU PYTHON (BAHASA PEMOGRAMAN)

T(x)=(x^2-1)/(x-1)


Pertemuan Ke-Dua

Kalkulasi limit dengan python.jpg


Pertemuan Ke-Tiga

Deret Fibonaci dengan python

A. Jika menggunakan for

1. Mulai

2. Buatlah deret yang diingin kan, misal dengan variabel "a,b,c = 0,1,0" a dengan nilai 0 karena deret diminta dari 0

3. lalu "for in range (10)" itu untuk mengatur berapa jumlah suku yg diinginkan, jika (10) maka jumlah sukunya ada 10

4. "print(a)" untuk membuat deret sesuai dengan perintah suku pertama a dan diatas a yang diminta adalah 0


5. masukkan rumus umum fibonaci dengan variabel a,b,c "c=a+b , a=b , b=c"

6. selesai

Fibo1.jpg


B. Dengan Function

1. Mulai

2. Masukkan n, yaitu banyaknya bilangan fibonacci yang diinginkan

3. Tentukan nilai i untuk suku pertama dan kedua yaitu i=0 atau i=1

4. Jika i=0 atau i=1 cetak fibonacci(i)=i

5. Isi nilai i>1 dimana i≤n

6. Tambahkan nilai pada variabel fibonacci di bilangan ke (i-1) dengan nilai pada variabel fibonacci di bilangan ke (i-2) kemudian nyatakan ke variabel fibonacci pada indeks ke i.

8. Cetak nilai variabel fibonacci(i)

9. Tambahkan i dengan 1

10. Selesai

Flowchartfunction.jpg

Sgjenengefunction.jpg


Pertmuan Ke Enam

Pada pembelajaran kali ini Prof DAI menjelaskan bahwa banyaknya fungsi matematika untuk menghitung suatu permaslahan. untuk pertemuan ini prof DAI menjelaskan hal yang terjadi pada batang yang mengalami gaya tarik di satu sisi dan sisi lainnya menmpel pada dinding. Pada batang tersebut sudah pasti banyak sekali titik pusat persebaran gaya tersebut. Untuk mempermudah menghitung hal tersebut digunakanlah persamaan diferensial. untuk mempermudah memahami persamaan diferensial kami diajarkan oleh asisten menggunakan methode Runge Kutta yang dimana pada intinya memiliki methode tersendiri yang dinamakan methode Runge Kutta


Pertemuan Ke Tujuh

Kuis

Coding Kuis Aljabar dan persamaan diferensial

1. Persamaan Aljabar simultan dengan A.X = B


from numpy import linalg import numpy as np

matAbar1 = [0,0,2,1,2]

matAbar2 = [0,1,0,2,-1]

matAbar3 = [1,2,0,-2,1]

matAbar4 = [0,0,0,-1,1]

matAbar5 = [0,1,-1,1,-1]

A = np.array ([matAbar1,matAbar2,matAbar3,matAbar4,matAbar5])

print ("matriks yang diketahui:")

print (A)

B = np.array ([1,1,-4,-2,-1])

print ("matriks hasil kali matriks yang diketahui dengan x:")

print (B)

jawab = linalg.solve (A,B)

matXkol1 = int(jawab[0])

matXkol2 = int(jawab[1])

matXkol3 = int(jawab[2])

matXkol4 = int(jawab[3])

matXkol5 = int(jawab[4])

print ("hasil X adalah :")

print ("matXkol1= ",matXkol1)

print ("matXkol2= ",matXkol2)

print ("matXkol3= ",matXkol3)

print ("matXkol4= ",matXkol4)

print ("matXkol5= ",matXkol5)

2. coding untuk penyelesaian persamaan diferensial

def dydx(x, y):

   return ((x**2 - 4*y)) 
 
  1. mencari nilai y dengan nilai x tertentu pada suatu posisi tertentu h
  2. dan nilai awal y0 pada x0

def rungeKutta(x0, y0, x, h):

   n = (int)((x - x0)/h)  
   
   y = y0 
   for i in range(1, n + 1): 
       "menggunakan metode runge kutta untuk mencari y dan dengan terlebih dahulu mencari nilai k nya"
       "y ahir=y awal+1/6(k1+2*k2+2*k3+k4)"
       k1 = h * dydx(x0, y) 
       k2 = h * dydx(x0 + 0.5 * h, y + 0.5 * k1) 
       k3 = h * dydx(x0 + 0.5 * h, y + 0.5 * k2) 
       k4 = h * dydx(x0 + h, y + k3) 
 
       # hasil y ahir
       y = y + (1.0 / 6.0)*(k1 + 2 * k2 + 2 * k3 + k4) 
 
       # hasil x pada posisi h
       x0 = x0 + h 
   return y 
 
  1. misalkan :

x0 = 0 y = 1 x = 0.03 h = 0.01 print ('nilai y saat x adalah :', rungeKutta(x0, y, x, h))


==

UTS

Muhasabah Sedikit renungan diri ada di link di bawah. Terima Kasih

[1]

Coding untuk persoalan 1A mencari tegangan tali

from math import *

A=eval(input("masukkan m1: "))
B=eval(input("masukkan m2: "))
C=eval(input("masukkan m3: "))
D=eval(input("masukkan m4: "))
u=eval(input("masukkan koefisien gesek: "))
alfa=eval(input("masukkan sudut dalam derajat: "))
g=9.8
x=sin(alfa)
y=cos(alfa)
T1=A*g*(x-u*y)
T2=B*g*(x-u*y) + T1
T3=C*g*(x-u*y) + T2
T4=D*g
print("Besar Tegangan Tali T4 adalah: ",T4)


Video presentasi untuk persoalan no 1 di link di bawah ini

[2]

[3]


untuk nomer 2 mencari waktu yang diperlukan untuk mencapai top speed

berikut kodingnya

from math import * from sympy import *

G=9.81

Roair= 1.2

Cd=eval(input("masukkan drag coefficient: "))

Luas=eval(input("masukkan area (m^2): "))

v0=eval(input("masukkan velocity awal: "))

M=eval(input("masukkan massa mobil(kg): "))

K=eval(input("masukkan koefisien gesekan: "))

A=eval(input("masukkan percepatan(m/s^2): "))

Vtop=eval(input("masukkan besar topspeed: "))

As=G*K

Adrag=(Cd*Luas*Roair*v0**2)/2*M

Atot=A-(Adrag+As)

t=Vtop/Atot

print("waktu yang dibutuhkan dari diam sampai top speed: ",t)

Berikut Video presentasi untuk persoalan nomer 2 di link bawah ini :

[4]

(comments voting "plus" :/)