Difference between revisions of "Andika Ikhsan Kamil"
Line 239: | Line 239: | ||
print("maka berapa M4 adalah ?",M4) | print("maka berapa M4 adalah ?",M4) | ||
+ | |||
+ | ===CASE 2A=== | ||
+ | |||
+ | |||
+ | m = eval(input("massa mobil : ")) | ||
+ | g = 9.81 | ||
+ | a = eval(input("percepatan awal mobil : ")) | ||
+ | cd = eval(input("koefisien drag udara : ")) | ||
+ | myu = eval(input("koefisien gesek jalan : ")) | ||
+ | v0 = 0 | ||
+ | t0 = 0 | ||
+ | dt = 1 #tinggi step atau waktu | ||
+ | error = 100 | ||
+ | p = a - g*myu | ||
+ | q = cd/m | ||
+ | |||
+ | lst = [] | ||
+ | |||
+ | def dvdt(t, v): | ||
+ | return | ||
+ | while error > 0.000250: | ||
+ | k1 = dt * dvdt(t0, v0) | ||
+ | k2 = dt * dvdt(t0 + 0.5 * dt, v0 + 0.5 * k1) | ||
+ | k3 = dt * dvdt(t0 + 0.5 * dt, v0 + 0.5 * k2) | ||
+ | k4 = dt * dvdt(t0 + dt, v0 + k3) | ||
+ | v1 = v0 + (1.0 / 6.0)*(k1 + 2 * k2 + 2 * k3 + k4) | ||
+ | |||
+ | t0 = t0 + dt | ||
+ | error = ((v1 - v0) / v1)*100 #persentase error | ||
+ | v0 = v1 | ||
+ | lst.append(v1) | ||
+ | print (k1, k2, k3, k4, "\n") | ||
+ | |||
+ | waktu = len(lst) | ||
+ | |||
+ | print ("waktu untuk mencapai velocity maksimal adalah: ", waktu+1) | ||
+ | print ("velocity maksimal adalah: ", v1) | ||
==TUGAS VIDEO UTS== | ==TUGAS VIDEO UTS== |
Revision as of 17:39, 29 October 2019
Nama : Andika Ikhsan Kamil
NPM : 1806201176
TTL : Tangerang, 11 Januari 2001
Contents
KALKULUS
Apa itu kalkulus? Kalkulus merupakan mata kuliah wajib teknik yang bertujuan untuk mempelajari pelajaran seperti integral, logaritma, trigonometri dan lainnya yang berhubungan dengan matematika teknik secara lanjutan.
Tujuan kita dari belajar kalkulus sendiri adalah agar dapat mengerti bagaimana perhitungan matematik yang ada pada fakultas teknik pada saat kuliah nantinya.
PHYTON
Proses Belajar Phyton
Pengertian Python (bahasa pemrograman) merupakan bahasa pemrograman tinggi yang bisa melakukan eksekusi sejumlah instruksi multi guna secara langsung (interpretatif) dengan metode Object Oriented Programming dan juga menggunakan semantik dinamis untuk memberikan tingkat keterbacaan syntax. Sebagai bahasa pemrograman tinggi, python dapat dipelajari dengan mudah karena telah dilengkapi dengan manajemen memori otomatis.
Ada Banyak fitur fitur pada phyton seperti : Print Variabel, String Integer If List Loop Slicing If Else Block Variable Dan Masih Banyak Lainnya
TUGAS 1
def tugas(x):
result = (x**2-1)/(x-1) try: result except ZeroDivisionError: result = float('inf') return result
a = 1 b = a + 0.3 c = 0.05 d = a - c hasilnya = 0 jumlah = 0 while a < b+ 0.5:
d =d + 0.01 print(soal(d)) a = a + 0.1 jumlah = jumlah + 1 if soal(d) != float('inf'): hasilnya = hasilnya + soal(d)
print("limitnya = ") print(hasilnya/jumlah)
TUGAS 2
rec = ('Andika', 'Ikhsan', 'Kamil',(11,1,2001))
NamaAwal, NamaTengah, NamaAkhir, tanggallahir = rec
print(NamaTengah)
TahunLahir = tanggallahir [2]
print(TahunLahir)
name = rec[0] ++rec[1]
print(name)
print(rec[0:3])
TUGAS 3
Fibonacci dengan While Loop
- Python Fibonacci series Program using While Loop
- Fibonacci series will start at 0 and travel upto below number
Number = int(input("\nPlease Enter the Range Number: "))
- Initializing First and Second Values of a Series
i = 1 First_Value = 0 Second_Value = 1
- Find & Displaying Fibonacci series
while(i < Number):
if(i <= 1): Next = i else: Next = First_Value + Second_Value First_Value = Second_Value Second_Value = Next print(Next) i = i + 1
Fibonacci dengan Sub Routine (Function)
def recur_fibo(n):
"""Recursive function to print Fibonacci sequence""" if n <= 1: return n else: return(recur_fibo(n-1) + recur_fibo(n-2))
- Change this value for a different result
nterms = 10
- uncomment to take input from the user
- nterms = int(input("How many terms? "))
- check if the number of terms is valid
if nterms <= 0:
print("Plese enter a positive integer")
else:
print("Fibonacci sequence:") for i in range(nterms): print(recur_fibo(i))
Pertemuan 6
Metode metode yang dipakai pada metode nnumerik contohnya adalah metode kutta. Dalam analisis numerik , metode Runge-Kutta adalah keluarga metode iteratif implisit dan eksplisit , yang mencakup rutin terkenal yang disebut Metode Euler , yang digunakan dalam diskritisasi temporal untuk solusi perkiraan persamaan diferensial biasa .
