Difference between revisions of "Gabriella Emristy"
Line 6: | Line 6: | ||
== Pertemuan 1 == | == Pertemuan 1 == | ||
+ | |||
'''''Mengapa Gaby belajar kalkulus ?''''' Kenapa saya belajar kalkulus? Tidak ada dorongan, hanya takut mama kecewa. | '''''Mengapa Gaby belajar kalkulus ?''''' Kenapa saya belajar kalkulus? Tidak ada dorongan, hanya takut mama kecewa. | ||
'''''Apa itu Python?''''' Python adalah perangkat pemrograman yang cukup sederhana. Dengan perangkat ini kita dapat meminta bantuan komputer untuk menyelesaikan permasalahan yang diberikan dengan metode matematika. Bahasa yang digunakan pun relatif universal, dapat dipahami oleh komputer dan manusia. Terkadang kita mengerti logika penyelesaian masalah, namun kita tidak mampu menghitungnya karena perhitungan yang kompleks. Disinilah peran perangkat phyton. Komputer tidak akan kesulitan untuk menghitung banyak hal dan bilangan, selama kita memasukkan bahasa yang dapat ia mengerti. Kita dapat menemukan jawaban dengan mengaplikasikan langkah-langkah pengerjaannya. Aplikasi skala besarnya adalah, Amerika Serikat bisa memprediksi kapan badai akan datang hanya dengan penggunaan komputer untuk menyelesaikan model matematika dengan model numerik. | '''''Apa itu Python?''''' Python adalah perangkat pemrograman yang cukup sederhana. Dengan perangkat ini kita dapat meminta bantuan komputer untuk menyelesaikan permasalahan yang diberikan dengan metode matematika. Bahasa yang digunakan pun relatif universal, dapat dipahami oleh komputer dan manusia. Terkadang kita mengerti logika penyelesaian masalah, namun kita tidak mampu menghitungnya karena perhitungan yang kompleks. Disinilah peran perangkat phyton. Komputer tidak akan kesulitan untuk menghitung banyak hal dan bilangan, selama kita memasukkan bahasa yang dapat ia mengerti. Kita dapat menemukan jawaban dengan mengaplikasikan langkah-langkah pengerjaannya. Aplikasi skala besarnya adalah, Amerika Serikat bisa memprediksi kapan badai akan datang hanya dengan penggunaan komputer untuk menyelesaikan model matematika dengan model numerik. | ||
− | + | '''Rakuman''' | |
+ | |||
Dalam mata kuliah Metode Numerik ini, kami kami akan belajar sedikit-banyak tentang pemrograman. Sebuah hal yang tidak banyak dikuasai anak teknik mesin. Bagi saya, mata kuliah ini cukup menarik. Saya pernah belajar programming dengan bantuan Qbasic. Kini, kami menggunakan Python. Python mudah didapatkan dan mudah digunakan. Aplikasinya bisa luas dan sangat berguna. Di pertemuan pertama ini, kami pun diminta untuk mengisi biodata kami di web ini, air.eng.ac.id. Mata kuliah ini tidak main-main! | Dalam mata kuliah Metode Numerik ini, kami kami akan belajar sedikit-banyak tentang pemrograman. Sebuah hal yang tidak banyak dikuasai anak teknik mesin. Bagi saya, mata kuliah ini cukup menarik. Saya pernah belajar programming dengan bantuan Qbasic. Kini, kami menggunakan Python. Python mudah didapatkan dan mudah digunakan. Aplikasinya bisa luas dan sangat berguna. Di pertemuan pertama ini, kami pun diminta untuk mengisi biodata kami di web ini, air.eng.ac.id. Mata kuliah ini tidak main-main! | ||
Line 21: | Line 23: | ||
== Pertemuan 2 == | == Pertemuan 2 == | ||
'''''Tahu lebih jauh''''' | '''''Tahu lebih jauh''''' | ||
+ | |||
Saya berhalangan hadir minggu kemarin akibat kurang sehat. Meski begitu, saya belajar lebih jauh soal penggunaan Python itu sendiri. Saya belajar penggunaan rumus if else, dan penggunaan phyton dalam menghitung luas bangun datar.Juga penggunaan while. Saya memahami bahwa Phyton dapat membantu saya dalam menyelesaikan persoalan yang setipe dengan lebih cepat. Terutama bila banyak data yang perlu diolah. Perangkat ini kemudian penggunaannya dapat diaplikasikan ke banyak aspek lainnya. | Saya berhalangan hadir minggu kemarin akibat kurang sehat. Meski begitu, saya belajar lebih jauh soal penggunaan Python itu sendiri. Saya belajar penggunaan rumus if else, dan penggunaan phyton dalam menghitung luas bangun datar.Juga penggunaan while. Saya memahami bahwa Phyton dapat membantu saya dalam menyelesaikan persoalan yang setipe dengan lebih cepat. Terutama bila banyak data yang perlu diolah. Perangkat ini kemudian penggunaannya dapat diaplikasikan ke banyak aspek lainnya. | ||
Line 29: | Line 32: | ||
== Pertemuan 3 == | == Pertemuan 3 == | ||
'''Penggunaan Loop pada Python''' | '''Penggunaan Loop pada Python''' | ||
+ | |||
Kelas hari ini diawali dengan Kuis. Kami diminta untuk membuat command pada Python untuk membantu pengguna program mengetahui nilai suku ke-n dari deret Fibonacci. Kami tidak diizinkan untuk mengaplikasikannya langsung di Python, melainkan di secarik kertas. Proses yang harus kami lewati adalah membuat Algoitma, Flow Chart, barulah cammand program yang dapat di "run". | Kelas hari ini diawali dengan Kuis. Kami diminta untuk membuat command pada Python untuk membantu pengguna program mengetahui nilai suku ke-n dari deret Fibonacci. Kami tidak diizinkan untuk mengaplikasikannya langsung di Python, melainkan di secarik kertas. Proses yang harus kami lewati adalah membuat Algoitma, Flow Chart, barulah cammand program yang dapat di "run". | ||
Revision as of 11:07, 25 September 2019
Gaby , puan ini lahir di Bandung tepat pada 7 Maret tahun naga emas. Ia percaya banyak hal besar yang menunggunya di masa depan. Lain hal, kini, ia bangga sekali menjadi bagian dari Teknik Mesin Universitas Indonesia. Puan ini pula merindukan Bandung, terutama toko kopi Djawa di jalan Braga.