Anggota keluarga Runge-Kutta yang paling dikenal secara umum disebut sebagai "RK4", "metode Runge-Kutta" klasik atau hanya sebagai "metode Runge-Kutta".
QUIZ
Problem Set 2.1
- Gauss Elimination For Matrix Using Numpy
from numpy import linalg import numpy as np
bar1 = [0,0,2,1,2] bar2 = [0,1,0,2,-1] bar3 = [1,2,0,-2,1] bar4 = [0,0,0,-1,1] bar5 = [0,1,-1,1,-1] nmat = np.array ([bar1,bar2,bar3,bar4,bar5]) print ("n Matrix adalah sebagai berikut:") print (nmat) cons = np.array ([1,1,-4,-2,-1]) print ("Matrix Y adalah sebagai berikut:") print (cons) jawab = linalg.solve (nmat,cons) x1val = int(jawab[0]) x2val = int(jawab[1]) x3val = int(jawab[2]) x4val = int(jawab[3]) x5val = int(jawab[4]) print ("hasil X adalah :") print ("x1= ",x1val) print ("x2= ",x2val) print ("x3= ",x3val) print ("x4= ",x4val) print ("x5= ",x5val)
Problem Set 7.1
def dydx(x, y):
return ((x**2 - 4 * y)
- Finds value of y for a given x using step size h
- and initial value y0 at x0.
def rungeKutta(x0, y0, x, h):
# Count number of iterations using step size or # step height h n = (int)((x - x0)/h) # Iterate for number of iterations y = y0 for i in range(1, n + 1): "Apply Runge Kutta Formulas to find next value of y" k1 = h * dydx(x0, y) k2 = h * dydx(x0 + 0.5 * h, y + 0.5 * k1) k3 = h * dydx(x0 + 0.5 * h, y + 0.5 * k2) k4 = h * dydx(x0 + h, y + k3) # Update next value of y y = y + (1.0 / 6.0)*(k1 + 2 * k2 + 2 * k3 + k4) # Update next value of x x0 = x0 + h return y
- Driver method
x0 = 0 y = 1 x = 0.03 h = 0.01 print 'The value of y at x is:', rungeKutta(x0, y, x, h)
Output:
The value of y at x is : 1.003639
CODING UTS
Case 1A
from math import *
g=9.8 M1=eval(input("massa benda 1 ?")) M2=eval(input("massa benda 2 ?")) M3=eval(input("massa benda 3 ?")) Fk1=eval(input("Koefisien gesek benda 1 ?")) Fk2=eval(input("koefisien gesek benda 2 ?")) Fk3=eval(input("Koefisien gesek benda 3 ?")) alfa=eval(input("sudut ?")) a=eval(input("percepatan :")) x= sin(alfa) y= cos(alfa)
T1=M1*g*(x-Fk1*y)-M1*a T2=M2*g*(x-Fk2*y)+T1-M2*a T3=M3*g*(x-Fk3*y)+T2-M3*a
M4=-(T3-M1*a)/g
print("maka berapa M4 adalah ?",M4)
CASE 2A
m = eval(input("massa mobil : ")) g = 9.81 a = eval(input("percepatan awal mobil : ")) cd = eval(input("koefisien drag udara : ")) myu = eval(input("koefisien gesek jalan : ")) v0 = 0 t0 = 0 dt = 1 #tinggi step atau waktu error = 100 p = a - g*myu q = cd/m
lst = []
def dvdt(t, v): return while error > 0.000250: k1 = dt * dvdt(t0, v0) k2 = dt * dvdt(t0 + 0.5 * dt, v0 + 0.5 * k1) k3 = dt * dvdt(t0 + 0.5 * dt, v0 + 0.5 * k2) k4 = dt * dvdt(t0 + dt, v0 + k3) v1 = v0 + (1.0 / 6.0)*(k1 + 2 * k2 + 2 * k3 + k4) t0 = t0 + dt error = ((v1 - v0) / v1)*100 #persentase error v0 = v1 lst.append(v1) print (k1, k2, k3, k4, "\n")
waktu = len(lst)
print ("waktu untuk mencapai velocity maksimal adalah: ", waktu+1) print ("velocity maksimal adalah: ", v1)
TUGAS VIDEO UTS
1.Video Muhasabah(percerminan diri )
2.Video penjelasan soal nomor I.A
3.Video penjelasan soal II.A