Pertemuan 1
Mengapa Gaby belajar kalkulus ? Kenapa saya belajar kalkulus? Tidak ada dorongan, hanya takut mama kecewa.
Apa itu Python? Python adalah perangkat pemrograman yang cukup sederhana. Dengan perangkat ini kita dapat meminta bantuan komputer untuk menyelesaikan permasalahan yang diberikan dengan metode matematika. Bahasa yang digunakan pun relatif universal, dapat dipahami oleh komputer dan manusia. Terkadang kita mengerti logika penyelesaian masalah, namun kita tidak mampu menghitungnya karena perhitungan yang kompleks. Disinilah peran perangkat phyton. Komputer tidak akan kesulitan untuk menghitung banyak hal dan bilangan, selama kita memasukkan bahasa yang dapat ia mengerti. Kita dapat menemukan jawaban dengan mengaplikasikan langkah-langkah pengerjaannya. Aplikasi skala besarnya adalah, Amerika Serikat bisa memprediksi kapan badai akan datang hanya dengan penggunaan komputer untuk menyelesaikan model matematika dengan model numerik.
Rakuman
Dalam mata kuliah Metode Numerik ini, kami kami akan belajar sedikit-banyak tentang pemrograman. Sebuah hal yang tidak banyak dikuasai anak teknik mesin. Bagi saya, mata kuliah ini cukup menarik. Saya pernah belajar programming dengan bantuan Qbasic. Kini, kami menggunakan Python. Python mudah didapatkan dan mudah digunakan. Aplikasinya bisa luas dan sangat berguna. Di pertemuan pertama ini, kami pun diminta untuk mengisi biodata kami di web ini, air.eng.ac.id. Mata kuliah ini tidak main-main!
Program tugas yang Diberikan
Pertemuan 2
Tahu lebih jauh
Saya berhalangan hadir minggu kemarin akibat kurang sehat. Meski begitu, saya belajar lebih jauh soal penggunaan Python itu sendiri. Saya belajar penggunaan rumus if else, dan penggunaan phyton dalam menghitung luas bangun datar.Juga penggunaan while. Saya memahami bahwa Phyton dapat membantu saya dalam menyelesaikan persoalan yang setipe dengan lebih cepat. Terutama bila banyak data yang perlu diolah. Perangkat ini kemudian penggunaannya dapat diaplikasikan ke banyak aspek lainnya.
Pertemuan 3
Penggunaan Loop pada Python
Kelas hari ini diawali dengan Kuis. Kami diminta untuk membuat command pada Python untuk membantu pengguna program mengetahui nilai suku ke-n dari deret Fibonacci. Kami tidak diizinkan untuk mengaplikasikannya langsung di Python, melainkan di secarik kertas. Proses yang harus kami lewati adalah membuat Algoitma, Flow Chart, barulah cammand program yang dapat di "run".
Algoritma adalah sebuah cara kita mengekspresikan sebuah notasi dengan bahasa yang kita gunakan sehari-hari, bukan bahasa pemrograman.Algoritma seseorang dapat berbeda dengan orang lain.
Flow Chart adalah sebuah cara kita menngerjakan soal yang menggunakan logika dengan sistem diagram yang menghasilkan yes/no untuk hasil yang berbeda. Sistematika flow chart pun tidak melulu sama untuk setiap orang.
Saya tidak dapat menemukan cara yang sesuai. Saya awalnya mencoba untuk menggunakan "if" pada Python. Mematenkan jawaban "1" di suku ke 1 dan 2, lalu mati langkah untuk suku ke 3 dan seterusnya. Kuis dikumpulkan, kemudian kami diberi kesempatan untuk mencoba program kami ke komputer. Kami pun diizinkan untuk mencari informasi tambaha dari Internet. Dari situ lah banyak dari kami yang berhasil membuat command. Tetapi saya kini malah stuck dengan program saya yang entah salahnya dimana, tapi tidak bisa dirun.
Kami pun kembali diberi kesempatan untuk mencobanya di rumah, dan hasil kerja kami harus diunggah di akun ini
Gambar di atas menunjukkan hasil pemrograman python untuk deret fibonacci Pada gambar pertama, n yang dimasukkan bernilai 1. Program tidak dapat menuntaskan masalah bila n lebih dari 2 karena program pada "else" tidak menggunakan "return"
Maka dilakukan revisi, sehingga didapat program dan hasil di gambar ke-2, program beroperasi sepenuhnya
Apa kekurangan program? Program tipe ini tidak beroprasi efektif karena program akan memakan waktu lama untuk menghitung nilai n yang besar. Hal ini terjadi karena pada "else" program dibuat untuk menambahkan suku-suku fibonacci terlebih dahulu hingga n yang dimaksud. Program pun membutuhkan waktu untuk proses penambahan tersebut.